#DiIndonesiaAja-Selain Indah, Yuk Kunjungi 5 Museum Ini Buat Nambah Wawasan.

Nggak cuma buat foto-foto, museum juga mengajarkan banyak hal loh!

Siapa sih yang tidak kangen jalan-jalan? Selama lebih dari setengah tahun mendekam #dirumahaja, rasa ingin berlibur kian meningkat kala melihat foto throwback liburan. 

Namun di masa New Normal sehabis pandemi ini memang membuat banyak orang mikir dua kali buat liburan, apalagi kalau jauh ke luar negeri. Oleh karena itu, salah satu solusinya kamu bisa nih bikin travel list ke tempat yang nggak jauh-jauh. yap, di negeri tercinta Indonesia saja.  Nggak kalah kece dibanding negeri seberang, Indonesia punya banyak banget tempat dan spot wisata menarik buat dikunjungi. Nggak terkecuali 5 museum di bawah ini. Meskipun terkesan membosankan, namun jalan-jalan ke museum bisa membuka wawasan kamu. Ditambah lagi, nyatanya Indonesia juga memiliki deretan museum yang kece buat spot foto loh! 

Jadi tidak usah pakai lama, yuk lihat 5 museum yang wajib masuk travel list kamu selanjutnya. 

Advertisement

1. Blanco Renaissance Museum

Blanco Reinassance Museum

Blanco Reinassance Museum via https://ak.jogurucdn.com

Buat penggemar seni banget, wajib banget buat kunjungi Blanco Renaissance Museum yang ada di daerah Ubud, Bali ini. Museum ini merupakan tempat dipamerkannya karya pelukis kelahiran Filipina, Don Antonio Blanco. Di sini, kamu bisa menikmati karya sang maestro yang mayoritas fokus pada nude art dengan sentuhan khas tahun 60-an. Selain itu, pintu masuk dari museum ini juga sangat kental akan nuansa Bali-nya. Jadi pas buat menghiasi Instagram kamu nih! 

 

Advertisement

2. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh via https://4.bp.blogspot.com

Terbang ke Aceh, kamu wajib banget buat kunjungi Museum Tsunami Aceh. Seperti yang diketahui, akhir 2004 merupakan masa kelam bagi Indonesia karena terjadinya Tsunami Aceh yang menelan banyak korban jiwa dan menorehkan luka di hati seluruh rakyat Indonesia.

Oleh karena itu, untuk mengenang kembali tragedi ini dalam kesan positif, dibangunlah Museum Tsunami Aceh yang sangat megah dan berdesain futuristik. Di sini tersimpan deretan kisah tentang tsunami, lorong dengan gemercik suara air tsunami, ruang 4D, beserta dinding yang dipenuhi nama-nama korban yang dapat mengingatkan kita betapa pedihnya hari itu. 

3. Monjali

Advertisement

Monumen Jogja Kembali atau Monjali memiliki arsitektur berbentuk kerucut yang megah dan berhiaskan taman yang disebut Taman Pelangi dengan gantungan lampion cantik di bagian halaman depannya. Terletak di Dusun Jongkang, Sleman, Yogyakarta, Monjali merupakan tempat disimpannya kenangan selama kota Yogyakarta melawan penjajahan Belanda. Jadi tidak heran kalau Monjali menjadi salah satu spot favorit di DIY buat foto-foto dan belajar sejarah pastinya. 

 

4. Ullen Sentalu Museum

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu via https://www.mlki.or.id

Masih di daerah Yogyakarta, kali ini ada Museum Ullen Sentalu yang terletak di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Museum ini memiliki nuansa asri nan gotik yang menawan dan sangat instagramable. Namun yang pentingnya, museum ini menjadi rumah dari berbagai koleksi kisah Kerajaan Mataram yang nantinya memecah jadi Keraton Solo dan Yogyakarta. Mulai dari arca, lukisan para bangsawan hingga gamelan kuno pastinya bikin kamu penasaran. 

 

5. House of Sampoerna

House of Sampoerna

House of Sampoerna via https://surabayarek.com

Terakhir ada House of Sampoerna yang terletak di Surabaya. Sesuai namanya, House of Sampoerna ini merupakan museum yang menyimpan catatan sejarah perusahaan rokok terbesar, Sampoerna. Namun yang bikin tambah menariknya, museum ini memiliki bangunan khas Belanda kuno yang sangat megah dan elegan. Jadi berasa seperti balik ke era 1800-an. 

Itulah 5 museum yang bisa masuk dalam travel list saat liburan selanjutnya. Namun selalu diingat untuk terus melakukan protokol kesehatan yakni mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak supaya Indonesia kita akan segera sembuh! 

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An observer

CLOSE