5 Hal Sederhana Sarat Makna dan Hanya Bisa Dipahami oleh Kamu yang Sudah Dewasa

Hal sederhana saat dewasa

Percayalah bahwa kata dewasa tak hanya sekedar persoalan usia. Dewasa adalah tentang karakter, dan sudut pandang. Semakin kalian terbuka pada pelajaran hidup yang telah kalian pelajari setiap hari, maka tentu seharusnya kamu akan berproses menjadi sosok pribadi yang lebih dewasa.Jangan pernah membatasi dirimu untuk menjadi pribadi yang berkembang.

Selama kamu masih hidup, selama kamu masih sanggup untuk bernafas, maka berproseslah. Berproseslah menjadi sosok yang tidak hanya sekedar tumbuh. Berproseslah menjadi sosok yang tidak hanya sekedar bijaksana namun juga dewasa.

So, guys. Berikut ini adalalah 5 hal sederhana yang sarat makna, tentunya cuma kamu yang betul-betul paham apa arti 5 hal di bawah ini. Check this out!

Advertisement

1. Bahagiamu adalah hak dan kewajibanmu. Bukan hak dan kewajiban orang lain!

Happy by Pedro Sandrini

Happy by Pedro Sandrini via https://www.pexels.com

Jangan pernah berharap lebih pada siapapun dalam bentuk apapun. Dan jangan pernah berharap sesuatu hal dengan porsi yang lebih. Karena segala sesuatu yang berlebihan sejujurnya justru akan membuatmu sakit berlebihan juga.

Lebih baik, berharaplah dengan prosi yang biasa-biasa saja. Karena pada kenyataanya, tidak semua kesalahan dan sakit hatimu terletak pada orang yang menyakitimu. Ingatlah, bahwa orang lain tidak berkewajiban untuk membahagiakanmu.

Advertisement

Dan kamu pun juga tidak berkewajiban untuk membahagiakan orang lain. Yang artinya kamu tidak perlu meredam perasaanmu ataupun emosimu hanya karena kamu ingin membahagiakan orang lain. Ingatlah, bahwa kamu itu penting, dan perasaanmu pun juga penting. Bukannya egois, hanya saja perlu disadari bahwa membahagiakan diri sendiri itu juga perlu.

2. Tetaplah berbuat baik, sekalipun tidak semua orang berbuat baik

Give by Tear Cordez

Give by Tear Cordez via https://www.pexels.com

Ungkapan diatas memiliki makna bahwa kebaikan tidak pernah memandang orang. Saat kalian bergubungan dengan orang tidak baik, bukan berarti bahwa kalian pun juga harus berubah menjadi tidak baik.

Guys, ingatlah. Jadilah seseorang yang tidak hanya berwibawa namun juga bermatabat. Jadilah seseorang yang tidak hanya mampu disegani namun juga mampu mempertahankan apa yang kamu anggap benar tanpa peduli tentang apa yang orang lain nilai ataupun katakan.

Advertisement

3. Hanya yang tulus yang akan tetap tinggal dan bertahan

Friendship by Simon Maage

Friendship by Simon Maage via https://unsplash.com

Kalian pasti akan mengalami, bahwa semakin dewasa kita maka akan semakin berkurang teman kita. Tidak hanya itu. Mungkin kalian akan mengingat, bahwa beberapa banyak orang yang memilih pergi dan bertahan di sisimu. Bagi mereka yang tetap bertahan di sisimu, selamat.

Mereka adalah orang-orang yang tulus denganmu. Sementara mereka yang pergi?Janganlah bersedih, karena nantinya kalian pasti akan bertemu dengan sosok yang benar-benar tulus, entah teman ataupun pendamping.

4. Hidupmu akan berjalan sesuai dengan kata hatimu

Life by Anubhav Saxena

Life by Anubhav Saxena via https://unsplash.com

Guys, kita semua mengetahui bahwa kita hidup tidak untuk kemauan orang lain. Kita hidup atas dasar diri kita yang berkehendak dan atas dasar keinginan kalian. Maka dari itu, jikalau kalian semua masih saja terpengaruh ddengan keinginan ataupun kemauan orang lain atas hidupmu, tentu saja hal tersebut menandakan bahwa kamu belum menjadi sosok yang dewasa, karena kamu hanyalah alat yang digunakan untuk memenuhi hasrat ataupun keinginan mereka.

5. Kalau egomu masih setinggi langit, itu artinya kamu belum dewasa

Childhood by Annie Spratt

Childhood by Annie Spratt via https://unsplash.com

Apa- apa harus dituruti, selalu ingin diprioritaskan dalam setiap hal terutama dalam sebuah hubungan, tidak pernah mau mengalah dalam segala hal dan masih menjadi orang yang selalu merasa paling benar?

Well, selamat. Itu tandanya kamu masih belum beproses dan berubah menjadi sosok yang dewasa. Percayalah, dengan ke-aku-anmu yang tinggi justru cenderung akan membuat seseorang merasa muak dan bosan dengan tinngkah kekanak-kanakanmu itu.

ketahuilah guys, bahwa sejatinya dewasa adalah tentang bagaimana cara kamu bersikap. Tidak hanya tentang bagaimana cara kamu bersikap, namun juga tentang bagaimana cara kamu dapat memposisikan dan menempatkan diri sebaik mungkin. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Selalu merasa bahwa hidup ini hampa tanpa pedasnya sambal bawang. Dan selalu merasa bahwa Jogja adalah kota teromantis didunia

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE