Bagi sebagian orang masa-masa kuliah mungkin paling berkesan dan menyenangkan. Kamu tidak lagi memakai seragam seperti masa SMA, suasananya pun berbeda dengan sekolah. Saat baru masuk kuliah, kamu sangat bersemangat hingga dihadapkan dengan banyaknya tugas dan aktivitas lainnya yang menyita waktumu bahkan kadang bisa buat stress. Apalagi ditakut-takuti dengan skrispi oleh senior, menambah beban pikiran. Tetapi karena adanya teman-teman yang selalu bisa membuat tertawa dan saling support, sehingga kamu tetap optimis untuk lulus tepat waktu. Dan Horeeeee !, wisuda tepat waktu bersama sahabat yang berjuang bersama selama 4 tahun. Bahagia dan bangga bisa menyelesaikan kuliah hingga memperoleh gelar sarjana, tapi juga sekaligus galau karena banyak hal yang akan berubah selanjutnya. Momen-momen kebersamaan dengan teman se-kampus adalah hal yang sangat dirindukan nanti saat kamu sudah tidak kuliah lagi.

1. Kamu akan bersemangat untuk mencari pekerjaan impianmu, tapi kenyataannya enggak semudah apa kamu yang dibayangkan

Fresh graduate yang siap mencari pekerjaan

Fresh graduate yang siap mencari pekerjaan via https://www.inc.com

Setelah selesai euphoria wisuda, kamu akan mulai memikirkan karir. Sebagai fresh graduate, belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, kamu harus berusaha mencari informasi pekerjaan dari berbagai sumber, lalu dengan penuh semangat apply cv ke perusahaan-perusahaan yang diinginkan. Tetapi, perusahaan yang dilamar tak kunjung memberikan balasan kemudian membuat kamu sadar bahwa setelah lulus kuliah dan kamu menyandang status pengangguran kamu akan menghadapi kehidupan yang membutuhkan perjuangan. Enggak cukup kalau kamu cuma mengandalkan IPK yang tinggi, kamu akan bersaing dengan begitu banyak orang dari berbagai universitas lainnya. Oleh karena itu kamu harus mempunyai skill maupun attitude yang bisa mendukung ijazahmu pada saat bersaing untuk memperoleh pekerjaan dan tentunya jangan menyerah.

2. Kamu mulai galau merindukan kehidupan di kampus dengan sejuta kenangannya

Kampus dengan kenangannya

Kampus dengan kenangannya via http://dailyorange.com

Belum lama setelah lulus, kamu udah merindukan masa-masa di perkuliahan. Kamu ingin kembali kemasa itu, bermain dengan teman-teman , segala bentuk aktivitas di kampus, rindu akan tugas-tugas yang udah deadline sampai-sampai rela begadang hingga subuh. Apalagi bagi yang memiliki gebetan di kampus, karena setelah lulus kamu tidak akan bertemu dengan dia sesering saat masih kuliah dulu. Tapi saat kamu akan berkunjung ke kampus, kamu pun merasa canggung karena suasananya pasti berbeda dengan status kamu sebagai alumni.

3. Memikirkan untuk lanjut kuliah

Lanjut pascasarjana

Lanjut pascasarjana via https://www.askmen.com

Advertisement

“Pengen sih lanjut lagi kuliah S2, tapi di sini enggak ada. Siap enggak yah kalau harus merantau?”

Kamu ingin melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya, tapi dari kecil kamu udah terbiasa tinggal sama orang tua dan belum pernah merantau sebelumnya. Karena itu kamu mulai galau untuk menentukan tempat yang ingin dituju, dan kamu akan mulai mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat tersebut, maupun kehidupan disana. Saat kamu ingin merantau , kamu akan berhadapan dengan tempat baru dan harus mandiri tanpa tergantung dengan orang tua.

4. Setelah wisuda selesai, tidak hanya pekerjaan tapi juga kamu udah harus memikirkan untuk memiliki keluarga. Menikah!

Menikah juga jadi prioritas selain pekerjaan

Menikah juga jadi prioritas selain pekerjaan via https://www.askmen.com

Biasanya setelah wisuda kita akan dihadapkan pada pertanyaan “kapan nikah?”. Kadang orang tua juga menuntut anaknya untuk segera menikah saat kuliahmu udah selesai. Nah, karena itu selain memikirkan pekerjaan, kamu juga sudah harus memikirkan untuk menikah lalu memiliki anak. Kamu enggak punya waktu untuk bersantai-santai lagi, karena banyak hal yang harus dikejar. Enggak mau dong yah karena terlalu sibuk dengan karir, sampai lupa kalau kamu semakin menua dan belum menikah. Jadi, kamu juga harus mempunyai target untuk menikah loh ! ingat orang tuamu sudah menginginkan cucu yang lucu.

5. Keinginan untuk membuka usaha, menjadi entrepreneur muda. Tapi belum ada pengalaman, dan modal. Gimana yah?

Pengusaha muda yang sukses

Pengusaha muda yang sukses via https://www.askmen.com

Advertisement

Mahasiswa juga dituntut untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan, oleh karena itu semasa kuliah biasanya ada mata kuliah kewirausahaan. Indonesia memiliki banyak pengusaha muda yang sukses, kamu pun ingin mengikuti jejak mereka. Begitu banyak ide-ide yang ingin diimplementasikan, tapi kamu mulai galau karena tekad saja tidak bisa untuk memulai usaha, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan seperti modal dll agar usahamu tidak mandet ditengan jalan. Akhirnya kamu pun mencoba mulai menjadi tenaga freelance maupun mencari pekerjaan terlebih dahulu untuk mendapat pengalaman danbisa mengumpulkan modal untuk menjalankan usahamu kelak.

6. Kamu tidak memiliki waktu untuk berkumpul dengan sahabat, karena kesibukan masing-masing

Rindu dengan kebersamaan dulu

Rindu dengan kebersamaan dulu via https://www.shutterstock.com

“Setelah lulus, kita harus sering ngumpul lagi ya guys”

Kalimat itu yang sering muncul sebelum kelulusan tiba. Sampai pada kenyataan, setelah lulus kuliah semua akan sibuk masing-masing dan enggak ada waktu untuk sering-sering nongkrong lagi kayak dulu. Ada yang sibuk dengan kerjaan, pindah keluar kota maupun ada teman yang langsung menikah dan harus mengurus keluarganya. Akhirnya kamu pun merindukan momen kebersamaan bersama sahabat sewaktu masih kuliah.

Kita akan menghadapi banyak tantangan maupun pelajaran setelah lulus kuliah. Kita akan berhadapan dengan kehidupan yang selalu membutuhkan perjuangan, oleh karena itu sebelum kamu lulus kuliah buatlah target yang ingin kamu capai kelak agar waktumu tidak terbuang sia-sia. Apapun kegalauan yang kamu alami, tetap lah optimis kalau kamu juga bisa sukses, gunakanlah ilmu yang didapat di perkuliahan untuk masa depanmu yang cerah maupun untuk masyarakat.

Jadi, dari 6 hal diatas kamu pernah ngalamin yang mana aja niih? Atau ada hal-hal lain yang buat kamu galau setelah lulus.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya