Kenapa ya kalau tanganku kena tangannya cowok aku jadi deg degan sih? Kenapa kalau cewek menyentuh tanganku jantungku jadi deg-deg ser kayak gini?

Oke teman, tandanya kamu sudah merasakan salah satu ciri masa pubertas.

Masa pubertas sendiri merupakan masa di mana laki-laki atau perempuan mengalami peralihan dari masa anak-anak menuju masa remaja. Masa pubertas juga ditandai dengan beberapa perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Hal ini lumrah terjadi pada saat berumur 9 sampai 16 tahun.

Sebelumnya, kenali dulu ciri-ciri laki-laki dan perempuan yang mulai mengalami masa pubertas, yuk!

  1. Suara berubah menjadi lebih berat (cowok)
  2. Suara menjadi lebih melengking (cewek)
  3. Munculnya jerawat di wajah
  4. Tumbuh jakun (cowok)
  5. Payudara mulai tumbuh (cewek)
  6. Tumbuh rambut di bagian tubuh tertentu
  7. Mengalami mimpi basah bagi laki-laki sedangkan bagi perempuan mengalami menstruasi

Selain ciri-ciri di atas, ada juga ciri lain yang sama-sama dialami baik laki-laki maupun perempuan, lho, yaitu adanya rasa tertarik antar lawan jenis. Contoh mudahnya, pasti teman-teman sudah mulai mengalami rasa suka dengan lawan jenis, kan? 

Nah tenang saja, itu merupakan salah satu tanda yang wajar dialami baik perempuan maupun laki-laki, kok. Kalau ditinjau dari psikis, baik perempuan maupun laki-laki yang mengalami masa puber emosinya cenderung naik.

1. Pertama dan paling utama yaitu beri tahulah ke orang tuamu

Kebersamaan anak dan orang tua

Kebersamaan anak dan orang tua via https://www.worrywisekids.org

Jika kalian mengalami salah satu atau beberapa ciri yang sudah disebutkan di atas, maka tak ada salahnya kamu ceritakan kepada orang tua. Biasanya sih kalo cewek dekat dengan ibu sedangkan kalau cowok dekatnya dengan ayah, iya nggak sih? Misalnya nih, kamu mengalami menstruasi (bagi cewek) kalau yang belum tahu tentang menstruasi mungkin dianggap sakit atau kelainan.

Advertisement

Jadi, beritahulah ibumu bahwa kamu sudah mengalami menstruasi, pasti beliau juga akan memberi penjelasan dan mamberi tahu hal apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan selama menstruasi. Begitu juga dengan kalian yang laki-laki, ya. Kalau kalian mengalami mimpi basah segera beritahukan kepada orangtua kalian.

2. Kedua, tidak perlu panik

Pasti bagi teman-teman yang pertama kali merasakan mimpi basah atau mungkin tumbuh jakun bagi cowok dan menstruasi bagi cewek jangan perlu khawatir karena memang wajar terjadi kok, jadi tenang saja, ya.

3. Kuatkan iman dan takwa kepada Tuhan

Beribadah kepada Tuhan

Beribadah kepada Tuhan via https://www.elfagr.com

Teman-teman tadi pasti pernah merasakan tumbuh benih-benih cinta terhadap lawan jenis, kan? Saat itulah, kita harus selalu meningkatkan iman dan ketakwaan kita terhadap Tuhan.

Advertisement

Karena apa? Kalau iman kita lemah, pasti kita akan tergoda oleh setan supaya berbuat dosa. Kita harus membentengi diri kita menggunakan kekuatan iman dan takwa agar nafsu tidak menguasai kita.

4. Kontrol emosi

Saat masa puber inilah biasanya emosi tidak terkontrol, kadang naik kadang turun. Contohnya bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi sebagian besar akan merasakan emosi yang naik turun, gampang tersindir alias sensitif yang menyebabkan orang-orang terdekat terkena dampak emosinya yang tidak terkontrol.

Maka dari itu, kita harus mengontrol emosi kita dan berpikir jernih agar tidak melukai hati orang lain dan agar tidak merugikan diri sendiri.

5. Lewati masa pubertas dengan aktivitas yang bermanfaat

Bersih pantai via dokumentasi pribadi

Bersih pantai via dokumentasi pribadi via https://www.google.com

Masa pubertas seharusnya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, salah satu contohnya yaitu mengikuti kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Janganlah kalian menggunakan masa pubertas dengan kegiatan yang tidak bermanfaat.

Contohnya yaitu nongkrong bersama teman-teman yang hanya menghabiskan waktu, tenaga, dan materi. Jangan sampai kalian berteman dengan orang-orang yang bergaul bebas, narkoba, dan minuman keras karena hal tersebut bisa mempengaruhi kamu dan jika sampai terjadi maka akan membuat kecanduan dan merusak diri kalian baik fisik maupun psikis, aduh, jangan sampai terjerumus, deh!

Nah, sekian dulu sedikit tips dari saya, semoga dapat membantu teman-teman ya, terima kasih sudah membaca.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya