Sering kali itu yang ditanyakan oleh banyak orang ketika tau kita sebagai anak jurusan tata boga. Seneng sih dibilang pinter masak, kebanyakan orang yang awam mikirnya kaya gitu ketika kenal sama anak tata boga. Tapi tau ga sih sebagai anak tata boga kita juga masih belajar dan ga setiap belajar di kampus itu selalu masak hehe. Keterampilan seseorang itu harus dilatih bukan hanya dipelajari secara teori saja. 

Sedikit bicara tentang teori dulu laaah hehe :))

Sebagaimana penelitian Vernon Magnesen mengemukakan bahwa "ingatan yang dilakukan dengan membaca sebanyak 20%, mendengar 30%, melihat 40%, mengucap 50% melakukan sebanyak 60% dan melihat, mengucap, mendengar dan melakukan sebanyak 90%". 

Wah maka dari itu untuk menunjang ilmu yang kita dapatkan di tata boga tambah mantap berkut hal-hal wajib yang kamu lakukan sebagai  tata mahasiswa atau siswa tata boga. 

1. Wisata kuliner

Burger Sonoma via http://www.selerakita.id

Sering-seringlah wisata kuliner, ketika kalian punya uang sisihkan sekali-kali buat wisata kuliner. Bukan cuma memakan makanan yang enak tapi juga analisis bahan dan tampilan makanan itu, ko bisa enak ya dan memiliki nilai jualnya.

2. Casual

Waiter catering wedding via http://www.aysstaff.com

Jadi pegawai harian di tempatwedding cateringbukan hal yang buruk ko. Selain dapat uang hasil kerja keras sendiri, kalian juga dapet pengalaman cara membuat aneka makanan utama danstall wedding, nah ini yang penting buat anak kosan kalian bisa perbaikan gizi! yeah kalian bisa coba tester makanan di tempat persiapan ya bukan di tempat berlangsungnya acara.

3. Ikut lomba masak

Lomba memasak FKHB UPI 2015 via http://berita.upi.edu

Advertisement

Nah, kalo ada kesempatan lomba masak segera ikutan. Tidak ada kemenangan tanpa perjuangan dan pengorbanan, walaupun pada awalnya kalian harus bayar biaya pendaftaran dan beli bahan masakan gapapa itu adalah salah satu bentuk pengorbanan kalian. Jika dalam lomba kalian menang itu bonus atas perjuangan dan pengorbanan yang telah kamu lakukan, tapi kalo kalah gapapa yang legowo aja toh kalian dapat pengalaman dan ga bisa digantikan dengan uang kan :D. So, don't worry guys!

4. Ikut komunitas memasak

Komunitas memasak via http://www.telegraph.co.uk

Ilmu itu bisa kamu dapet dari mana aja loh, apalagi sekarang mudah banget dengan adanya internet. Selain dari sumber internet kamu juga bisa ikutan komunitas yang punya hobi sama yaitu memasak. Kalian bisa ngadain acara kongkow bareng sambil demo masak atau bisa juga bertukar ide mengenai makanan dan resep.

5. Masak di rumah

Mother daughter cooking together via http://www.telegraph.co.uk

Jangan sampai kedapetan disebut mamah atau papah kalian di rumah "Katanya anak Tata Boga.. Kok jarang masak sih"

Advertisement

Nah, salah satu implementasi nyata ilmu yang kalian di kampus atau sekolah. Nggak ada salahnya bahagiain orang tua dan saudara di rumah untuk mencicipi masakan terbaikmu. Pasti mereka bahagia dan bangga kok 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya