5 Faktor Penyebab Perasaan Insecure. Kalau Nggak Segera Dihindari, Bisa Jadi Bumerang untuk Diri!

faktor penyebab insecure

Belakangan ini, insecure menjadi hal yang sering diperbincangkan. Selain tak terhindarkan, perasaan ini juga dialami oleh hampir semua orang. Namun, tanpa disadari sebenarnya faktor-faktor yang menjadi penyebab insecure itu ada di sekeliling kita, bahkan ada di dalam diri kita sendiri. Apa saja penyebabnya? Yuk, simak uraian berikut!

Advertisement

1. Sosial media

pexels.com/kseverin

pexels.com/kseverin via https://www.pexels.com

Seperti yang kita ketahui, penggunaan sosial media sudah menjadi candu bagi sebagian besar orang. Hal-hal yang dipertontonkan di sosial media pun kerap menarik perhatian. Mulai dari gaya hidup, gaya berpakaian, skill, hobi, kesuksesan karir, dan masih banyak lagi.

Tanpa disadari, memperhatikan kehidupan orang lain di sosial media seringkali membuat kita jadi membandingkan hidup kita dengan apa yang kita lihat. Hal itulah yang dapat menyebabkan timbulnya rasa kurang puas dengan apa yang ada pada diri sendiri.

2. Pertemanan yang tidak sehat

pexels.com/olly

pexels.com/olly via https://www.pexels.com

Disadari atau tidak, teman toxic pasti ada di sekitar kita. Mereka yang seringkali melontarkan komentar negatif ataupun memberi respon yang kurang menyenangkan terhadap hal-hal yang membuat kita bahagia, sebaiknya dijauhi. Berteman dengan orang-orang seperti itu hanya akan membuat kita semakin insecure dan perlahan kehilangan rasa percaya diri.

3. Terlalu memikirkan omongan orang lain

pexels.com/juanpphotoandvideo

pexels.com/juanpphotoandvideo via https://www.pexels.com

Kita tidak bisa mengendalikan apa yang akan orang lain perbuat atau apa yang akan mereka katakan kepada kita, tapi kita bisa mengendalikan diri kita untuk tidak menanggapinya secara berlebihan. Jadikan komentar negatif sebagai bahan introspeksi diri, bukan sebagai hal yang terus-menerus disesali. Kita perlu kritik dari orang lain untuk menjadi lebih baik, tapi kita juga perlu mengendalikan diri agar hal tersebut tidak membuat kita semakin insecure. Jadi, mulai sekarang stop overthinking, yaa!

4. Kurang mengenal diri sendiri

pexels.com/olly

pexels.com/olly via https://www.pexels.com

Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan keunikan masing-masing. Jadi, tak perlu iri dan membandingkan diri sendiri degan orang lain. Berusaha mengenal dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri, akan membuatmu semakin cinta terhadap diri sendiri. Dengan begitu, akan lebih mudah pula kamu menumbuhkan rasa percaya diri.

Advertisement

5. Kurang bersyukur

pexels.com/pixabay

pexels.com/pixabay via https://www.pexels.com

Selain kelebihan dan keunikan masing-masing, kita pun diberikan jalan hidup yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Tak perlu iri dengan temanmu yang lulus, menikah, atau punya anak lebih dulu, sebab barangkali kamu ditakdirkan untuk meraih suksesmu lebih dulu. Tidak ada yang tahu, kan? Cobalah untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang positif, agar kamu tidak capek sendiri dengan keadaan sekitar yang tidak selalu sesuai dengan keinginanmu.

Nah, itulah 5 hal yang perlu kamu hindari atau harus pintar-pintar kamu kendalikan agar tidak mudah merasa insecure. Semakin kamu memiliki banyak alasan untuk mencintai diri sendiri, akan semakin kecil pula kemungkinan kamu untuk kehilangan rasa percaya diri. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE