Bulan Ramadhan atau bulan puasa, bulan dimana umat muslim yamg beriman diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, yang secara pengertian awam menahan lapar dan haus dari waktu yang telah ditentukan yaitu dari terbit fajar(imsak) hingga adzan magrib tiba.Bulan Ramadah juga memiliki beberapa nama yaitu :Bulan penuh rahmat, magfiroh dan berkah nama-nama tersebut tidak sembarangan disematkan. Dalam ramadhan pula segala macam ibadah akan dilipat gandakan seperti diterangkan dalam beberapa Sabda Nabi Muhammad dan ayat Al Quran.

Tapi di Indonesia sendiri ada beberapa ciri khas Ramadhan yang sering terjadi pada saat Ramadhan datang. Berikut Ramadhan yang khas di Indonesia:

1. Pelawak mendapatkan berkah

Pelawak mendapatkan berkah via http://tvguide.co.id

Begitu istimewanya bulan ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi banyak orang, misalkan para pesohor negeri, muslim ataupun non muslim lebih utamanya para pelawak. Para pelawak bisa merasakan betul berkah saat bulan ramadhan, dari waktu berbuka mereka muncul, waktu sahur pun mereka tetap menghibur. Begitu laris nya para pelawak tersebut pada bulan ramadhan menjadi berkah tersendiri.

2. Bukber Plus Reunian

Bukber plus Reunian via http://bathekistik.blogspot.com

Hal lain yang selalu ada di bulan ramadhan adalah acara buka bersama plus reunian, teman seangkatan SD sampai era kuliah. Pada bulan ini acara reuni memang marak dilakukan, entah kenapa juga pada bulan ramadhan ini menjadi suatu tren tersendiri di Indonesia untuk reunian sambil berbuka bersama. Ada sebagian yang berkata agak cukup sulit mengumpulkan teman saat bulan biasa tapi pada saat bulan ramadhan agak lebih mudah. coba hitung di bulan puasa berapa kali kalian dapat undangan buka bersama plus reunian?

3. Tingkat Inflasi

Advertisement

inflasi selalu naik di bulan Ramadhan via http://www.kopinsabapindatar.info

Khas dari ramadhan khusunya Indonesia adalah tingkat inflasi. Data Badan Pusat Statistik inflasi pada Ramadhan 2015 lalu yang jatuh pada bulan Juni dan Juli di angka 7,26%. Angka inflasi tertinggi pada tahun 2015 lalu. Meski inflasi Januari- Mei 2016 di kisaran angka 3%-4% lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tapi tidak menutup kemungkinan inflasi bulan Juni lebih dari rata-rata inflasi bulan seblumnya

4. Rating Adzan Maghrib

hal yang paling ditunggu via http://www.depebbm.com

Adzan Maghrib bersponsor adalah khas Ramadhan di Indonesia. Adzan Maghrib mendapatkan rating tinggi karena banyak yang menjalankan puasa menunggu adzan maghrib di televisi. pasti kita sering di tv kita sudah muncul menunggu Adzan Maghrib tapi setelh itu masih ada beberapa iklan atau sponsor.

5. Mall Menjadi Sempit

Mall Penuh Sesak via http://www.merdeka.com

Meski secara pengertian puasa adalah menahan nafsu,entah itu lapar atau nafsu lainnya tapi bisa dipastikan pada dua minggu setelah puasa atau dua minggu sebelum lebaran mall pasti ada lonjakan pengunjung.