Haiii sobat sehat? Pasti dari kalian pernah mengalami nyeri dan keram perut saat menstruasi. Hal tersebut pasti sangat tidak nyaman bagi kita terutama saat melakukan aktivitas belajar, karena tidak dapat fokus dalam belajar akibat rasa nyeri tersebut.

Hal itu sangat merugikan pada kalangan para remaja. Berikut merupakan cara hebat unuk mengatasi rasa nyeri haid.

1. Makan makanan yang mengandung kalsium

Makanan yang mengandung kalsium

Makanan yang mengandung kalsium via https://www.google.co.id

Kalsium dapat membantu mengurangi kram otot saat menstruasi. Dalam pengonsumsian ini dianjurkan untuk usia 19 tahun ke atas, konsumsi sekitar 1000mg kalsium setiap harinya. Contoh makanan yang mengadung kalsium : Almond, Sayuran berdaun hijau, biji wijen, dan susu

2. Makan Makanan yang mengandung zat besi

Makanan zat besi

Makanan zat besi via https://www.google.co.id

Zat besi adalah salah satu komponen yang hilang saat mengalami menstuasi, oleh karena itu untuk mengembalikan zat besi dengan mengonsumsi ayam ikan dan sayuran karena mengandung zat besi.

3. Minum air putih hangat

Minum air putih hangat

Minum air putih hangat via https://www.google.co.id

Air putih hangat sangat cocok untuk mengatasi kram, karena cairan hangat meningkatkan kelancaran peredaran darah ke kulit dan membantu merelaksasikan otot yang kram.

4. Memakan nasi merah

Nasi merah dapat mengandung vitamin B6. Vitamin yang terkandung dalam nasi merah ini dapat mengurangi kembung saat menstruasi.

5. Menggunakan kompres panas

Mengompres dengan air hangat pada perut

Mengompres dengan air hangat pada perut via https://www.google.co.id

Mengompres perut dengan air panas dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi, selain itu juga merilekskan pada bagian perut sehingga terasa nyaman.

Nah sobat, perlu diketahui bahwa hal hal di sekitar kita terkadang sangat bermanfaat bagi kehidpan kita, terutama untuk mengalami masalah haid. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan manfaat untuk diri anda sobat sehat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya