#DiIndonesiaAja-Sejuta Surga di Kota Satria, Menjelajah Purwokerto dalam Lima Menit.

Purwokerto. Mungkin, tak sedikit dari kita pernah mendengar nama ini. Ibu kota Kabupaten Banyumas yang terletak di kaki Gunung Slamet ini menyandang julukan Kota Satria sebab banyak tokoh-tokoh bangsa yang lahir dan tumbuh besar di sini. Jenderal Soedirman dan Gatot Soebroto contohnya. 

Selain terkenal dengan makanan khasnya mendoan, Purwokerto juga kaya akan destinasi wisatanya, lho! Apa saja, ya? Intip, yuk!

Advertisement

1. Berbincang Hangat di Lokawisata Baturraden

Dokumentasi Portal Wisata

Dokumentasi Portal Wisata via http://www.portalwisata.com

Saat kamu mengunjungi Purwokerto, tentunya kamu tidak akan lepas dari destinasi wajib satu ini. Terletak di Jalan Raya Baturraden Kilometer 14, Lokawisata Baturraden tidak hanya menyuguhkan paras Kota Purwokerto dari ketinggian. Sobat Hipwee juga bisa menikmati rekreasi sekaligus edukasi bersama keluarga tercinta.

Dengan tiket masuk 15 ribu rupiah, kamu bisa menikmati sensasi dingin kolam renang, bermain sepeda air, atau menikmati senja sambil makan jagung bakar di sini. Selain itu, ada juga pertunjukan kentongan, cerita di balik patung Lutung Kasarung yang legendaris, dan tak ketinggalan bioskop berbentuk pesawat terbang yang memutarkan film-film dokumentasi dengan tiket 5 ribu rupiah saja, lho.

Advertisement

2. Ngadem di Hutan Pinus Limpakuwus

@arizalpr_ on Instagram

@arizalpr_ on Instagram via https://www.instagram.com

Terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, hutan pinus yang satu ini memiliki suasana sejuk saat siang hari. Dengan tiket masuk 15 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati panorama kece di sini, Sobat! Jangan lupa bawa serta kameramu, karena kamu pasti akan kecanduan mengabadikan setiap detik yang kamu habiskan di sini. Banyak sudut cantik yang tentunya instagrammable banget.

Ada juga area berkemah untuk kamu yang berniat menjajal sensasi menginap di hutan semalaman.  Jangan takut lapar atau haus usai asik berkelana. Di sekitar objek, ada banyak pondokan yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga murah meriah, kok.

3. Berendam Air Hangat di Pancuran Pitu

Advertisement
Dokumentasi KSM Tour

Dokumentasi KSM Tour via https://ksmtour.com

Objek wisata Pancuran Pitu terletak di Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden. Saat tiba di lokasi parkir, Sobat Hipwee masih harus menempuh ratusan anak tangga sebelum akhirnya tiba di tujuan. Tenang, di sepanjang perjalanan naik-turun tangga, ada pondokan yang menjajakan snack dan minuman. Jadi, jangan takut tepar di tengah jalan, ya!

Lelahmu akan terbayar terlebih saat membasuh dan merendamkan diri di antara tujuh mata air yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tak jauh dari sana, ada gua berwarna keemasan yang dikenal masyarakat setempat dengan nama Gua Sarabadak. Oh iya, untuk tiket masuknya sendiri, Sobat Hipwee hanya butuh merogoh 25 ribu rupiah saja.

4. Menikmati Sore di Curug Bayan

Dokumentasi Tagsdock

Dokumentasi Tagsdock via https://tagsdock.com

Curug Bayan berlokasi kurang lebih 3 kilometer dari Lokawisata Baturraden. Buka hingga pukul 17.00 WIB, dengan harga tiket masuk, cukup 5 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati keelokan dan keasrian air terjun setinggi kurang lebih 7 meter dengan kedalaman kolam 2-5 meter. Airnya juga jernih bukan main sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin berenang atau sekadar bermain air.

Usai menyegarkan diri, jangan lupa menikmati mendoan disandingkan dengan teh atau kopi hangat di sini, ya. Dan jangan takut untuk kamu yang terlanjur jatuh cinta dengan destinasi yang satu ini. Sebab ada penginapan nyaman dengan harga 400 ribu rupiah per malam yang disediakan oleh pengembang wisata.

5. Menjelajah Eropa Mini di The Village

Dokumentasi Travels Promo

Dokumentasi Travels Promo via http://travelspromo.com

Taman rekreasi seluas 2,8 hektar ini berlokasi di Jalan Raya Baturraden Kilometer 7. The Village dari luar merupakan bangunan unik menyerupai istana di negeri dongeng. Siapa sangka, di dalamnya banyak sekali kegiatan seru yang bisa Sobat Hipwee nikmati, lho!

Destinasi ini buka pada pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 22.00 WIB. Ada banyak sudut estetik dengan sentuhan ala Eropa untuk tiket masuk yang dibandrol 25 ribu rupiah saja. Kamu juga bisa merasakan kanal layaknya di Negeri Bunga Tulip atau bersantai sejenak di atas paddle boat. Ada juga foodcourt yang menyajikan makanan cepat saji dengan harga terjangkau.

6. Mencicipi Kuliner di Pasar Kuliner Pratista Harsa

Dokumentasi Radar Banyumas

Dokumentasi Radar Banyumas via https://radarbanyumas.co.id

Mengakhiri hari, Sobat Hipwee bisa icip-icip kuliner di Pasar Kuliner Pratista Harsa. Terletak di Jalan Pereng, Kelurahan Sokanegara, makanan dan minuman di sini didagangkan dengan harga murah. Tak jauh dari sana juga ada Soto Jalan Bank yang sudah melegenda dan Pusat Kuliner Sawangan jika kamu ingin belanja keripik tempe, nopia, atau getuk goreng sebagai oleh-oleh saat kembali ke kampung halaman.

Masih ada puluhan destinasi cantik yang belum disebutkan di sini. Yakin Sobat Hipwee akan mencoret Purwokerto dari daftar kota yang wajib dikunjungi?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE