Mengenal Britain Lebih Dekat Lengkap dengan Pesona Budaya

Kebudayaan barat sangat berbeda dengan kebudayaan Asia. Tentunya yang berlaku untuk negara UK yang satu ini, yang memiliki budaya yang cukup berbeda dengan negara barat lainnya. Dengan mempelajari kebudayaan mereka, jika anda ingin pergi kerja disana dan sekedar liburan maupun berangkat kuliah ke sana, Anda bisa mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan baik.

Berita baik untuk Anda adalah warga di United Kingdom ini cukup ramah dan senang membantu satu sama lain. Anda tidak perlu sungkan untuk memulai percakapan dan bertanya kepada mereka karena itu hal yang baik juga jika kita hendak berada di tempat yang tidak tahu arah jalan untuk berpegian. Maka untuk itu saya mempelajari sedikit tentang beberapa budaya-budaya yang sangat menarik dan luar biasa ramah di United Kingdom, yaitu:

1. Budaya gaya berpakaian

Kebiasaan berpakaian di Inggris cukup santai dan terlihat enak dipandang mata. Tidak terlalu sexy maupun hal yang kita ketahui tentang negara barat pada umumnya. Untuk Para mahasiswa mereka selalu menyesuaikan gaya berpakaian mereka sesuai dengan musim, Jika Anda akan menghadiri wawancara atau acara resmi, Anda cukup berpakaian rapi dan sopan.

2. Hubungan mahasiswa dengan dosen di kampus

kenyamanan

kenyamanan via http://www.umm.ac.id

Inggris dikenal sebagai negara terbaik untuk belajar Bahasa Inggris. Kursus Bahasa Inggris tersedia untuk semua tingkat. Kehidupan di kampus juga cukup bersahabat dan cenderung santai dan informal. Di UK, Anda tidak perlu malu-malu untuk bertanya kepada dosen maupun pegawai-pegawai lainnya.

Advertisement

Mereka sangat akrab jika ada mahasiswa yang ingin bertanya maupun mengobrol sejenak. Maka dari itu para staf kampus cukup dekat dengan para mahasiswa, di mana para mahasiswa selalu didorong untuk datang ke kantor dan mendiskusikan apa saja, dari kesulitan dalam belajar hingga masalah pribadi. Mayoritas kampus juga menyediakan perkumpulan mahasiswa dan pelayanan khusus untuk mahasiswa internasional.

3. Budaya saling menyapa dan mengobrol

budaya saling sapa

budaya saling sapa via https://gaya.tempo.co

Bila Anda ingin menyapa mereka, untuk pertama kalinya Anda cukup melakukannya dengan jabatan tangan serta kontak mata, ini termasuk penting untuk menunjukkan kesungguhan Anda. Tetapi kontak mata yang berlebihan dianggap mengganggu, jadi jangan terlalu lama-lama menatap mereka jika hendak ingin mengobrol.

Di UK, menanyakan usia dan pendapatan seseorang dianggap tidak sopan, ini adalah salah satu hal yang sangat menarik dari mereka. Bila Anda ingin memulai percakapan dengan kenalan baru Anda, Anda bisa mengobrol seputar kabar mereka, apa yang mereka kerjakan atau berkomentar tentang cuaca. Mereka juga mungkin terlihat pendiam untuk pertama kalinya kalain bertemu, tetapi begitu Anda mulai mengobrol dengan mereka, Anda akan menemukan bahwa mereka adalah pribadi yang ramah dan menyenangkan.

4. Budaya cara berinteraksi antar usia muda dan dewasa

Advertisement

Mereka para pria dan wanita dipandang setara di UK. Dibandingkan dengan negara Asia dan negara lainnya, hubungan berinteraksi pria dan wanita lebih informal. Cara berinteraksi tergantung usia dan status juga. Jika untuk pertama kalinya Anda masih bingung, perhatikanlah orang sekitar Anda, bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi dan mengajak mereka untuk berjalan-jalan.

5. Budaya saat di meja makan

cara sopan

cara sopan via https://medium.com

Budaya ini cukup kontinental, saat mereka duduk di meja makan haruslah saling mempersilahkan satu sama lain. Dalam memulai makan gunakanlah garpu dengan tangan kiri dan pisau dengan tangan kanan. Jika Anda telah selesai makan, tunjukkanlah dengan menepikan pisau dan garpu Anda di sebelah kanan piring Anda.

6. Budaya konsisten menghargai waktu

Mereka sangat menghargai waktu, pastikanlah Anda selalu hadir tepat waktu untuk semua undangan dan acara pesta walaupun itu hanya informal. Jika Anda diundang untuk makan malam, bawalah sebotol wine atau coklat atau bunga untuk tuan rumah. Jika Anda diundang ke pesta, bawalah minuman untuk dinikmati beramai-ramai.

Di UK pada umumnya merupakan negara multikultur dengan residen dari berbagai negara. Jadi warga-warga lokal sangat terbuka bagi kebudayaan asing, sangat toleran dengan masyarakat pendatang dan mereka akan menyambut kedatangan para pendatang internasional dengan baik.

7. Budaya waktu rutin berolahraga

budaya berolahraga

budaya berolahraga via http://hurek.blogspot.com

Di UK olahraga merupakan bagian hidup mereka. Dari sepak bola hingga rugby, bersepeda hingga lomba lari, warga Inggris senang terlibat dalam kegiatan olahraga. Anda juga bisa bergabung dengan banyak gym dan menemukan banyak taman-taman indah sebagai tempat bersepeda. Universitas-universitas juga sering menyelenggarakan kegiatan olahraga.

Mulai dari olahraga umum seperti sepak bola dan netball, hingga olahraga unik seperti capoeira dan tari perut. Dengan bergabung dengan kegiatan olahraga di Inggris tidak hanya membantu Anda untuk menjaga kesehatan, tetapi juga merupakan cara yang sangat baik untuk bersosialisasi. Anda bahkan bisa bergabung dengan klub hiking untuk menikmati keindahan pegunungan seperti Mount Snowdon di North Wales.

8. Budaya pertunjukan seni dan teater

Teater dan pertunjukan sangat populer di masyarakat UK. Di London Anda bisa menemukan berbagai pertunjukan tarian, drama, dan musikal. Pertunjukan selalu mengadakan tour keliling kota, dan teater terdapat di berbagai penjuru Inggris. Di UK merupakan negara yang kaya sejarah. Akan sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan waktu kuliah Anda untuk mengenal dan mempelajari sejarah Inggris.

Anda bisa mengunjungi berbagai istana, gereja bersejarah dan arsitektur-arsitektur menarik lainnya yang akan memberikan Anda gambaran mengenai sejarah Inggris yang panjang.

Itulah beberapa budaya yang saya rasa bisa anda pelajari sebagai proses untuk bisa beradaptasi di UK.

#AyoKeUK

#WTGB

#OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya