Hal-hal yang Harus Dimiliki Perempuan Sebelum Usia 30 Tahun, Mumpung Masih Muda!

Hal-hal yang harus kamu miliki dan kuasai sebelum usia 30 tahun, mumpung masih muda jangan sampe menyesal!

Ketika masih muda, siapapun pasti memanfaatkan masa itu untuk mengeksplor diri, menggapai banyak hal, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dikira memang ingin dan perlu untuk dilakukan. Hal itu tak terkecuali perempuan.

Masa muda ialah masa dimana jiwa dan raga masih kuat, suka berkelana pada hal-hal baru, dan rasa penasaran yang masih tinggi. Namun gunakan waktu muda juga untuk hal-hal yang memang berdampak positif untuk jangka panjang.

Kita harus bisa membedakan antara menikmati masa muda dan perlahan menyiakan-nyiakan kesempatan untuk bahagia menikmati masa depan. Padahal puncak hidup ini bukan hanya saat masih muda. Berikut hal-hal yang harus dicapai perempuan sebelum usia 30 tahun, yuk simak.

Advertisement

1. Hidup mandiri dan berani untuk lakukan apapun sendirian

Photo by Anna Shvets from Pexels

Photo by Anna Shvets from Pexels via https://www.pexels.com

Setiap apapun yang terjadi, kuasa sepenuhnya tetap ada pada dirimu. Terkadang ada beberapa alasan mengapa perempuan takut melakukan hal apapun sendirian, misalnya takut dicap tidak laku, memicu bahan gosip bagi orang sekitar, takut kehilangan pasangan, bahkan dianggap terlalu pemilih.

Namun alasan-alasan tersebut sebenarnya tidak benar, sebagai perempuan tidak perlu merasa takut apabila dianggap tidak laku dan terlalu pesimis. Setiap manusia telah diciptakan saling berpasangan.

Advertisement

Lakukan hal-hal apapun dengan bebas tanpa menghiraukan ejekan orang lain, karena ketika sudah berkepala tiga hal-hal yang ingin dinikmati sendiri serasa seperti terbatas apalagi ketika sudah menikah dan memiliki anak.

Dan setiap saat pun orang-orang tersayang dan yang saat ini berada di sekitarmu tak akan selalu siap untuk menolongmu dan selalu ada di sisimu.

2. Berbahagia dan bersyukur dengan hal-hal yang sudah dimiliki saat ini

Advertisement
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Penting untuk sejak dini dan saat masih muda menanamkan mindset dalam diri untuk belajar menerima. Bukan berarti ini untuk menjadikanmu orang yang tetap begitu saja, tanpa ada perubahan baik ke depannya, hanya saja ada beberapa hal yang memang berada di luar kendali dan kamu harus bisa belajar menerimanya.

Apabila hingga di usia 30 tahunan masih belum bisa untuk menerima diri sendiri, ini akan menyebabkan sakit hati yang menjadi penyakit psikologis dan untuk mengobatinya dan mencegahnya, diri sendiri yang tau bagaimana cara yang tepat.

Dengan bersyukur juga kamu akan dihindarkan dengan hal-hal yang mudah membuatmu gelisah dan pusing akan sibuknya membadingkan diri dengan orang lain.

Apalagi hidup ini bukanlah suatu pertandingan atau kompetisi yang akhirnya akan ditentukan siapa pemenangnya.

3. Belajar mengembangkan pikiran positif di dalam diri

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Terdapat beberapa asumsi orang-orang bahwa hal yang buruk dan merugikan ialah sebuah kesialan. Sebenarnya apabila kamu mau berpikir lebih jauh, kesialan sebenarnya hanya buah pikir negatif.

Dengan berpikir negatif pun, maka hal yang akan didapatkan juga negatif. Penting untuk perempuan memiliki pikiran positif selagi masih muda, karena ini akan menentukan mindset positif untuk memasuki usia 30 tahun ke atas.

Perlu untuk perempuan belajar memandang sesuatu dari segala sisi, bijak dalam mengatasi suatu masalah, meluangkan waktu untuk menenangkan pikiran, selalu bersyukur dan sering bertukar cerita dan sudut pandang dengan orang-orang terdekat dan terpercaya.

Manfaatnya ialah diri sendiri menjadi lebih positif dan terhindar dari stres, menjadi lebih percaya diri, dapat mengambil keputusan yang tepat, dan lebih baik dalam mengatur waktu, serta masih banyak lagi.

4. Dapat mengelola keuangan dengan baik dan tepat

Pandai dan cakap mengelola keuangan akan menjadi nilai tambah

Pandai dan cakap mengelola keuangan akan menjadi nilai tambah via https://www.pexels.com

Penting untuk perempuan bisa mengelola keuangan yang baik sebelum berusia 30 tahun ke atas. Perempuan kelak akan menjadi istri dan ibu sehingga cara mengelola keuangan ini penting untuk dikuasai selagi masih muda dan memiliki rencana keuangan yang baik dan jelas ketika saat memasuki usia 30 tahun ke atas.

Perempuan juga sebisa mungkin memiliki kebiasaan yang baik yaitu menabung, selain baik untuk jangka waktu ke depannya, kebiasaan ini juga menjadikan pribadi lebih hemat dan cerdas memilih sesuatu hal yang dirasa patut diprioritaskan.

Berinvestasi juga bisa dipilih untuk opsi selanjutnya dalam cara mengelola keuangan dengan baik. Sebelum terjun berinveastasi, maka perempuan harus paham apa saja aturan dalam berinveastasi, misalnya jumlah dana yang harus dialokasikan, memahami instrumen investasi dan hal-hal pokoknya, dan banyak membaca tentang buku atau artikel investasi.

5. Mempunyai rencana tentang masa depan

Photo by Keira Burton from Pexels

Photo by Keira Burton from Pexels via https://www.pexels.com

Dengan merencanakan masa depan, itu menjadi wujud kepedulianmu tentang bagaimana kamu di masa depan nanti.

Sebelum terlambat dan menyesal, alangkah baiknya kamu sudah memiliki rencana masa depan yang akan datang dengan jelas dan mantap.

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang ingin dicapai dan keadaan seperti apa yang ingin dirasakan di masa depan. Jika perlu dan agar tidak lupa, maka boleh saja menuliskannya di kertas dan tempelkan di tempat yang strategis yang selalu dengan mudah kamu lihat setiap hari.

Itulah hal-hal yang harus dimiliki perempuan sebelum usia 30 tahunan. Hal-hal yang sekiranya harus sudah siap dan matang dimiliki perempuan manapun saat ini.

Hidup di masa muda bukan hanya tentang senang-senang dengan menjelajah satu tempat ke tempat lain, namun diri sendiri juga harus perlu diperhatikan. Terkadang waktu masa muda juga tak terasa berlalu begitu cepat. 

Oleh sebab itu perlu untuk perempuan memiliki manajemen diri yang baik dan matang, apalagi di usia yang masih muda akan menjadi nilai tambah untuk diri sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Everything lowkey

CLOSE