Ada sisi menarik yang terkadang luput dibahas tentang Korea Selatan, jika kebanyakan di antaranya hanya kelompok musik K-Pop dan serial drama yang bikin mewek saja. Bicara soal Korea Selatan tentu kurang lengkap jika kamu tak membahas beberapa sisi budaya yang patut jadi panutan. Meski kebiasaan tersebut terkesan aneh, namun bagi masyarakat setempat beberapa hal itu sangatlah normal dan biasa saja. Apa aja sih?

1. Di Korea Selatan ada kartu kredit khusus orang hamil

Di Korea Selatan ada kartu kredit khusus orang hamil

Di Korea Selatan ada kartu kredit khusus orang hamil via http://viralnesia.org

Meski aturan tersebut bisa dikatakan sangat aneh, tapi sebenarnya kebijakan pemerintah untuk membuat kartu kredit khusus orang hamil ini menarik lho. Nah, di negeri ini untuk semua perempuan yang hamil berhak untuk mendapatkan kartu kredit spesial dari pemerintah. Uangnya pun senilai 500 dolar AS atau sekitar Rp 7 jutaan.

Advertisement

Para pemilik kartu kredit tersebut pun dapat menggunakan uang tersebut untuk menanggulangi biaya periksa ke dokter atau beli obat. Tak hanya itu saja, perempuan yang hamil pun juga akan mendapatkan fasilitas pelayanan khusus saat memakai transporasi umum.

Tak hanya itu saja, bahkan perempuan hamil pun juga disediakan kursi khusus di kereta, lalu ketika naik taksi ada lampu khusus yang bisa menyala sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut tengah membawa ibu hamil. Tak sampai di situ, bahkan urusan parkir nih, ternyata ada tempat khusus juga lho.

2. Belanja ke supermarket bebas nyicip makanan

Belanja ke supermarket bebas nyicip makanan

Belanja ke supermarket bebas nyicip makanan via http://google.org

Kalo kamu masuk ke supermarket di Korea Selatan, jangan kaget yaa kalau ternyata banyak orang yang nyicipin makanan. Hal tersebut memang wajar lho. Bahkan kamu pun boleh nyobain tester makanan tersebut sebanyak yang kamu mau. Kalau nggak beli pun mereka juga nggak mempermasalahkan kok.

3. Kasih kado ke orang Korea Selatan, jangan sampai salah lho ya…

Kasih kado ke orang Korea Selatan, jangan sampai salah lho ya

Kasih kado ke orang Korea Selatan, jangan sampai salah lho ya via http://google.com

Advertisement

Kebanyakan orang bakalan memberikan kado berupa barang yang tidak habis pakai. Misalkan, sepatu, baju, boneka, dan lain sebagainya. Nah, beda dengan orang Korea Selatan yang kabarnya sih justru lebih demen sama kado berupa benda yang habis pakai terutama makanan.

4. Baju couple menjadi dresscode paling favorit bagi para pasangan

Baju couple menjadi dresscode paling favorit bagi para pasangan

Baju couple menjadi dresscode paling favorit bagi para pasangan via http://google.org

Jika kamu pergi ke beberapa tempat-tempat umum, kamu tentu akan kerap melihat banyak pasangan memakai baju couple. Dari mulai pakaian hingga sepatu couple memang menjadi kebiasaan paling umum untuk para pasangan di Korea Selatan. Uniknya, kebiasaan tersebut pun tak hanya dilakukan oleh pasangan muda lho.

Bahkan, pasangan yang sudah berumur pun juga seneng banget menggunakan pakaian yang sama. Barangkali, itulah yang membuat di Korea Selatan banyak toko yang menjual pakaian dan sepatu couple.

5. Kopi dan makanan manis sebagai ucapan terima kasih kepada seorang guru

Kopi dan makanan manis sebagai ucapan terima kasih kepada seorang guru

Kopi dan makanan manis sebagai ucapan terima kasih kepada seorang guru via http://google.org

Para pelajar di Korea Selatan memiliki kebiasaan yang unik untuk memberikan rasa terima kasihnya kepada seorang guru. Hal tersebut pun tak hanya dilakukan oleh para murid saja, namun orang tua murid pun juga akan memberikan bingkisan yang unik kepada seorang guru yang dianggap berjasa. Bingkisan sebagai ucapan terima kasih pun terkesan unik, yaitu kopi atau makanan manis.

6. Kamu gak bakal nemuin tempat sampah, tapi kok banyak toilet umum ya?

Kamu nggak bakal nemuin tempat sampah tapi kok banyak toilet umum ya

Kamu nggak bakal nemuin tempat sampah tapi kok banyak toilet umum ya via http://google.org

Kamu tentu akan kaget ketika tak satupun tempat sampah kamu temukan di tempat umum karena orang-orang Korea Selatan memang cenderung rapi dan bersih. Namun sebaliknya, kamu pun akan menemukan banyak banget toilet di tempat umum.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya