Enam Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Journaling dari Sekarang

Percaya deh, banyak banget manfaat yang akan kamu dapat dari journaling!

Apa itu journaling? Apakah journaling adalah suatu aktivitas membuat jurnal yang bersifat keilmiahan? No. Journaling yang ingin saya bahas kali ini tidak akan serumit itu. Journaling adalah proses menulis secara teratur untuk merekam pikiran, pengalaman, perasaan, atau refleksi dalam sebuah catatan pribadi. Journaling sering dilakukan sebagai bentuk self-reflection atau refleksi diri seseorang.

Beberapa orang mungkin menggunakan jurnal tradisional dengan pena dan buku catatan, sementara yang lain menggunakan aplikasi atau platform digital untuk mencatatnya. Journaling bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi individu. Selain itu, journaling juga dapat menjadi sumber informasi berharga untuk merekam peristiwa penting, projek, atau penelitian yang mungkin berguna di masa depan.

Berikut ini 6 manfaat serta alasan kuat mengapa kamu harus memulai journaling.

Advertisement

1. Bentuk Self-Reflection dan Self-Awareness (Refleksi dan Pemahaman Diri)

Photo by Pavel Danilyuk

Photo by Pavel Danilyuk via https://www.pexels.com

Journaling memberikan kesempatan untuk merefleksikan pikiran, perasaan, dan pengalaman kamu. Dengan menuliskannya, kamu dapat memperoleh pemahaman yang lebih terhadap diri sendiri dan bagaimana kamu bereaksi terhadap berbagai situasi. Refleksi diri dapat meningkatkan kesadaranmu untuk memahami diri sendiri dan lingkungan sekitarmu lebih baik lagi.

2. Bentuk Pengelolaan Emosi dan Stres

Photo by Anna Shvets

Photo by Anna Shvets via https://www.pexels.com

Membuat jurnal pribadi membantu untuk menemukan jalan keluar dalam mengekspresikan emosi dan pikiran kamu. Hal ini memungkinkan kamu untuk melepaskan beban atau kecemasan yang sedang kamu alami. Dengan journaling, kamu dapat menulis mengenai hal yang sedang kamu rasakan sehingga kamu dapat merasa lebih lega dan emosimu dapat tersampaikan.

Advertisement

3. Membantu Mengambil Keputusan (Decision-Making)

Photo by Karolina Grabowska

Photo by Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Jurnal adalah tempat yang tepat untuk mengambil keputusan sehingga dapat mencapai tujuan dan aspirasi kamu. Dengan menuliskan apa yang ingin kamu capai, kamu dapat merencanakan langkah-langkah konkret untuk mencapainya. Meninjau jurnal secara berkala juga dapat membantu kamu untuk melacak seberapa jauh kamu telah melangkah, mengevaluasi apa yang gagal dan telah berhasil, serta membuat penyesuaian apabila diperlukan.

4. Bentuk Kreativitas dan Penyelesaian Masalah

Photo by Andrea Piacquadio

Photo by Andrea Piacquadio via https://www.pexels.com

Menulis di jurnal dapat merangsang kreativitas dan membantu kamu dalam memecahkan masalah karena ketika kamu mulai menulis, pikiran kamu akan menjadi lebih terstruktur sehingga kamu dapat mengeksplorasi ide-ide baru dengan lebih efektif. Jurnal juga merupakan tempat yang aman untuk mengembangkan gagasan, melakukan eksperimen, dan mencari solusi untuk masalah yang sedang kamu hadapi.

5. Pengembangan Kegiatan Positif

Photo by Cliff Booth

Photo by Cliff Booth via https://www.pexels.com

Dengan menulis jurnal, kamu dapat mengembangkan kegiatan positif yang ingin kamu tanamkan. Misalnya, kamu dapat mencatat aktivitas olahraga, jam belajar, atau kegiatan produktif lainnya yang ingin kamu lakukan secara konsisten. Dengan journaling, kamu dapat melihat progres yang kamu catat sehingga memberikan dorongan dan motivasi tambahan untuk melanjutkan kebiasaan positif tersebut.

Advertisement

6. Bentuk Memori dan Self-Recall

Photo by William Fortunato

Photo by William Fortunato via https://www.pexels.com

Journaling dapat berfungsi sebagai tempat untuk mengingat kenangan dan momen berharga dalam hidup kamu. Dengan mencatat pengalaman dan refleksi tentang peristiwa tertentu, kamu dapat menciptakan suatu arsip pribadi yang memungkinkan kamu untuk melihat ke belakang dan menghargai proses yang telah kamu lewati. Kamu juga dapat melihat bagaimana caramu dalam mengatasi masalah yang pernah terjadi dan melihat seberapa jauh dirimu telah melangkah.

Setelah membaca 6 manfaat dan alasan di atas, apakah kamu tertarik untuk melakukan journaling? Percayalah, journaling akan memberikan banyak sekali manfaat positif bagi perkembangan pribadi diri kamu. Jika kamu masih merasa berat untuk melakukannya, mulailah dengan meluangkan waktu sebentar saja untuk menulis dan temukan cara yang paling sesuai dengan gaya serta kebutuhan kamu. Mulailah journaling sehingga dirimu di masa depan akan berterima kasih karena dapat melihat seberapa jauh kamu telah bertumbuh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE