Ketika kita berada di pantai, kita akan memotret lautan yang terbentang luas di hadapan kita. Ketika kita berada di dataran tinggi, kita akan memotret megahnya deretan pegunungan. Ketika kita berada di perkotaan, kita bahkan sesekali memotret bangunan pencakar langit yang kita anggap indah dipandang. Segala yang kita anggap indah, seringkali berasal dari sesuatu yang besar dan megah. Seringkali kita tidak menyadari bahwa di sekitar kita ada hal-hal kecil yang tidak kalah menyejukkan mata. Berikut adalah gambar mikroskopis dari bagian tubuh tanaman yang ada di sekitar kita. Tapi sebenarnya, seperti apasih gambar mikroskopis itu? Yuk kita simak bersama!

1. Permukaan Daun Durian

Kita tentu tidak asing lagi dengan durian, buah yang bahkan dianggap banyak orang sebagai buah terenak dari segala buah yang ada. Tapi apa kalian tahu kalau bukan hanya buahnya yang enak, daun tanaman durian juga memiliki keunikan tersendiri dengan keberadaan sisik-sisik pada bagian permukaannya.

2. Serbuk Sari Lilium pada Perbesaran 10x

Kata serbuk sari pasti pernah sekali dua kali mampir di telinga kita. Ya, itu adalah salah satu alat perkembangan tanaman. Tapi pernahkan kita melihat penampakan asli serbuk sari? Foto di atas adalah wujud nyata dari serbuk sari dari tanaman lilium. Indah bukan?

3. Serbuk Sari Lilium pada Perbesaran 40x

Advertisement

Setelah melihat serbuk sari lilium mari kita nge-zoom-in untuk bisa melihat lebih jelas lagi struktur serbuk sari lilium. Terlihat seperti apa yah ini?

4. Serbuk Sari Pinus

Apa sih yang kalian pikirkan pertama kali melihat foto di atas? Itu bukan kepala Mickey Mouse lohh, itu adalah serbuk sari tanaman pinus. Mungkin Walt Disney dulu terinspirasi sama serbuk sari tanaman pinus yaaa hihihi…

5. Anthera Lilium

Yang terakhir ada foto mirip kupu-kupu yang ternyata merupakan foto anthera tanaman lilium. Fyi anthera itu adalah bagian dari benang sari, alat reproduksi pada tanaman. Ini asli karya Tuhan yang diabadikan lewat lensa mikroskop. Indah bukan?