Selamat pagi teman-teman, dimanapun dan kapanpun kalian berada kalian harus punya semangat pagi dong, aseek. Nah kali ini saya akan berbagi sedikit tips dari pengalaman saya, nih.

Teman-teman di sini pasti tidak asing lagi dengan penyakit demam berdarah. Penyakit ini tergolong mematikan bila tidak ditangani dengan cepat dan sigap.  Demam Berdarah menjadi momok yang mengerikan bagi semua orang, termasuk saya. 

Namun, saya ingatkan, tips ini hanya untuk demam berdarah yang baru menampakkan gejala-gejalanya dan tidak dibarengi oleh penyakit lain, seperti : tyfus dan lain-lain. Jika sudah parah, seharusnya langsung dibawa ke rumah sakit agar ditangani dengan benar supaya cepat pulih seperti sediakala.

1. Pertama, anda dapat menggunakan daun pepaya

Daun pepaya

Daun pepaya via https://google.com

Pertama kalian dapat menggunakan daun pepaya, akan tetapi hasilnya akan lebih maksimal dengan menggunakan daun yang buahnya memiliki tangkai yang panjang atau bisa disebut pepaya jantan. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan 1 lembar daun pepaya ukuran sedang (jika kecil 2 buah ya). Selanjutnya, haluskan lalu saring dan ambil sarinya.

Advertisement

Memang agak sedikit sarinya dan lumayan kental. Jujur, rasanya pahit sekali, tapi tenang saja, anda dapat menambahkan madu agar rasa pahitnya berkurang. Ramuan ini diminum sehari satu kali saja. Namun, jika anda mau, anda bisa minum ramuan ini sehari dua kali.

2. Cara yang kedua, yaitu menggunakan angkak

Bagi teman-teman yang belum tahu angkak, bentuknya seperti beras merah. Caranya sangat mudah, ambillah 1 sendok makan angkak, lalu taruh ke dalam panci kecil. Setelah itu tambahkan 2 gelas air. Lalu rebus menggunakan api sedang sampai mendidih hingga airnya tersisa 1 gelas.

Tunggu hingga dingin. Minumlah angkak 1 kali sehari sebanyak satu gelas. Jika anda tidak suka pahit, anda dapat menambahkan madu atau gula saat meminumnya secukupnya agar rasanya tidak terlalu pahit.

3. Ekstrak daun jambu biji merah

Daun jambu biji merah

Daun jambu biji merah via https://www.google.com

Advertisement

Satu kapsul harganya sekitar 7 sampai 8 ribu rupiah. Biasanya sudah berbentuk tablet atau kapsul kok, jadi sangat mudah untuk diminum. Sehari cukup diminum sekali saja (konsasikan ke dokter dulu ya teman-teman).

4. Minum minuman yang mengandung elektrolit

Saat terkena demam berdarah, tubuh kita banyak kehilangan cairan. Minum air putih biasa pun tidak cukup, makanya kalian harus minum minuman yang mengandung elektrolit supaya tidak terjadi dehidrasi dan dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup via https://www.google.com

Sangat dianjurkan, kalian juga harus beristirahat yang cukup supaya mempercepat pemulihannya. Jangan lupa makan makanan yang bergizi dan memenuhi 4 sehat 5 sempurnaya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya