#DiIndonesiaAja-Mengenal Lokasi Wisata Pegunungan di Dusun Siwang, Maluku!

Sejauh mata memandang, keindahan alam Dusun Siwang sungguh tak terbantahkan!

Maluku adalah salah satu provinsi di bagian Indonesia timur yang memiliki keindahan alam baik di pegunungan maupun di pantai. Kota Ambon sebagai ibukota provinsi Maluku dan daerah sekitarnya memiliki banyak lokasi wisata dengan beragam keindahan yang tak terbantahkan.

Teruntuk kalian yang hendak berlibur ke Maluku, kalian bisa menikmati wisata alam pegunungan di Dusun Siwang yang super sejuk, loh! Bukan hanya udaranya yang sejuk, tapi pemandangan alamnya sungguh indah! Terletak di Kota Ambon, Kecamatan Nusaniwe, jarak yang ditempuh menuju lokasi wisata pegunungan di Dusun Siwang terbilang cukup menantang dikarenakan akses jalan yang belum memadai dan cukup jauh dari kota. But, it’s all worth it. Pada kondisi tertentu, lokasi wisata pegunungan di Dusun Siwang ini cenderung diselimuti kabut yang tebal dan udara yang begitu sejuk. Kabut tebal tersebut sering disebut warga setempat dengan sebutan “kamu-kamu”.

Kurang lebih terdapat 4 lokasi wisata dengan pemandangan alam dari sisi yang berbeda-beda. Apa saja lokasi wisatanya? Yuk, simak satu per satu!

Advertisement

1. Siwang Paradise

Dokumentasi Pribadi/zpicasou

Dokumentasi Pribadi/zpicasou via http://www.hipwee.com

Siwang Paradise merupakan lokasi wisata yang pertama kali dibangun di Dusun Siwang. Lokasi wisata ini awalnya mulai dikerjakan pada bulan November 2019 dan baru viral di media sosial sekitar bulan Februari 2020. Sempat ditutup beberapa waktu lamanya saat PSBB pertama di Kota Ambon, kini lokasi wisata Siwang Paradise telah dibuka kembali.

Kedudukan lokasi wisata ini jauh lebih tinggi dari lokasi wisata lainnya di Dusun Siwang. Jadi, kalian harus mendaki cukup jauh dari area parkiran menuju lokasi wisata Siwang Paradise. Nah, ibarat ‘sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui’ dengan berwisata ke gunung, kalian bisa merasakan banyak manfaat bagi tubuh, pikiran, dan hati. Hati jadi ikutan adem, loh!

Advertisement

Kedudukan lokasi wisata Siwang Paradise berada di ketinggian 500mdpl dari permukaan laut dan lebih banyak dikelilingi pepohonan berbatang lurus sehingga sekilas tampak seperti lokasi wisata Hutan Pinus. Pemandangan alam berupa bukit dan lautnya mengarah ke  Dusun Seri dan Tanjung Latuhalat. Spot fotonya juga instagramable banget deh pokoknya.

Harga tiket masuk per orang sebesar Rp8.000,00. Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini adalah warung makan dan toilet. Untuk menggunakan toilet, pengunjung akan ditagih biaya sebesar Rp2.000,00.

2. New Siwang Ujung Huk

Advertisement
Dokumentasi Pribadi/zpicasou

Dokumentasi Pribadi/zpicasou via http://www.hipwee.com

New Siwang Ujung Huk adalah lokasi wisata kedua yang dibangun di Dusun Siwang. Berkunjung ke lokasi wisata ini, pengunjung akan mendapat bonus dua pemandangan sekaligus yaitu pemandangan ke arah Kota Ambon serta pemandangan bukit dan laut ke arah Dusun Seri dan Tanjung Latuhalat.

Lokasi wisata New Siwang Ujung Huk  ini terletak di bagian paling ujung Dusun Siwang. Kata Huk sendiri berasal dari Bahasa Belanda “Hoek” yang berarti Sudut. Dahulu, lokasi wisata ini merupakan tempat peristirahatan warga Dusun Seri dan warga asal Buton kediaman Ambon yang sering melintasi Dusun Siwang.

Lokasi wisata New Siwang Ujung Huk ditata dengan sangat sederhana namun pemandangan bukit dan lautnya sangat indah dan terlihat lebih dekat dari lokasi wisata ini. Tarif tiket masuknya terbilang murah yaitu sebesar Rp5.000,00.

3. Huk Bay

Dokumentasi Pribadi/zpicasou

Dokumentasi Pribadi/zpicasou via http://www.hipwee.com

Lokasi wisata ini mulai dibuka untuk umum sekitar bulan Agustus dan diberi nama Huk Bay, karena berada di kawasan yang sama dengan New Siwang Ujung Huk. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kata Huk berasal dari Bahasa Belanda “Hoek” yang berarti sudut sedangkan “Bay” dalam bahasa inggris berarti Teluk. Melihat antusiasme para pengunjung yang begitu tinggi pada masa PSBB akibat pandemi Covid-19, konsep lokasi wisata Huk Bay dibuat berbeda dari Siwang Paradise dan New Siwang Ujung Huk.

Dengan memanfaatkan lahan yang tidak begitu luas, pemilik lokasi wisata ini harus mengeluarkan modal yang cukup besar untuk membeli peralatan pendukung seperti meja, kursi, tenda payung, kursi ayunan gantung, beberapa boneka dan vas bunga untuk menarik perhatian para pengunjung.

Harga tiket masuk sebesar Rp8.000,00 dengan biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000,00. Fasilitas toilet umum tersedia dengan biaya Rp2.000,00. Berbagai macam menu aneka makanan seperti bakso, indomie telur, tahu goreng, rujak dan aneka minuman juga tersedia dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Puncak Kota Siwa

Dokumentasi Pribadi/zpicasou

Dokumentasi Pribadi/zpicasou via http://www.hipwee.com

Lokasi wisata Puncak Kota Siwa adalah lokasi wisata keempat yang dibangun di Dusun Siwang dan diresmikan pada tanggal 03 Oktober 2020, bertepatan dengan hari ulang tahun pemilik lokasi wisata Puncak Kota Siwa.

Lokasi wisata Puncak Kota Siwa searah dan berada dekat dengan lokasi wisata Siwang Paradise. Jadi, kalian bisa mampir ke sini sebelum melanjutkan perjalanan ke Siwang Paradise atau pun sebaliknya. Pemandangan dari lokasi wisata ini mengarah ke arah kota Ambon hingga pemandangan ke arah Jembatan Merah Putih yang merupakan ikon Kota Ambon.

Lokasi wisata ini diberi nama Puncak Kota Siwa karena kedudukannya yang berada di puncak (kedudukan tinggi) dengan pemandangan ke arah Kota Ambon. Sedangkan Siwa yang artinya “sembilan” merujuk kepada asal usul Dusun Siwang yaitu terdiri dari sembilan soa dan sembilan marga.

Terdapat beberapa tempat duduk yang terbuat dari bahan bambu dan kayu yang dicat berwarna-warni, tempat duduk yang dihiasi dengan boneka-boneka, serta dua buah rumah pohon yang cukup tinggi.

Tarif tiket masuk yang ditetapkan yaitu Rp8.000,00 sama seperti lokasi wisata pegunungan di Dusun Siwang lainnya. Terdapat fasilitas toilet bagi para pengunjung dengan biaya Rp2.000,00 juga tersedia makanan dan minuman yang dijual di area lokasi wisata dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Lokasi Wisata Dusun Siwang Lainnya

Dokumentasi Pribadi/zpicasou

Dokumentasi Pribadi/zpicasou via http://www.hipwee.com

Destinasi lokasi wisata pegunungan di Dusun Siwang memang mendapat perhatian lebih dari para pengunjung lokal sejak pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan adanya pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di daerah Kota Ambon yang membatasi ruang gerak masyarakat untuk berlibur ke luar pulau atau kabupaten

Dalam perkembangannya hingga artikel ini ditulis, masih ada pembangunan lokasi wisata baru dengan jarak yang cukup berdekatan satu sama lainnya. Jadi, kalian dapat mengunjungi beberapa lokasi wisata sekaligus dalam satu kawasan dusun. Seru deh pokoknya!

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, berwisata ke Dusun Siwang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

・A Dreamer ・Bibliophile ・Photophile ・Thalassophile

CLOSE