#DiIndonesiaAja-Yuk Jelajahi Hidden Gem dengan Spot Foto Instagramable di Gunungkidul!

Yuk, kunjungi tempat-tempat berikut

Sudah hampir sembilan bulan kita berusaha untuk bertahan di tengah pandemi yang sedang melanda. Awal pandemi, sektor pariwisata sangat merasakan dampaknya karena kita semua harus mengikuti anjuran pemerintah untuk stay at home demi kebaikan kita bersama.

Namun, perlahan-lahan sektor pariwisata sudah mulai bergerak kembali, seiring dengan warga yang mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru. Iya, kebiasaan baru untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menghindari kerumunan.

Nah, untuk kalian yang ingin meluangkan waktu untuk refresh dari bisingnya ibukota, kalian bisa kunjungi tempat-tempat yang sudah Hipwee rangkum berikut, dengan catatan tetap mengikuti protokol kesehatan, ya! Karena kesehatan tetap menjadi yang utama. Let’s check it out!

Advertisement

1. Desa Wisata Wonosadi

1-desa-wisata-wonosadi

1-desa-wisata-wonosadi via https://www.mongabay.co.id

Bagi kalian yang menggemari kegiatan trekking, objek wisata ini sangat cocok untuk kalian sambangi karena harus menaiki banyak anak tangga sebelum kalian sampai ke puncak. Wonosadi berada di Dusun Beji, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul dan terdiri dari hutan konservasi, hutan jati, dan ekosistem lainnya. Hutan adat ini menyuguhkan alam yang masih lestari dan udara yang sejuk.

Selain keasriannya, hutan ini pun masih dianggap sakral oleh warga sekitar. Mereka masih sering menggelar beberapa upacara adat seperti Sadranan. Masyarakat melakukan upacara ini sebagai bentuk rasa syukur dan untuk melestarikan adat istiadat dari para leluhur. Upacara ini dilakukan dengan mengarak sesaji ke hutan sambil diiringi musik seni rinding. Seru, ya?

Advertisement

2. Gunung Bagus

2-gunung-bagus

2-gunung-bagus via https://www.instagram.com

Lokasi objek wisata ini berada di Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul. Banyak yang mengatakan kalau gunung ini mirip dengan Bukit Teletubbies. Untuk kalian yang ingin mengunjungi tempat ini, pastikan kalian datang saat cuaca cerah dan hindari berkunjung saat musim kemarau karena tanaman banyak yang kering sehingga kurang bagus jika difoto.

3. Gunung Ireng

3-gunung-ireng

3-gunung-ireng via https://www.instagram.com

Bagi kalian yang ingin berburu matahari terbit di Yogyakarta, kalian harus banget datengin tempat ini karena Gunung Ireng terkenal dengan sunrise point-nya lho! Tiket masuk objek wisata ini sangat terjangkau yaitu Rp 3.000 dengan tarif parkir motor sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil.  

4. Telaga Semin

Advertisement
4-telaga-semin

4-telaga-semin via https://www.instagram.com

Gunungkidul terkenal dengan tebing-tebing karst-nya. Telaga Semin atau biasa disebut telaga biru ini terbentuk karena adanya aktivitas penambangan di Desa Candirejo, Kecamatan Semin. Sisa aktivitas tambang membentuk pulau-pulau kecil yang dikelilingi air berwarna hijau kebiruan.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi tempat ini kalian harus tetap hati-hati ya, karena area ini masih aktif digunakan sebagai area tambang. Telaga ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.  

5. Embung Batara Sriten

5-embung-batara-sriten

5-embung-batara-sriten via https://jogjapolitan.harianjogja.com

Embung ini terbilang masih baru di antara objek wisata lainnya di Gunungkidul, tapi jangan salah, pemandangannya tidak kalah dengan wisata alam lainnya. Berada di ketinggian 859 mdpl membuat embung ini dinobatkan sebagai embung tertinggi di Yogyakarta.

Embung Sriten sangat cocok untuk kalian yang ingin melepas penat dan menikmati pemandangan dari tempat tinggi. Yuk, tambahkan ke wish list liburanmu!

6. Gunung Api Purba

6-gunung-api-purba

6-gunung-api-purba via https://www.instagram.com

Objek wisata yang menjadi lirik lagu dari penyanyi legendaris Didi Kempot ini kaya akan pemandangan alam dan sejarah. Konon dulunya Bukit Nglanggeran ini adalah tempat untuk menghukum warga desa yang ceroboh merusak wayang. Untuk menuju ke puncak bukit, kalian akan melewati lorong bebatuan yang sempit.

Tapi tenang, dalam waktu dua jam kalian sudah bisa mencapai puncak Nglanggeran dan menikmati eksotisme gunung api purba. Yakin gak mau main-main ke sini?

7. Puncak 4G Gedangsari

7-puncak-4G-gedangsari

7-puncak-4G-gedangsari via https://www.instagram.com

Objek wisata ini terbilang sebagai tempat wisata dengan paket lengkap. Pasalnya, tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas perkemahan, gazebo, parkir, dan yang lebih serunya lagi pihak pengelola menyediakan dua rumah homestay bagi pengunjung yang ingin menginap.

Selain itu, puncak 4G juga bisa dibilang seperti samudra di atas awan karena kalian dapat merasakan sensasi menembus awan. Tempat ini juga cocok menjadi spot foto. Jadi, siapkan kamera dan memori untuk foto-foto yang ciamik, ya!

8. Telaga Jonge

8-telaga-jonge

8-telaga-jonge via https://tempatwisataseru.com

Objek wisata yang satu ini cocok untuk kalian yang ingin melihat sisi lain dari Gunungkidul yang terkenal dengan barisan pantai dan bukitnya. Di tempat ini kalian bisa melakukan banyak aktivitas, seperti memancing, camping, dan juga terdapat fasilitas wahana air yang bisa kalian coba.

Telaga Jonge terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Kalian hanya perlu membayar biaya parkir yaitu sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Nah, itu dia sobat Hipwee rekomendasi wisata yang bisa kalian coba jika berkunjung ke Gunungkidul. Bagaimana? Tertarik untuk liburan di tempat ini? Yuk bagikan pengalaman kalian saat berlibur di kolom komentar, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aquarian girl who loves read and write.

CLOSE