Hidup Akan Sekarat, Bila 5 Hal ini Ditinggalkan dalam Keseharian Kita

Padahal, cuma lima. Belum 10. Tapi sangat berpengaruh

Selamat pagi, siang, sore dan malam di manapun pembaca budiman berada. Pandemi masih belum berakhir, jaga kesehatan dengan baik, walaupun masih jomlo, tetap harus jaga kesabarannya, Eh kesehatannya.

Ada beberapa hal yang sangat tidak boleh dilupakan dalam kehidupan keseharian kita di dunia ini. Ya, jangan dilupakan, apalagi ditinggalkan. Jika ditinggalkan maka hidup ini akan segera sakratul maut. Langsung saja, saya lagi males bertele-tele.

Advertisement

1. Istirahat

Topceer.id

Topceer.id via https://www.google.com

Ini adalah faktor yang sangat berpengaruh bagi kehidupan dan kesehatan kita. Tanpa beristirahat, jelas kita akan lelah. Lah, iya lah. Namanya juga sudah kurang istirahat. Selain lelah, kita juga akan kurang darah, dengan demikian, tidak jarang orang-orang akan sakit. Sedangkan jika kita sakit, jelas kita tidak akan bisa beraktivitas.

Apa sih bentuk-bentuk istirahat? Mau istirahat, tapi tidak tau apa itu istirahat? Mending nggak usah istirahat aja.

Advertisement

Istirahat bisa juga tidur, asalkan tidurnya jangan berlebihan, misal tidurnya 24 jam, padahal aktivitas atau kerjanya hanya 2 jam, itu kurang baik juga bagi kesehatan. Intinya Istirahat adalah santay ketika habis menyelesaikan berbagai macam kegiatan. Misal, sekolah, kerja, dan sebagainya.

So, jangan lupa istirahat ya. Sebab dalam keseharian kita, kita mesti beraktivitas. “Sehat itu Mahal”, jaga kesehatanmu, Dik.

2. Makan

Advertisement

Dalam keseharian kita, selain istirahat, maka kita dianjurkan untuk makan. Apalagi selesai atau jeda dari kerjanya, ya harus makan. Apa yang harus dimakan? Terserah, yang penting menyehatkan bagi imunitas tubuh. Bisa nasi, roti, dan semacamnya. Yang terpenting lagi adalah halal, jangan memakan dari hasil mencuri. Selain merugikan orang lain, hidupmu akan dididik oleh polisi. Mau? Oh tidak!

Iya, kita harus makan. Jikalau tidak, kita akan lapar. Tak percaya? Monggo buktikan. Selanjutnya, jika tidak makan kita juga akan mengalami kepusingan. Pusingnya nyelenih. Alias pusing kepengen makan karena sudah ora tahan akan perutnya yang sedari tadi memanggil nasi. Sumpah. Kita harus makan untuk kuat dalam beraktivitas, ibadah dan kuat menerima kenyataan.

3. Minum

Percuma makan, jika sehabis makan kita tidak minum.  Tanpa makan pun, kita dianjurkan untuk minum agar kita tetap sehat, agar sel generasi kita berkembang atau tumbuh dengan baik. Apalagi abis makan tidak minum, ya kenyang sih. Tapi kurang terasa.

4. Mulut Jangan Ditutup

Dipositphotos

Dipositphotos via https://www.google.com

Ini lagi, mau makan seenak dan semahal apapun harga makanannya, entah makannya di restoran atau di rumah, baik makanannya nasi goreng, nasi padang dan lain-lain. Atau minumannya susu soda, es campur, teh hangat dan lain-lain, jika mulut kita ditutup, ya, percuma. Mending nggak usah beli makanan atau minuman itu. Walaupun ini mustahil, tapi semua bisa terjdi. Yah, begitulah kehidupan. Jangan mempersibuk diri. Hemm

5. Jangan Lupa Bernafas

Kompasiana.com

Kompasiana.com via https://www.google.com

Sungguh membangongkan jika orang itu sudah lupa caranya bernafas. Eh, ingat, bernafas itu pakek hidung. Mau kemana pun kaki ini melangkah. Satu saja syaratnya “jangan lupa bernafas pakek hidung” barulah saat itu jangan lupa berdoa agar langkah kaki kita ketika hendak mau kemana, misal mau bepergian, sesuai dengan harapan. Tak ada rintangan, dan selamat dari berangkat sampai kembali pulang. Amiin, Amiin, ya Robbal Alamiin.

Mau makan, mimum, istirahat, jalan-jalan, mau tudur, bangun tidur, dan sebagainya, kita wajib jangan lupa bernafas. Intinya poin terakhir itu adalah kunci kehidupan kita. Pokonya itulah hal-hal yang tidak boleh dilupakan dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemuda Kampung asal Sumenep Madura | Hobi bernafas | Tinggal di Rajun Pasongsongan

CLOSE