#DiIndonesiaAja-Bukan Cuma Pantai, Inilah 5 Objek Wisata Keren yang Ada di Kota Singkawang

Serasa seperti kamu berada di Hong Kong

Tak terasa sudah delapan bulan kita menahan kaki untuk menjelajah. Menjelajah pesona negeri kita Indonesia.  Ngomong-ngomong, bicara tentang pesona Indonesia, kalian pernah berkunjung ke Hong Kong Van Borneo? Atau baru mendengar istilah itu?

“Hah? Hong Kong Van Borneo? Memangnya ada Hong Kong di tengah-tengah hutan?” 

Eits, jangan salah. Pulau Kalimantan itu isinya bukan soal hutan dan Bekantan saja. Banyak loh wisata alam yang menyegarkan mata di Pulau Kalimantan. Apalagi di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Sebagai kota yang paling toleransi di Indonesia, Kota Singkawang bukan hanya menampilkan keharmonisan etnis Tidayu (Tionghoa, Dayak, dan Melayu). Kota yang dikenal dengan sebutan 'Sepetak Hongkong di Indonesia' ini menyuguhkan keelokan alam yang sungguh menggoda.

Kota Singkawang berdampingan langsung dengan Laut Natuna dan dikelilingi tiga gunung, yaitu gunung Poteng, Pasi, dan Sakok. Makanya, saat pertama kali memasuki kawasan Kota Singkawang, sepanjang jalan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pantai dan pegunungan yang indah. Tak heran jika pariwisata di kota ini didominasi oleh pantai. Selain pantai, banyak kok destinasi lain yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Kota Singkawang. Mau tahu? Check it out!

 

Advertisement

1. Kata Siapa Rindu itu Berat? Coba Deh Naik Bukit Rindu Alam Ini!

Bukit pengusir rindu

Bukit pengusir rindu via https://www.nativeindonesia.com

“Jangan rindu, rindu itu berat,” ucap Dilan yang selalu terngiang-ngiang di telinga Milea.

Ah! Dilan benar. Rindu itu berat, apalagi rindu dengan keindahan alam di Kota Singkawang. Nah, untuk mengusir rindu yang mengganggu itu, masyarakat Kota Singkawang membuat objek wisata baru, ya apalagi kalau bukan Bukit Rindu Alam. 

Advertisement

Bukit Rindu Alam terletak di Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. Salah satu yang paling ditonjolkan dari wisata alam ini adalah pemadangan alamnya yang indah. Dari atas bukit, kamu bisa melihat keindahan pantai dan pegunungan di Kota Singkawang. Alhasil, rindumu pada alam pun terbayarkan. 

Meski untuk menaiki bukit ini harus menaiki tangga yang cukup terjal, namun di pinggir tangga terdapat beberapa patung keren yang bisa dijadikan spot foto oleh pengunjung, loh. 

2. Berkunjung ke Klenteng Thai Pak Kung, Berasa Seperti Kamu Sedang di Korea

Advertisement
Mirip di Drama Korea, kan?

Mirip di Drama Korea, kan? via https://www.sitimustiani.com

Kota Singkawang dikenal dengan sebutan ‘Kota Amoy,’ ‘Kota Seribu Klenteng,’ dan ‘Sepetak Hong Kong di Indonesia.” Karena mayoritas penduduknya beretnis Tionghoa, Dayak, dan Melayu. Menjadikan banyaknya opa-opa nangkring di sini. Tau Morgan Oey? Kak Morgan itu artis jebolan Kota Singkawang, lho.

Karena banyaknya etnis Tionghoa di Kota Singkawang, kota ini menghasilkan beberapa bangunan Klenteng. Salah satunya Klenteng Thai Pak Kung. Selain sebagai tempat ibadah, Klenteng Thai Pak Kung menjadi tempat yang sangat cocok untuk spot foto yang intagrammable. Arsiktektur klenteng ini menjadi magnet yang menarik perhatian pengunjung. Bahkan sebelum beroperasi,  klenteng ini telah dipadati pengunjung. Pagar putih dengan ukiran naga menjadi ciri khas budaya Tionghoa. Berasa seperti sedang berada di Korea, deh.

3. Danau Biru, Panorama yang Sangat Menawan

Danau berwarna biru di dunia nyata

Danau berwarna biru di dunia nyata via http://www.pontinesia.com

Hayo, siapa yang dulu waktu kecil pernah mewarnai gambar air dengan warna biru? Ternyata warna air biru itu bukan hanya ada di lukisan anak-anak, tapi di dunia nyata itu ada, lho. Namanya Danau Biru.
Bagi kamu yang suka berwisata ke alam terbuka, belum keren kalau kamu belum pernah mengunjungi danau yang berawarna biru ini.

Hamparan pasir putih, dipadu dengan danau berwarna biru, dan dikelilingi oleh pegunungan ini menjadikan panorama danau biru sangat menawan. 

Danau Biru ini terletak di Jalan Wonorsari, Kecamatan Singkawang Tengah. Meski akses menuju Danau Biru cukup jauh ke pedalaman, tetapi rasa lelahmu akan hilang melihat danau biru yang cantik ini.

4. Pergi ke Pasar Ikan Sudah Biasa, Tapi Kalau ke Pasar Hong Kong Itu Luar Biasa

Indah banget kan Pasar Hong Kong malam hari

Indah banget kan Pasar Hong Kong malam hari via http://www.bombasticborneo.com

Selain banyaknya bangunan klenteng, yang membuat Kota Singkawang disebut Kota Amoy adalah keunikan Pasar Hong Kongnya. Pasar ini dinamakan Pasar Hong Kong karena sangat mirip dengan suasana di Hong Kong. Mulai dari pedagangnya yang beretnis Tionghoa, bangunan tokonya, hingga jenis makanan yang dijajakan pun makanan khas Tionghoa, contohnya Kue Choi Pan.  

Pasar ini lebih ramai pada malam hari. Toko-toko pada siang hari akan lebih semarak pada malam hari dengan berpadunya aneka gerobak pasar rakyat, toko-toko baju, dan elektronik, menjadikan pasar ini lebih semarak. Keindahan gemerlap lampu lampion khas Tionghoa, menambah kekentalan budaya Tionghoa di tempat ini. 

Lokasi pasar Hong Kong ini di pusat Kota Singkawang, tepatnya di Jalan Yos Sudarso. Ayo, serbu pasar Hong Kong dan Kue Choi Pannya! Nanti kehabisan, lho.

5. Nikmati Suasana Bermain Sepeda Gantung di Taman Gunung Sari

Rasakan bermain sepeda gantung

Rasakan bermain sepeda gantung via http://www.infopublik.id

Saat ini bersepeda menjadi hobi baru bagi masyarakat Indonesia. Bersepeda memang mengasyikkan. Selain bisa menjaga kesehatan tubuh, bersepeda juga bisa menjadi ajang pencarian jodoh bagi yang jomlo, eh. Tapi di Taman Gunung Sari Singkawang, kamu bisa bermain sepeda anti mainstream, lho. Karena sepedanya digantung. Seperti hubunganmu dengan dia, ya kan? Hehe. 

Kebayang kan bagaimana rasanya bersepeda di atas gunung? Selain menyajikan arena bermain sepeda gantung, Taman Gunung Sari ini menyediakan spot foto yang instagrammable, lho. Seperti adanya jembatan gantung, lambang berbentuk cinta, dan masih banyak lagi yang bisa bikin feed instagrammu keren, deh!

Taman Gunung Sari berlokasi di Pasiran, Singkawang Barat. Ayo, buruan kunjungin Taman Gunung Sari!

Nah, itulah beberapa objek wisata keren yang ada di kota Singkawang. Jadi, wisata Kota Singkawang bukan hanya pantai. Meskipun memang didominasi oleh pantai. Tetapi, masih banyak tempat terindah lagi yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Singkawang. Belum lagi kulinernya yang bisa mengguncang lidahmu.

Jadi, ayo ke Singkawang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang Mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Penikmat Karya Sastra dan Seni. Hobi membaca dan menulis. Menyukai berbagai macam Bahasa Asing. Bercita-cita ingin memajukan Pendidikan dan budaya membaca di Indonesia.

CLOSE