#DiIndonesiaAja-Telaga Sarangan, Destinasi Wisata alam di Kaki Gunung Lawu.

Telaga Sarangan yang terletak di Kabupaten Magetan-Ujung Kulonnya Jawa Timur!

Halo Sobat Hipwee dimanapun kalian berada!

Sudah merasa jenuh di rumah terus? Nah, kali ini ada rekomendasi destinasi wisata alam yang pastinya berbeda dari yang lain, loh! Apakah kalian familiar dengan Gunung Lawu? Pernah mendengar namanya atau bahkan sudah pernah mendaki kesana?

Ada sebuah telaga pasir bernama Telaga Sarangan, tak jauh, sekitar 2,6km dari Cemoro Kandang (pos pemberangkatan pendakian Gn. Lawu) dan sekitar 1,9km saja dari Cemoro Sewu (pos pemberangkatan pendakian Gn. Lawu). Tepatnya berada di desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sarangan menyuguhkan sensasi liburan dengan suasan yang masih sejuk, asri, dan alami yang pastinya sangat cocok untuk berlibur bagi kalian yang jenuh dengan suasana perkotaan yang hectic dan sarat akan kemacetan. Tiket masuk yang dibanderol juga lumayan terjangkau, Rp 20.000/orang dewasa. Kalau kalian berpikir memangnya apa aja sih yang bisa dilakukan di kawasan telaga? Simak beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar area Telaga Sarangan, ya Sohip!

Advertisement

1. Berkeliling Telaga dengan Speedboat

Berkeliling telaga via Speedboat

Berkeliling telaga via Speedboat via https://lazuva.com

Kegiatan nomor wahid yang harus kalian coba ketika di Sarangan adalah naik speedboat keliling telaga. Rasakan sensasi ketika air telaga yang dingin terciprat mengenai kulit, brrr dingin sejuk pokoknya sangat seru deh, dijamin. Untuk harga sewa per 1x putaran telaga dipatok Rp 60.000.

Harga ini bisa lebih murah jika kalian mengambil beberapa putaran sekaligus. Tetap berhati-hati ya, jangan sampai lupa sekitar sehingga bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Advertisement

2. Mengitari Telaga dengan Menunggang Kuda

Kuda di sekitar Telaga

Kuda di sekitar Telaga via https://putratravel.net

Kegiatan lain yang sayang untuk dilewatkan adalah menunggang kuda mengitari telaga. Banyak sekali joki yang menyewakan jasa kuda dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp 60.000/ putaran.

Tenang saja, kalian tidak akan dilepaskan sendiri bersama kuda, kok. Tentu saja si joki akan menuntun kuda dan ikut bersama kalian sepanjang perjalanan. Bagi kalian yang ingin memaksimalkan kegiatan ketika megunjungi Sarangan, jangan lewatkan yang satu ini, ya!

3. Menikmati makanan khas, Sate Kelinci

Advertisement
Sate kelinci

Sate kelinci via https://instagram.com

Kalau kalian berkunjung ke Sarangan suatu saat nanti, tidak ada salahnya mencoba makanan yang sudah menjadi ikon disini. Ya, sate kelinci. Hampir semua warung menyediakan sate kelinci sebagai salah satu menu mereka. Harga seporsi sate kelinci plus lontong seperti di gambar berkisar antara Rp 15.000-20.000 tergantung masing-masing penjual.

Dagingnya lembut dan didukung atmosfer sekitar telaga yang sejuk menambah cita rasa ketika menyantap makanan satu ini.

4. Menikmati Pecel khas Magetan di Pagi Hari

Pecel khas daerah Magetan

Pecel khas daerah Magetan via https://instagram.com

Wah dari gambarnya saja sudah terlihat menggoda sekali, bukan? Menyantap pecel di pagi hari di sekitaran telaga cocok rasanya pasti sangat nikmat! Bagaimana tidak, pecel khas magetan sendiri yang memang nikmat dipadukan dengan pemandangan sekitar yang memanjakan mata dijamin sukses membuat kesan sarapan yang berbeda dari biasanya. Untuk harga satu porsinya sendiri mulai Rp 5.000 tergantung dengan jenis lauknya. Jangan lupa ya cobain sarapan pecel di Sarangan.

5. Menginap di Hotel dan Menikmati Suasana Sarangan Malam Hari

Suasana telaga di malam hari

Suasana telaga di malam hari via https://www.papabackpacker.com

Sarangan di malam hari sangatlah nyaman, tenang, sejuk, dan meninggalkan kesan tersendiri bagi para penikmatnya. Jika kalian berencana untuk menginap, banyak pilihan penginapan di sekitar telaga, mulai dari hotel bintang 3, penginapan yang dikelola penduduk sekitar, homestay, dan lain sebagainya bisa kalian sesuaikan dengan budget, kok. Tenang saja, menginap di sekitar telaga tidak akan menguras kantong dalam-dalam. 

 

6. Memetik Buah Stroberi langsung di Kebun!

Memetik buah stroberi langsung di kebun

Memetik buah stroberi langsung di kebun via https://satujam.com

Kegiatan satu ini juga seru sekali untuk dilakukan, apalagi untuk kalian penggemar buah warna merah mungil ini. Kebun Stroberi ini terletak sekitar 300m dari telaga ke arah timur.

Buah stroberi yang kalian petik bisa langsung dimakan atau dibawa pulang loh. Harga per kg nya Rp 50.000-70.000 tergantung pemilik kebun, ya.

7. Berbelanja Oleh-oleh

Suasana di salah satu tempat belanja oleh-oleh di sekitar telaga

Suasana di salah satu tempat belanja oleh-oleh di sekitar telaga via https://nyonyakecil.wordpress.com

Kalau ini pasti sudah menjadi agenda wajib ketika berlibur ke suatu tempat ya pastinya. Banyak oleh-oleh yang bisa kalian dapatkan sebagai buah tangan untuk kerabat yang menunggu di rumah.

Mulai dari makanan seperti brem, roti bolu khas magetan, walangan, dan masih banyak jajanan produksi rumahan khas Sarangan dan Magetan. Kalian juga bisa membeli sayur-sayuran dan buah-buahan segar di pasar Sarangan dengan harga yang lebih murah pastinya. Atau kalian ingin membawakan oleh-oleh berupa pernak pernik?

Tentu juga ada, seperti gantungan kunci dengan tulisan Sarangan atau gelang, kalung, hiasan kamar, bahkan baju-baju, pakaian, dan selimut tipis dengan tema Sarangan. Kalau kalian merasa harga yang ditawarkan penjual terlalu mahal, kalian bisa menawar kok, karena pasar ini masih tergolong tradisional.

8. Mengabadikan momen di Monumen Telaga Sarangan

Monumen Telaga Sarangan yang ikonik

Monumen Telaga Sarangan yang ikonik via https://www.brobali.com

Untuk album kenangan ataupun sekadar bahan konten untuk “dipamerkan” di media sosial, jangan lupa berswafoto di Monumen Sarangan. Monumen Sarangan ini sudah berdiri sejak sekitar tahun 2014 dan menjadi ikon telaga Sarangan yang terkenal. Siapa tahu dengan membagikan foto liburan di media sosial kalian membuat teman-teman yang melihatnya jadi ikut tertarik mengunjungi Telaga Sarangan. Sebuah usaha tidak sadar untuk ikut serta mempromosikan destinasi wisata lokal!

9. Bonus:

Nepal van Java

Nepal van Java via https://www.instagram.com

Sebagai bonus, supaya kalian semakin tertarik untuk berkunjung ke Telaga Sarangan. Foto ini bukanlah pemandangan di Switzerland atau pemukiman warga di pegunungan di luar negeri. Foto ini merupakan gambaran daerah Sarangan dari perspektif lain yang diabadikan oleh akun instagram https://instagram.com/740aerialvideography.

Bagaimana? Sudah tidak sabar ingin berkunjung ke Sarangan? Segera siapkan rencana liburanmu dan selamat menikmati pemandangan alami khas Sarangan, Sohip!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

less is more,

CLOSE