Fenomena Heatwave: 5 Tips Tetap Nyaman Beraktivitas saat Suhu Cuaca Semakin Panas

Fenomena heatwave atau gelombang panas dapat terjadi di banyak tempat di seluruh dunia, dan dapat menyebabkan dampak yang sangat merugikan bagi kesehatan dan lingkungan. Saat suhu di luar ruangan naik, kita perlu mengambil tindakan untuk menghindari risiko terkena panas berlebih, dehidrasi, dan masalah kesehatan lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi fenomena heatwave.

Advertisement

1. Minum cukup air putih

Photo by alter_photo via Canva

Photo by alter_photo via Canva via https://www.canva.com

Cuaca panas membuat kita lebih cepat terasa haus, tubuh kita membutuhkan lebih banyak air putih untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. PAstikan kamu cukup minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Kamu juga dapat mengonsumsi minuman elektrolit yang mengandung garam dan mineral untuk membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

2. Gunakan pakaian yang tepat

Photo by Nicomenijes via Canva

Photo by Nicomenijes via Canva via https://www.canva.com

Pilih pakaian yang ringan dan longgar untuk membantu tubuh kamu tetap sejuk dan nyaman saat beraktivitas di tengah cuaca yang bikin gerah. Hindari pakaian berbahan sintesis dan berwarna gelap, karena ini dapat menyerap panas lebih banyak dan membuat kamu merasa kegerahan.

Advertisement

 

3. Hindari terpapar sinar matahari langsung

Photo by Xurzon via Canva

Photo by Xurzon via Canva via https://www.canva.com

Jika mungkin, hindari terpapar sinar matahari langsung selama cuaca panas. Jika kamu harus keluar rumah, gunakan payung atau topi untuk melindungi kepala dan wajah dari paparan sinar matahari langsung.

4. Gunakan kipas atau AC

Photo by studioroman via Canva

Photo by studioroman via Canva via https://www.canva.com

Gunakan kipas atau AC untuk membantu mengurangi suhu di dalam ruangan. Pastikan AC dalam kondisi baik dan bersih, sehingga bisa berfungsi secara optimal.

Advertisement

5. Perhatikan orang yang berisiko

Photo by A and N via Canva

Photo by A and N via Canva via https://www.canva.com

Beberapa orang berisiko lebih tinggi terkena dampak cuaca panas, seperti orang tua, anak-anak, dan orang dengan kondisi medis tertentu. Pastikan Anda memperhatikan orang-orang ini dan memberi tahu mereka cara untuk menghindari risiko terkena panas berlebih.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Obviously passionately in love with writing

CLOSE