Gimana Memperlakukan Barang Saat Pindahan Rumah? 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba, Nih!

Pindahan rumah jadi gak ribet!

Pindahan rumah memang bukan urusan gampang, apalagi kalau sudah menyangkut soal barang-barang yang mesti dipindahkan. Banyak kesalahan dalam urusan memindahkan barang yang akhirnya justru membuat kamu harus mengikhlaskan barang-barang tersebut rusak.

Sebenarnya, hal yang tidak menyenangkan tersebut bisa kamu hindari jika memahami cara memperlakukan barang saat pindahan rumahan. Ya, barang-barang di rumahmu perlu trik khusus agar tidak rusak ketika mengalami proses pemindahan. Apa saja yang perlu kamu lakukan? Berikut tips dari Dekoruma.

Advertisement

1. Pilah barang yang ingin dipindah

Kardus-kardus untuk pindahan

Kardus-kardus untuk pindahan via http://newcenturymaids.ca

Tidak semua barang yang ada di rumah lama perlu diangkut ke rumah baru. Cobalah mulai kelompokkan barang yang mau dipindah. Lemari baju atau lemari anak, meja kerja, dan kursi makan yang sudah tidak dipakai baiknya ditinggalkan saja daripada justru merusak barang-barang lainnya ketika proses pemindahan mulai dilakukan.

2. Siapkan kardus sebanyak mungkin

Kardus-kardus Untuk Pindahan

Kardus-kardus Untuk Pindahan via http://drholdings.co.uk

Kamu perlu kardus sebanyak mungkin! Tidak hanya untuk menjadi wadah berbagai barang yang akan dibawah pindahan, kardus juga berfungsi menjadi penutup atau pembatas barang-barang besar yang akan ikut pindahan bersama.

Advertisement

Jadi, kalau kamu mau ikut memindahkan lemari anak, misalnya, lapisi tiap bagiannya dengan kardus agar tidak menimbulkan lecet akibat gesekan dengan benda lain. Begitu pun kalau kamu mau ikut memindahkan meja kerja dan kursi makan dari rumahmu.

3. Taruh barang berdasarkan kelompok

Masukkan Barang Berdasarkan Jenisnya

Masukkan Barang Berdasarkan Jenisnya via http://thespruce.com

Sekarang mulai kelompokkan barang-barang yang akan kamu bawa pindah. Sebagai contoh, barang-barang untuk perlengkapan makan ditaruh dalam satu kardus. Buku-buku juga ditaruh dalam satu kardus. Perabotan yang besar juga dikelompokkan dari jenisnya. Yang berjenis kayu dalam satu kelompok.

Kelompok lain untuk perabotan yang terbuat dari serbuk kayu ataupun dari besi. Khusus untuk barang kelompok yang ditaruh di dus, jangan lupa labeli depan dus dengan isian dari barang-barang tersebut agar lebih mudah ketika membongkarnya.

Advertisement

4. Pindahkan secara bertahap

Pindahan Secara Bertahap

Pindahan Secara Bertahap via http://kingscleanup.com

Apa yang terburu-buru pada akhirnya akan mengecewakanmu, termasuk soal pindahan. Kalaupun kamu terburu-buru memindahkan barang dalam satu kloter, kemungkinan barang-barang tersebut mengalami kerusakan akan semakin besar.

Kerusakan lebih parah akan dialami oleh barang-barang yang tidak tertutup wadah dengan sempurna, contohnya perabotan seperti lemari anak. Ini karena kemungkinannya saling bergesekan akan semakin besar. Jadi, memindahkannya secara bertahap akan lebih ideal.

5. Dahulukan perabotan besar

Memindahkan Perabotan Besar

Memindahkan Perabotan Besar via http://hendleyproperties.com

Ketika melakukan pemindahan bertahap, dahulukan memindahkan perabotan besar, seperti meja kerja, lemari anak, maupun kursi makan. Ingat juga, ketika dipindahkan, pastikan berdasarkan kelompoknya. Jadi kalau mau memindahkan perabotan dari kayu, seperti lemari anak dan meja kerja, jangan campurkan misalnya dengan kursi makan yang terbuat dari besi atau plastik.

Dengan trik yang sebenarnya simpel, kemungkinan perabotanmu mengalami kerusakan saat pindahan rumah bisa dikurangi. Tertarik mencobanya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE