Kegiatan yang dilakukan sehari-hari membuat kita sibuk. Berpedoman pada manusia adalah makhluk sosial, setiap individu bertemu dengan orang lain setiap harinya untuk bersosialisasi. Di penghujung hari kadang kita merasakan jenuh, lelah dari berbagai kegiatan yang sudah dilalui. Seiring dengan beragamnya karakter manusia dan merasa bosan dengan aktivitas yang berulang setiap harinya, seseorang membutuhkan recharge energi untuk melepaskan rasa penat yang dirasakan.

Semisal gelas yang terisi penuh, untuk dapat mengisinya kembali maka kita harus dapat mengosongkan gelas tersebut terlebih dahulu.  Sama seperti yang sedang kita rasakan, untuk dapat bangkit kembali diperlukan recharge energi. Sering kita dengar mengenai kepribadian introvert dan extrovert. Hal lain ada pula ambivert. Namun seperti apa sebetulnya tipe kepribadian tersebut ?.

Tipe kepribadian tersebut merujuk pada cara kita mengisi ulang energi untuk kembali dapat menghadapi hari. Introvert merujuk pada cara seseorang recharge energi dengan cara melakukan me time dengan melakukan sesuatu atau bahkan tidak melakukan apapun dengan dirinya sendiri. Semisal tidur, mendengarkan musik, menonton film dan sebagainya. Tipe ini cenderung memilih jalan untuk tidak berada dengan keramaian ketika membutuhkan recharge energi.

Tipe extrovert merujuk pada cara seseorang untuk recharge energi dengan membutuhkan orang lain atau berada pada keramaian, yang penting dia tidak merasakan kesendirian. Semisal dengan bertemu teman-teman lama, bercengkrama dengan keluarga, menelepon pasangan, nonton bareng, bahkan karaoke bareng. Sedangkan ambivert merupakan gabungan dari keduanya, orang dengan tipe ini mampu untuk recharge energi dengan kedua cara tersebut.

Alternatif kegiatan apa saja yang saya lakukan ketika sedang membutuhkan recharge energi?

1. Tidur merupakan salah satu pilihan cara recharge energi

Julie Johnson

Julie Johnson via http://unsplash.com

Advertisement

Tidur merupakan hal esensial bagi manusia. Kualitas tidur yang baik akan mampu membangkitkan energi yang cukup. Tidur lebih lama belum dapat dikatakan cara yang baik mengingat kualitas dari tidur adalah yang penting. Pastikan jam tidurmu cukup sesuai kebutuhan. Semakin bertambah usia, semakin sedikit kebutuhan tidur seseorang.

2. Melakukan hobi secara rutin

Nadim Merrikh

Nadim Merrikh via http://unsplash.com

Hobi yang dilakukan akan terasa lebih menyenangkan dibandingkan dengan melakukan sesuatu yang tidak kita sukai. Contohnya saya mengikuti kegiatan menari secara rutin sebagai recharge energi saya tiap minggunya. Gerakan tubuh yang dilakukan ketika kita menekuni hobi dapat membantu untuk melepaskan energi negatif dan emosi negatif dalam diri.

3. Mencurahkan isi hati dan pikiran dengan cara menulis

Thought Catalog

Thought Catalog via http://unsplash.com

Menulis juga mampu untuk membantu recharge energi. Gerakan berulang ketika menulis menggunakan alat tulis maupun mengetik pada keyboard dengan menggerakkan jari-jari tangan dapat membantu menuangkan segala hal yang terjadi pada diri melalui tulisan, hal ini mampu memberikan rasa puas tersendiri bagi si penulis.

4. Berjalan-jalan ke tempat yang belum pernah dikunjungi, baik sendiri atau dengan teman

Shvets Anna

Shvets Anna via http://pexels.com

Advertisement

Mulailah berjalan-jalan ketempat yang jarang atau bahkan belum pernah kalian kunjungi seperti taman, perpustakaan bahkan museum.

Pergerakan dalam berjalan membuat kita secara tidak langsung melakukan olahraga gratis sekaligus memberikan kita pengetahuan baru jika kita berjalan-jalan ke tempat seperti museum dan perpustakaan untuk membaca buku-buku yang mungkin tidak kita miliki, tentunya secara gratis.

Hal ini merupakan cara recharge mudah dan terjangkau yang dapat kita lakukan jika tidak memiliki banyak waktu luang untuk pergi berlibur.

5. Memberikan reward kepada diri sendiri

Kira auf der Heide

Kira auf der Heide via http://unsplash.com

Ketika kita sudah merasa penat dengan kegiatan sehari-hari, jangan lupa untuk memberikan reward kepada diri sendiri. Seperti sekedar makan di luar rumah, membeli buku atau kebutuhan yang lama diinginkan adalah contoh reward untuk diri sendiri. Jangan pelit-pelit dengan diri sendiri ya.

Tentukan seberapa rewardmu, sesuaikan dengan diri sendiri, karena membuat diri sendiri bahagia itu adalah hal pertama yang diperlukan untuk recharge energi diri.

Tetap sesuaikan dengan cara recharge masing-masing ya. Karena karakter orang sangat unik dan beragam, tentunya semua memiliki pilihannya masing-masing. Selamat recharge energi, semoga harimu menyenangkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya