5 Drama Perkuliahan Online yang Bikin Mahasiswa Kangen Banget Kuliah Offline

drama perkuliahan online

Sejak diberlakukannya WFH (Work From Home) oleh pemerintah di seluruh Indonesia akibat dampak dari penyebaran Covid-19, kampus-kampuspun secara serentak mengadakan kegiatan perkuliahan secara online untuk menghindari adanya kerumunan.

Tapi, banyak banget loh keluhan para mahasiswa setelah mencoba mengikuti perkuliahan online ini, ga sedikit juga yang ingin cepat kembali ke proses perkuliahan biasa atau offline. Apa aja sih? Yuk, Simak!

Advertisement

1. Koneksi jelek bikin ambyar

Tidak dipungkiri koneksi selalu jadi masalah yang paling sering dialami para mahasiswa perkuliah online. Saat melakukan Video Teleconference, sering banget terjadi miss com antara dosen dan mahasiswa. kebayang kan, lagi kuis lisan dosennya bertanya apa mahasiswa malah menjawab apa, padahal udah belajar mati-matian. Duh ambyar deh!

2. Lagi kuliah online, ada aja gangguan dari orang rumah

Karna perkuliahan tidak berlangusng di ruang kelas, banyak banget deh gangguan dari anggota keluarga yang ada di rumah. Contohnya nih, Ibu, Bapak, dan Adik malah berantem waktu kita lagi Video Teleconference, kakak yang tiba-tiba nyeletuk malu-maluin, atau ibu yang nyuruh beli barang ke warung. Duh, ada-ada aja.

Advertisement

3. Ribetnya asistensi dan praktikum online

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Deadline pengumpulan jurnal dari tujuan sampai cara kerja mepet, stand by menunggu video demo dari dosen, pretest, belum lagi laporan praktikumnya. Untuk mahasiswa dengan konsentrasi studi saintek, udah pasti praktikum dan asistensi adalah kegiatan yang wajib, Offline aja ribet apalagi online. 

4. Sidang skripsi online

Sidang Skripsi Online

Sidang Skripsi Online via https://www.pexels.com

Tahapan menyusun skripsi vital banget lho untuk mahasiswa tingkat akhir. Tenaga, waktu, dan materi, harus sudah siap untuk dikorbankan dalam prosesnya. nah, ketika udah selesai mahasiswa wajib melakukan sidang untuk menentukan lulus atau tidaknya mereka dengan sejumlah dosen. Kebayang dong, tegangnya seperti apa saat dicecar pertanyaan oleh dosen penguji? secara online pula. Koneksi internet harus selalu stabil pastinya.

5. Dilema ke toilet perlu izin dulu atau enggak, ya?

Advertisement

Kalau kuliah biasa, kita bisa secara bebas izin ke toilet pada dosen yang sedang mengajar. Tapi, kalo secara online izin dulu tidak ya? karna dilema pasti dirasakan oleh mahasiswa yang sedang proses kuis acak secara online via chat. Ketika dosen mengirim soal, dalam beberapa detik pertanyaan tersebut harus sudah dijawab. Kalau ditinggal pergi ke toilet bisa bahaya, izin dulu jangan ya?

Banyak mahasiswa yang mulai jenuh dengan proses perkuliahan online dan sangat bersyukur saat nanti kembali kuliah offline. Yuk, sama-sama berdo'a agar wabah ini segera hilang dan jangan lupa untuk jaga jarak, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswi Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik.

Editor

une femme libre

CLOSE