Dukung Gerakan Zero Waste, Ganti 5 Benda Ini dari Dapurmu untuk Menekan Tumpukan Sampah Plastik

Aksi dukung gerakan zero waste

Seiring dengan pertambahan populasi manusia di bumi, maka bertambah pula persoalan yang dihadapi. Salah satunya permasalahan sampah plastik yang belum jua ditemukan solusinya. Seperti kita ketahui, penghasil limbah sampah plastik terbesar adalah rumah tangga—plastik jajanan, plastik belanjaan, belum lagi plastik yang digunakan sebagai wadah penyimpanan bahan makanan dan sebagainya.

Berlatar dari permasalahan itu, warga dunia memulai gerakan zero waste atau ramah lingkungan. Mengganti benda-benda sekitar dengan sustainable product adalah satu kunci agar bumi ini dapat berumur panjang.

Nah, kamu juga bisa banget mendukung gerakan zero waste, kok. Caranya sangat mudah, loh. Mari mengganti 5 benda berikut ini dari dapur kita.

Advertisement

1. Tempat penyimpanan bahan makanan

Photo by Taryn Elliott from Pexels

Photo by Taryn Elliott from Pexels via https://www.pexels.com

Wadah plastik memang sangat ramah di kantong apalagi memiliki beragam pilihan warna juga ukuran, sehingga mampu menghidupkan suasana dapur yang nggak jarang tampak monoton. Namun, kekurangan wadah plastik adalah mudah rapuh, mau tidak mau kita harus membeli penggantinya. Begitu seterusnya. Kurang praktis. Selain itu, secara nggak langsung kita sudah menambah angka sampah plastik di bumi.

Nah, sekarang tidak ada salahnya dong mengganti wadah plastik penyimpan bahan makanan di rumah dengan stoples-stoples kaca yang nggak kalah cantiknya. Nggak hanya itu aja, stoples kaca dinilai lebih tahan lama hingga bertahun lamanya, bahkan tidak mengurangi nilai estetika dapurmu.

Advertisement

Untuk mendapatkan stoples-stoples kaca sesuai keinginanmu, kamu bisa klik di sini 

2. Peralatan makan

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Photo by Karolina Grabowska from Pexels via https://www.pexels.com

Nggak jarang, ketika kita punya anak kecil atau balita yang aktif dan senang banting-banting benda sekitarnya, kita lebih memilih untuk menggunakan piring, mangkok, juga sendok garpu yang terbuat dari plastik. Alasannya, agar tidak mudah pecah jika dilempar atau dibanting anak. Padahal, pemilihan plastik secara asal-asalan justru bisa membahayakan loh.

Alternatifnya, kamu dapat menyingkirkan peralatan makan berbahan plastik dengan peralatan makan berbahan dasar kayu. Selain aman digunakan, kamu juga bisa mendukung gerakan zero waste yang ramah bagi bumi kita.

Bingung mau beli peralatan makan dari bahan kayu di mana? Klik di sini

3. Wadah food atau drink preparing

Photo by Ella Olsson from Pexels

Photo by Ella Olsson from Pexels via https://www.pexels.com

Kita terbiasa nyaman menyiapkan segala kebutuhan food preparing menggunakan wadah atau tempat yang terbuat dari plastik. Namun, boleh jadi itu adalah cara yang salah karena plastik dengan kualitas yang kurang baik akan memengaruhi kualitas dari bahan-bahan makanan yang akan kita gunakan. Oleh karena itu, kita harus cerdas dalam memilih wadah food preparing. Seperti memilih mini jar untuk menyimpan bahan-bahan smoothies alih-alih menggunakan plastik. Selain lebih aman, mini jar juga bisa dimanfaatkan sebagai gelas penyajian. Simple, classic juga menyehatkan.

Kamu bisa mendapatkan mini jar di sini 

4. Water jug

Photo by Nadi Lindsay from Pexels

Photo by Nadi Lindsay from Pexels via https://www.pexels.com

Alasan kenapa orang-orang lebih suka memilih wadah air minum yang terbuat dari bahan plastik boleh jadi karena materialnya yang ringan dan anti-slip atau nggak licin saat diangkat. Namun, tahu nggak sih bahwasanya ada plastik yang tidak toleran terhadap suhu hangat apalagi panas. Sebab, ketika kita menuangkan air hangat ke dalamnya, ada partikel-partikel yang memuai dan memengaruhi kualitas air bahkan bisa menyebabkan suatu penyakit.

Mulai sekarang, kamu bisa mengganti wadah air minummu dengan wadah dengan material silikon maupun kaca, loh, karena keamanannya terjamin. Jadi, kamu nggak perlu was-was lagi.

Mau memperoleh wadah minum berbahan kaca? Bisa klik di sini

5. Reusable bag untuk menaruh barang belanjaan

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Siapa nih yang kalau belanja di supermarket ataupun pasar tradisional masih suka menaruh belanjaan di plastik? Menggunakan plastik memang sangat memudahkan kita, sekaligus praktis karena dapat diperoleh di manapun. Tapi pernah nggak kita memikirkan jika dalam satu hari kita menggunakan satu plastik, sementara di penjuru dunia ada 70 miliar populasi manusia di bumi yang juga melakukan hal serupa, maka berapa banyak sampah plastik yang terkumpul? Makin berat yah bumi menanggungnya?

Mulai hari ini, yuk, kita ubah kebiasaan kita menggunakan plastik dengan memulai memakai reusable bag yang bisa dipakai berkali-kali juga ramah lingkungan. Kamu bisa banget membuat reusable bag sendiri di rumah dengan bahan-bahan kain yang tidak terpakai atau boleh klik di sini  untuk memperoleh reusable bag ramah lingkungan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE