6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Membuat Event Kamu Sendiri

membuat event

Di zaman sekarang, sudah banyak sekali pengadaan event-event yang menarik, seperti event konser, talkshow, dan lain-lain. Apalagi dengan mengadakan event, kita bisa mengalami keuntungan yang cukup banyak. Jika kamu tertarik membuat event kamu sendiri. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan, yuk di cek

Advertisement

1. Pembentukan tim

Sebelum memulai mengadakan event, pastikan membuat tim terlebih dahulu. Seperti siapa yang akan menjadi ketua, sekretaris, bendahara dan lainnya.

Dan pastinya untuk melakukan pembentukan tim harus memiliki orang-orang yang dipercaya untuk bertanggung jawab terutama para tim bagian inti.

Advertisement

2. Saling komunikasi antar panitia

komunikasi

komunikasi via http://dimaspratama20.com

Selalu melakukan komunikasi antar anggota, agar tidak terjadinya miss communication. Komunikasi antar panitia harus terjaga dan juga biar tidak terjadinya konflik antar panitia demi lancarnya berjalan event yang akan diadakan.

3. Melakukan prosedur survey

Prosedur ini sangat penting sebelum mengadakan event, bagaimana kita membuatnya tetapi tidak bisa melihat apa yang menarik di masyarakat.

Maka dari itu hal yang harus dilakukan melalukan prosedur ini, kita harus mencari apa yang diinginkan masyarakat, event yang seperti apa yang membuat masyarakat untuk berkunjung ke event kita.

Advertisement

4. Membuat proposal sponsor

Hal ini juga sama seperti sebelumnya, karena dalam mengadakan event, kita pasti bakalan butuh dana dan dana tersebut bisa kita dapatkan melalui sponsor.

Dalam melalukan hal ini, kita harus memiliki skill bicara agar para sponsor tertarik ke event yang akan kita adakan lalu jika sponsor tertarik, maka kita akan mendapatkan dana melalui sponsor. Serta juga, kita harus membuat proposal yang menarik di para sponsorship.

5. Menghubungi pihak guest star

guest star

guest star via https://www.pinterest.com

Untuk melalukan hal ini, kita harus harus menghubunginya jauh sebelum hari diadakan event. Setidaknya butuh 3-6 bulan sebelum mengadakan event, kita harus menghubungi pihak guest star tersebut.

Apalagi jika pihak guest star yang kita undang sudah terkenal dan punya banyak jam terbang, itu akan sulit jika tidak dipersiapkan secara matang dan lama.

6. Pengumpulan dana

Dalam hal ini, kita harus melakukan pengumpulan dana dari panitia. Karena tidak semua sponsor untuk menyetujui bahwa mereka akan memberikan dana mereka.

Oleh karena itu, sebagai panitia harus melakukan pengumpulan/iuran dana untuk mengadakan event kita. Dan pastikan dalam melakukan iuran dana tersebut, para panitia tidak keberatan mengenai nominal iuran yang diinginkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa,

CLOSE