Siapa bilang 17-an cuma upacara bendera? Hari Kemerdekaan juga menghadirkan semangat muda dengan diselenggarakannya berbagai macam lomba. Pesertanya mulai dari golongan muda, tua, dan siapapun yang ingin merasakan euphoria kemerdekaan. Tentunya tradisi lomba 17-an ini sudah berlangsung sejak lama dan selalu menjadi acara yang ditunggu-tunggu. Perlombaan ini membuat pesertanya bisa mengekspresikan kemerdekaan, perasaan merdeka entah dari belenggu pekerjaan, tugas sekolah atau apapun yang memicu kegalauan. Jadi apa saja tradisi seru yang melengkapi moment 17-an ini ? Langsung saja kita bahas.

1. Panjat pinang dulu sebelum panjat kesuksesan

Panjat pinang

Panjat pinang via http://www.elshinta.com

Siapa sih yang nggak tahu panjat pinang? Ya, lomba khas 17-an ini rutin dilaksanakan ketika Hari Kemerdekaan RI tiba. Untuk bisa membawa pulang hadiah yang tergantung di atas pinang dibutuhkan kekompakan dan kerjasama. Beberapa orang saling gendong untuk memanjat pinang yang telah dilumuri ini. Sorak sorai pun selalu melengkapi jalannya perlombaan ini. Hadiahnya tidak mewah, tapi keseruannya tiada tara.

2. Melatih keseimbangan dan konsentrasi dengan balap kelereng

Balap Kelereng

Balap Kelereng via http://www.instagram.com

Advertisement

Nah! Kalau permainan ini seringkali dimainkan oleh anak-anak. Kelereng diletakkan diatas sendok yang ujungnya digigit, kemudian berlomba secepat-cepatnya hingga sampai garis finish. Sembari bermain balap kelereng ini kamu bisa mengontrol diri, melatih keseimbangan dan menerapkan prinsip “cepat dan selamat”. Wah banyak sekali ya nilai-nilainya.

3. Lebih baik lari karung daripada lari dari kehidupan

Lari Karung

Lari Karung via http://www.google.co.id

Siapa yang suka lari? Lari keliling komplek kah atau lari dari kehidupan seperti kata orang-orang galau gitu. Lomba lari karung bisa jadi pilihan buat kamu yang suka lari. Lari karung bisa jadi sangat seru loh. Jatuh puluhan kali, bangun ribuan kali.

4. Lomba makan kerupuk sembari mengisi perut

Lomba makan kerupuk

Lomba makan kerupuk via http://naningisme.wordpress.com

Kriuk! Kriuk! Gurih. Ya Kerupuk. Lomba ini menjadi salah satu lomba andalan ketika 17-an. Kerupuk digantung berjejeran dengan tali, kadang dilumuri kecap juga. Sedapnya. Peserta harus memakan kerupuk tersebut tanpa bantuan tangan. Walaupun harus lompat-lompat, muter-muter, yang penting kerupuk disantap habis.

5. Memasukkan paku ke botol dengan penuh konsentrasi

Memasukkan paku ke botol

Memasukkan paku ke botol via http://www.instagram.com

Advertisement

Apa yang pernah memainkan permainan ini? Dicoba yuk sambil melatih konsentrasi kalian. Seringkali tepuk tangan dan sorak penonton menjadi hambatan dalam memasukkan paku ke botol karena susah berkonsentrasi. Kamu harus sabar ya. Apa kamu sanggup?

6. Berdiri gagah tapi galau di atas bambu A berjalan

Ada lagi permainan yang perlu kerjasama, kekompakan, dan kekuatan nih. Bagaimana tidak? Kita harus berdiri tegak ditengah bambu yang berbentuk huruf A. bambu tersebut telah diikat dengan tali yang kemudian ditarik hingga bambu bergerak. Permainan ini menjadi sangat seru karena semua anggota badan bergerak penuh tenaga, termasuk mulut sibuk berteriak.

7. Coba deh permainan meniti kerat agar kamu dan timmu makin kompak

Bermain kerat

Bermain kerat via http://instagram.com

Permainan kerat ini menjadi salah satu primadona untuk menguji kekompakan tim. Kita hanya perlu 2 buah kerat untuk satu tim. Permainannya sangat sederhana. Anggota tim berdiri pada kerat, kemudian kerat dipindah-pindah hingga finish. Kakinya tidak boleh menyentuh tanah loh ya. cobain deh, dan lihat bagaimana timmu mengatasinya

8. Yang jago, yang kuat jangan lupa tarik tambang

Tarik tambang

Tarik tambang via http://google.co.id

Untuk kamu yang merasa strong harus ikut permainan ini. Lebih seru lagi kalau dimainkan diatas lumpur. Belum pas kalo 17-an belum main tarik tambang. Tunggu apalagi, ajak rekan-rekan terkuatmu untuk unjuk gigi.

Nah itu dia keseruan tradisi 17-an yang ada di Indonesia. Bagaimana? Seru kan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya