Waktu terus berjalan dan tahun terus berganti, hari demi hari sumber daya manusia kian bertambah begitu pula dengan kebutuhan hidup dan sebagainya.Dengan demikian manusia harus bekerja untuk memenuhi setiap kebutuhan hidup mereka, maka kebutuhan akan lapangan kerja ikut bertambah. 

Namun sayangnya kebutuhan lapangan kerja tidak selalu terpenuhi. Hal ini mengakibatkan dunia lapangan kerja menjadi ajang persaingan yang sangat ketat, maka pencari kerja harus mempunyai syarat yang mumpuni untuk bisa bersaing dalam dunia kerja tersebut.

Gelar akademik seperti sarjana saja tidak dapat menentukan dan menjanjikan seseorang bisa mendapatkan pekerjaan. Karena selain hal akademik, para pelamar atau pencari kerja butuh beberapa aspek lain yang bisa membuat mereka mendapatkan pekerjaan, apa saja itu?

1. Soft Skill

Soft skill adalah suatu kemampuan atau keterampilan yang ada pada setiap individu. Soft skill juga suatu kemampuan pada diri sendiri yang berkaitan dengan emosional, kepribadian dan digunakan untuk diri sendiri. Contohnya pengendalian emosi, berpikir positif, dapat menerima nasihat, dan menasehati diri sendiri.

Selain itu juga, soft skill dapat diartikan kemampuan berkomunikasi ataupun berinteraksi dengan orang sekitar seperti cara dan gaya dalam berbahasa, keramah-tamahan, dan lain – lain.

Advertisement

Intinya soft skill adalah kemampuan mengendalikan diri sendiri atau yang berhubungan dengan aspek sosiologi dan kemampuan seseorang dalam berinteraksi.

2. Hard Skill

Hard skill seorang pekerja

Hard skill seorang pekerja via http://www.komunikasia.com

Apa itu hard skill?

Jika soft skill adalah perwujudan kemampuan dalam mengendalikan diri sendiri, maka hard skill adalah kemampuan yang kamu pelajari seumur hidup. Seperti kemampuan teknis atau akademik yang dipelajari di sekolah maupun bidang ilmu yang digeluti seseorang seperti kemampuan kecerdasan akademis, teknik dalam pekerjaan atau profesi tertentu.

Advertisement

Intinya hard skill adalah kemampuan seseorang mengetahui atau bisa melalukan teknik – teknik dasar dalam bidang yang ia geluti.

3. Faktor Pendukung Soft Skill dan Hard Skill

Faktor - Faktor Pendukung

Faktor – Faktor Pendukung via http://www.kyndle.us

  • Kreativitas merupakan aspek paling dicari perusahaan dari para kandidat, karena dianggap dapat menunjang perusahaan tersebut dan menjadi ujung tombaknya. Inovasi dan produk baru dapat tercipta dari mereka dan dapat membuat perusahaan itu kompetitif di pasar.
  • Leadership adalah sebuah kemampuan yang dapat memberikan suggest kepada orang lain agar dapat bertindak sesuai rencana yang sudah disepakati. Walaupun tidak semua orang senang menjadi seorang pemimpin, namun soft skill ini wajib dimiliki seseorang.
  • Public Speaking adalah sebuah proses penyampaian informasi yang diberikan oseseorang atau kelompok kepada audiens menyangkut sebuah topik pembahasan. Tidak hanya menyampaikan informasi atau presentasi, public speaking juga bisa bersifat menghibur, mempengaruhi dan sebagainya. Biasanya juga didukung dengan alat–alat presentasi. Public speaking sangat penting di beberapa perusahaan karena dituntut menyampaikan aspek atau gagasan tertentu dalam sebuah presentasi dan sejenisnya.

4. Rasa Ingin tahu

Bertanya - tanya

Bertanya – tanya via https://www.arah.com

Rasa ingin tahu adalah suatu emosi yang berkaitan dengan dorongan perilaku ingin mengetahui hal – hal yang baru. Seperti investigasi, belajar, pembuktian, eksplorasi, dan sebagainya.

Maka dari itu, seseorang yang bekerja dalam sebuah perusahaan disarankan untuk mengubah kebiasaan individu yang biasa mereka lakukan. Seperti selalu mengasah kemampuan berpikir dan selalu bertanya "mengapa?","kenapa?" dan "bagaimana?" pada orang yang lebih mengerti.

Karena hal tersebut selain menambah wawasan yang termasuk kedalam hard skill juga dapat membuatmu terlihat menonjol dan selalu menjadi salah satu yang dipertimbangkan ketika perusahaan mengambil sebuah keputusan.

Adapula hal penting lain seperti seorang wajib atau bisa mengatur waktu bekerja mereka ataupun siap menyesuaikan waktu sesuai dengan tuntutan pekerjaan atau perusahaan yang mereka geluti.

5. Mengerti Media sosial

Yang terakhir adalah update dengan dunia digital. Semakin berkembangnya tekonologi, skill dalam mengolah informasi dan mendapatkan informasi juga sangatlah penting. Tidak sedikit juga perusahaan yang menuntut para pekerjanya untuk dapat selalu mengikuti dan bisa mengoperasikan media sosial.

Demikian beberapa hal yang wajib kamu punya ketika ingin terjun ke dunia kerja. Beberapa hal di atas tidaklah selalu mengikat karena semua tergantung dengan bidang yang kamu geluti. Namun tidak ada salahnya jika kamu mempelajari hal – hal tersebut

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya