#diIndonesiaAja-Satu Hari di Prambanan, Satu Hari dengan Ratusan Kenangan!

Wisata alam, sejarah, dan kuliner di Prambanan

Prambanan, salah satu kecamatan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Siapa yang tidak tahu tempat ini? Semua orang mengenal Prambanan karena keeksotisan Candi Prambanan berdiri kokoh di sini. Tapi, tahukah kalian? Tidak hanya Candi Prambanan yang bisa kita temui di Prambanan. Sangat banyak tempat wisata alam dan wisata kuliner yang bisa kita temui. Lokasi kecamatan Prambanan berada sekitar 16 km dari pusat Kota Yogyakarta. Tentunya, keasrian dan pemandangan pedesaan seperti persawahan dan pegunungan sangat mudah kita temui. Jadi, sambil membaca ini, lupakan semua kebisingan kota dan hiruk pikuk di dalamnya.

Bayangkan bahwa hari ini teman-teman semua ada di Prambanan dan siap memanjakan diri di sini. Mengunjungi satu per satu tempat di Prambanan, mendengarkan cerita, mengabadikan moment dan membuat cerita sendiri di sini. Nah, berikut tempat-tempat yang harus kalian kunjungi di Prambanan. Eits, jangan lupa siapkan kamera dan ootd-nya ya!Prambanan, salah satu kecamatan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Siapa yang tidak tahu tempat ini?

Semua orang mengenal Prambanan karena keeksotisan Candi Prambanan berdiri kokoh di sini. Tapi, tahukah kalian? Tidak hanya Candi Prambanan yang bisa kita temui di Prambanan. Sangat banyak tempat wisata alam dan wisata kuliner yang bisa kita temui. Lokasi kecamatan Prambanan berada sekitar 16 km dari pusat Kota Yogyakarta. Tentunya, keasrian dan pemandangan pedesaan seperti persawahan dan pegunungan sangat mudah kita temui. Nah, berikut tempat-tempat yang harus kalian kunjungi di Prambanan. Eits, jangan lupa siapkan kamera dan ootdnya ya!

Advertisement

1. Candi Prambanan

Photo by Eugenia Clara on unsplash

Photo by Eugenia Clara on unsplash via https://unsplash.com

Candi Prambanan, kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang sudah mendunia. Candi Prambanan merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang dibangun sekitar tahun 850 Masehi. Arstitektur bangunan candi yang sangat megah dengan hamparan taman di sekeliling kompleks candi menambahkan keindahan Candi Prambanan.

Pada malam hari, lampu sorot menyoroti bangunan candi seolah ingin menunjukkan sang superstar. Keindahan arsitektur bangunan dan taman sekitar candi menjadikan kompleks Candi Prambanan ini sangat instragammable!

Advertisement

2. Sendratari Ramayana

Photo by @mediaindonesia on instagram

Photo by @mediaindonesia on instagram via https://www.instagram.com

Wisata malam hari di Candi Prambanan salah satunya adalah menonton pertunjukan Sendratari Ramayana. Pertunjukan ini merupakan pertunjukan rutin yang diadakan di kompleks Candi Prambanan. Berlatar megahnya Candi Prambanan dengan sorot lampu di malam hari dan suara musim gamelan yang mengiringi pada penari yang mengisahkan kisah Rama dan Shinta, memberikan pengalaman yang sangat mengesankan dan mengingatkan kita akan keeksotisan negeri ini.

3. Pasar Prambanan

Photo by @dindameicis on instagram

Photo by @dindameicis on instagram via https://www.instagram.com

Pasar Prambanan terletak berhadapan dengan lokasi Candi Prambanan. Pasar prambanan merupakan pasar modern. Kita dapat merasakan pengalaman berbelanja dengan para pedagang pasar yang ramah, membeli atau sekedar menikmati suasana pasar yang menjual segala macam kebutuhan dengan harga yang tentunya bisa ditawar. Berwisata sambil membantu perekonomian warga lokal tentu akan lebih berkesan, bukan?

4. Candi Ratu Boko

Advertisement
Photo by @jordhammond on instagram

Photo by @jordhammond on instagram via https://www.instagram.com

Pada jaman dahulu kala, situs Candi Ratu Boko diduga merupakan keraton atau istana raja. Letak Candi Ratu Boko berada di ketinggian 196 mdpl. Sehingga kita bisa menikmati pemandangan sawah dan pedesaan dari ketinggian. Kita juga dapat menyaksikah gagahnya Gunung Merapi dari situs bersejerah yang indah ini.

Candi Ratu Boko merupakan lokasi yang indah untuk menyaksikan sunrise maupun sunset. Namun pada siang hari, keindahan situs candi ini juga tidak akan mengecewakan.

5. Candi Ijo

Photo by @syrl24 on instagram

Photo by @syrl24 on instagram via https://www.instagram.com

Candi Ijo terletak sekitar 4 km arah tenggara dari Candi Ratu Boko. Lokasi candi berada pada lereng bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 425 mdpl. Bila kita berkunjung di pagi hari, kita dapat merasakan sejuknya udara yang masih bersih, semburat kabut, dan pemandangan pagi Yogyakarta dari ketinggian.

Bila kita berkunjung di sore hari, kita bisa mendapatkan pemandangan sunset yang sangat indah dan pemandangan sore Yogyakarta yang mempesona.

6. Candi Barong

Photo by @syahdieaphotography on instagram

Photo by @syahdieaphotography on instagram via https://www.instagram.com

Candi Barong juga merupakan candi yang berada di perbukitan yang terletak di tenggara kompleks Ratu Boko. Candi Barong terletak pada ketigngian 199 mdpl. Nama Barong pada candi disebabkan karena pada bangunan utama candi terdapat hiasan kala dan makara yang mirip dengan barong atau singa.

Candi ini masih belum banyak  dikenal masyarakat luas. Namun candi ini tidak kalah cantiknya dengan candi-candi lainnya yang ada di Prambanan. Terasnya yang luas, keunikan arsitektur bangunan, dan pemandangan asri nya akan memanjakan mata kita dengan keindahan-keindahan yang menunjukkan asrinya budaya dan alam Indonesia.

7. Candi Banyunibo

Photo by @satriadwi64 on instagram

Photo by @satriadwi64 on instagram via https://www.instagram.com

Candi Banyunibo merupakan candi Buddha yang teletak tidakjauh dari Candi Ratu Boko, Candi Barong, dan Candi Ijo yang merupakan candi Hindu. Candi ini terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan. Banyak wisatawan yang belum mengenal candi ini. Stupa pada candi ini menandakan bahwa Candi Banyunibo merupakan candi Buddha.

Salah satu pembelajaran yang dapat kita ambil disini adalah Indonesia kaya akan keragaman bahkan sejak zaman dahulu kala. Sungguh wisata sejarah yang membuat kita berwisata dan belajar akan kerennya tanah air kita.

8. Tebing Breksi

Photo by @ekanurhidayahn on instagram

Photo by @ekanurhidayahn on instagram via https://www.instagram.com

Lokasi wisata yang dulunya merupakan area tambang ini mulai dikenal masyarakat luas karena keunikan dan keindahannya. Tebing breksi terletak di lereng gunung di bawah lokasi Candi Ijo. Lokasinya yang saling berdekatan seolah mengisyaratkan untuk mengunjungi kedua lokasi tersebut sebelum meninggalkan Prambanan.

Keindahan sunset dan pemandangan kota Yogyakarta mulai dari pemandangan di pedesaan, berbagai Candi yang ada di Prambanan, Bandara Adisucipto, pemandangan sawah dan Gunung Merapi dapat kita saksikan dari Tebing Breksi. Kita juga dapat menikmati trip dengan Jeep dengan jalur Tebing Breksi – Candi Banyunibo – Tebing Banyunibo – Selo Langit – Batu Papal – Candi Ijo dan kemudian kembali ke Tebing Breksi. Sangat menarik, bukan?

9. Tebing Banyunibo

Photo by @tebingbanyunibo_ on instagram

Photo by @tebingbanyunibo_ on instagram via https://www.instagram.com

Selain Tebing Breksi, di Prambanan ada Tebing Banyunibo. Tebing ini berada tidak jauh dari Tebing Breksi. Lokasinya berada di Dusun Marangan, Kelurahan Bokoharjo, Prambanan. Tebing ini masih termasuk tempat wisata baru dan belum banyak dikenal orang. Namun keunikan tebingnya tidak kalah menarik untuk diabadikan.

10. Abhayagiri Restaurant

Photo by @abhayagirirestaurant on instagram

Photo by @abhayagirirestaurant on instagram via https://www.instagram.com

Abhayagiri Restaurant terletak tidak jauh dari Kompleks Candi Ratu Boko. Meski dikenal sedikit mahal, namun kita dapat menikmati indahnya pemandangan yang menakjubkan dan Gunung Merapi dari ketinggian sambil menikmati makanan dan minuman yang enak tentunya. Interior bangunannya yang instrammable menambah nilai plus dari restaurant ini.

Sangat cocok untuk berkumpul bersama teman, pasangan, maupun keluarga untuk beristirahat sebentar dan tentunya masih ditemani dengan pemandangan akan keindahan Yogyakarta.

11. Suwatu by MilandBay

Photo by @suwatu.by.milandbay on instagram

Photo by @suwatu.by.milandbay on instagram via https://www.instagram.com

Suwatu by MilandBay meruapakan spot baru di Prambanan untuk menikmati pemandangan Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan Gunung Lawu dari ketinggian sambil menikmati hidangan berupa makanan dan minuman. Cafe ini mempunyai suasa yang membuat kita seperti berada di Bali. Tempat ini memiliki banyak spot foto dan view pegunungan dan alam yang sangat instagramable.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE