Gunung Pundak; Berwisata Sembari Beraktivitas Outdoor di Alam Bebas, Recomended untuk Pendaki Amatir

Puncak Pundak trek pendakian ringan dan pemangan alam yang istimewa

Bagi para pendaki gunung, tak ada salahnya mencoba mendaki Gunung Pundak yang berada di Taman Hutan Raya Raden Suryo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Pada ketinggian 1.500 MDPL ini, anda dapat menikmati indahnya matahari terbit di antara Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang. Gunung ini merupakan anak gunung Welirang yang memiliki keindahan alam dan membawa daya tarik sendiri bagi para pendaki gunung. Untuk mencapai puncak Gunung Pundak, para pendaki membutuhkan waktu sekitar dua jam. Sambil menikmati malam dan menunggu datangnya pagi atau sunrise, para pendaki bisa mendirikan tenda dan menikmati dinginnya angin malam di puncak Gunung Pundak. Kemunculan matahari terbit biasa dinanti dan menjadi momen penting untuk diabadikan para pengunjung. Gunung Pundak di Pacet Selatan Kabupaten Mojokerto bisa menjadi alternatif pilihan untuk berwisata sembari beraktivitas outdoor di alam bebas, lho! Yuk simak ulasan berikut! 

1. Pos pendakian yang dilalui

Menuju pos

Menuju pos via https://drive.google.com

Ada tiga pos di sepanjang jalur tracking atau pendakian yang dilalui. Jika berjalan secara pasti maka estimasi perjalanan hingga menuju puncak gunung sekira 2 jam. Di pos 1 dan 2 jalur pendakian akan melewati vegetasi hutan heterogen. Setelah berjalan masuk ke dalam hutan melewati pos tiga ke arah puncak akan ada sumber air yang berada di sebelah kanan. Dari titik sumber air itu sekira 10 menit bakal melewati hamparan padang sabana hingga menuju puncak. Sebagai penanda, ada plakat berukuran kecil di puncak Gunung Pundak.

2. Mendirikan tenda dan menikmati panorama puncak

Panorama hijaunya

Panorama hijaunya via https://drive.google.com

Advertisement

Sesampai di puncak gunung untuk area membuat base camp mendirikan tenda dome cukup luas. Selalu tempatkan pintu tenda dome berlawanan arah angin. Lebih disarankan pendaki berangkat pada malam hari agar mempunyai banyak waktu di puncak gunung untuk melihat sunrise dan pemandangan disekitaran. Di puncak gunung bisa melakukan aktivitas memasak dan makan bereng bersama pendaki lainnya. Panorama alam di puncak akan terlihat penuh bentuk Gunung Welirang menjulang tinggi. Di sebelah kiri tampak Gunung Penanggungan dan di arah sebaliknya Gunung Biru atau Pegunungan Anjasmoro.

3. Lokasi Gunung Pundak

Spot MT. Pundak

Spot MT. Pundak via https://drive.google.com

Gunung Pundak berada di kawasan punggung Gunung Welirang yang masih terjaga kelestariannya. Suhu udara di kawasan puncak Gunung Pundak cukup dingin. Sesekali kabut putih turun secara perlahan di area puncak. Lebih tepatnya, lokasi pendakian ini masih berada di kawasan Bumi Perkemahan Pacet, Taman Hutan Raya R Soerjo atau Wana Wisata Air Panas Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

4. Pengunjung dan pendakian

Biasanya paling ramai untuk aktivitas pendakian saat weekend, banyak rombongan pendaki yang mengajak keluarganya ke puncak Gunung Pundak. Pada saat weekend pendaki terbanyak sekitar 200 orang. Untuk hari reguler ada sebanyak 50 pendaki via jalur Bumi Perkemahan Pacet dan Taman Hutan Raya R Soerjo. Rata-rata pendaki lokal dan luar kota seperti Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Malang dam sekitarnya. Jalur pendakian ini aman, tracking-nya landai dan cocok untuk pendaki amatir dan keluarga yang membawa anaknya.

5. Itinerary Gunung Pundak

Pos perijinan untuk mendaki

Pos perijinan untuk mendaki via https://drive.google.com

Advertisement

Harga tiket pendakian ke gunung Pundak ini relatif terjangkau satu tiket Rp 10.200 untuk parkir mobil Rp 10.000 dan motor Rp 5000. Seluruh pengolahan ini merupakan wewenang dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur ini. Para pendaki nantinya akan diberi formulir untuk disisi sesuai rencana pendakiannya. Pendaki diminta untuk mematuhi seluruh peraturan norma sosial selama berada di gunung. Apabila, melebihi batas waktu sesuai yang ditulis di formulir akan ada sanksi berupa denda secara administratif. Gunung Pundak ini wisata edukasi untuk anak-anak agar lebih mengenal alam dan menghargainya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Nikmati lezatnya rasa dan peristiwa yang terbalut kata-kata

CLOSE