Hai, para pembaca Hipwee yang hebat. Pernah tidak kamu berpikir tentang 'meja makan'? Pastinya pernah dong ya. Tapi hal apa sih yang tebersit dalam pikiran kamu saat mendengar kata meja makan?

Ya, sebagian umum akan menjawab, “Makan-makan, dong!”. Jawaban kamu benar, tapi aku menemukan suatu hal yang menarik dari meja makan. Benda itu bukan hanya sekadar tempat untuk makan, tapi di meja makan nyatanya menyimpan falsafah hidup.

Aku memahami ide ini belakangan. Saat duduk di rumah makan, atau nongkrong di cafe, juga saat duduk di bawah tenda jajanan kaki lima: ada begitu banyak hal yang diungkap oleh si meja makan. Sadar atau tidak, kamu juga pasti mengalami ini.

Aku menyebut perenungan ini dengan, filosofi meja makan.

1. Meja makan persahabatan

Ada persahabatan terjadi di meja makan.

Ada persahabatan terjadi di meja makan. via https://www.instagram.com

Apa pun bentuk perjumpaannya, akrab atau baru berjumpa, kita pasti akan mencari tempat makan. Duduk bersama di depan meja makan, hingga cerita yang panjang membentuk suatu keakraban.

Advertisement

Ya, di meja makan kita bertemu dengan persahabatan. Meja itu menciptakan rasa kedekatan, pertemanan, dan kekompakan. Di meja makan kita bertemu  dan menemukan teman karib.

2. Meja makan kejujuran

Kejujuran diungkap di atas meja makan.

Kejujuran diungkap di atas meja makan. via https://www.instagram.com

Aku memperhatikan juga hal ini, bahwa kita sering mengungkapkan kejujuran di atas meja makan. Banyak rahasia yang dibuka di meja makan. Entah bagaimana meja makan memiliki kekuatan untuk membuat seseorang berani bertutur tentang kesungguhan, tentang kebenaran, juga tentang banyak hal yang selama ini disembunyikan.

Jika kamu ingin mencari tempat yang nyaman untuk berkata terus terang, meja makan adalah tempat yang paling banyak dipilih.

3. Meja makan kebohongan

Meja makan juga menyimpan kepura-puraan.

Meja makan juga menyimpan kepura-puraan. via https://www.instagram.com

Advertisement

Sedihnya, terkadang di meja makan ada drama kebohongan, ada sandiwara, dan ada ketidak-setiaan. Kamu sendiri pasti paham hal ini, bahkan mungkin pernah merasakannya, atau juga melakukannya. Selain mengungkap kejujuran, meja makan juga sering menjadi tempat untuk mengunci semua kebenaran.

Di meja makan ini, kita berbohong kepada orang tua, kepada sahabat, kepada kekasih, bahkan kepada yang paling mengasihi kita, Tuhan. Ah, banyak orang yang malu berdoa di meja makan, apa lagi itu di tempat umum.

Tidak hanya itu, di meja makan terkadang kita membohongi diri sendri. Meja makan sering menjai saksi tentang betapa rapuhnya manusia dalam hal kejujuran dan kesetiaan.

4. Meja makan cinta

Ada dua hati bertemu di meja makan.

Ada dua hati bertemu di meja makan. via https://www.instagram.com

Ini yang paling menakjubkan: ada kisah hati dari para anak manusia di meja makan. Ada dua hati yang bersatu, dua sejoli yang saling jatuh cinta, dan dua insan yang akan berjanji setia: hal itu disaksikan oleh meja makan. Meja makan adalah benda sederhana yang sering menghadiahkan kejutan dan kebahagiaan yang luar biasa.

Aku pernah merasakan kejutan cinta di meja makan. Dan hingga saat ini, meja makan itu menjadi kenangan unik tersendiri bagiku. Aku tak bisa lupa meja yang saat itu kupesan untuk bertemu dengan dia. Meski cerita berikutnya mungkin tak berujung bahagia, tapi setidaknya meja makan kembali memukauku. Dan aku tetap menantikan kejutan  cinta yang lainnya di atas sang meja makan.

5. Meja makan jati diri

Aku menemukan diriku sendiri di atas meja makan.

Aku menemukan diriku sendiri di atas meja makan. via https://www.instagram.com

Aku memahami siapa diriku di meja makan ini.

Di atas meja makan ada banyak terjadi perbincangan: yang sedang sekadar tawa ramah; yang serius melibatkan ide, pemahaman, hingga prinsip-prinsip. Aku merasakan itu: pertemuan dan perbincangan dengan orang lain, entah bagaimana membawaku untuk menyelidiki jauh ke dalam diriku sendiri dan menemukan lebih banyak diriku yang masih terselubung.

Meja makanku, merubah banyak hal tentangku: tentang cara pandangku; tentang pemikiranku; dan juga tentang karakter diri yang sebenarnya paling kuinginkan.

Meja makan ini bagai nafigasi yang menuntunku menemukan negeri yang tetap untuk diriku.

6. Apa kisah meja makanmu?

Apa yang diungkap di atas meja makanmu?

Apa yang diungkap di atas meja makanmu? via https://www.instagram.com

Makanlah bersama. Dan lihat bagaimana meja makan mengajarimu akan banyak hal.

Sekarang kamu tahu, apa pelajaran yang diberikan oleh si meja makan yang sederhana nan polos itu. Dia benda biasa yang mampu menciptakan segmen menakjubkan, berkata tanpa kebohongan, atau kadang juga menutup rapat kebenaran. Meja makan itu dapat merubah manusia hebat menjadi individu kerdil. Dan si meja makan itu juga mampu mengubah manusia biasa menjadi luar biasa.

Jadi sekarang, apa yang ingin kamu kisahkan di atas meja makanmu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya