Siapa bilang hidup di desa tidak dapat berkembang. Malah sebaliknya ada banyak usaha bisnis yang dapat kamu lakukan lho di desa. Seperti yang kita tahu, desa memiliki kekayaan alam yang lebih melimpah dibandingkan di kota.

Di desa masih tersedia lahan kosong, beda dengan di kota yang memang sudah dipenuhi dengan berbagai macam gedung bertingkat. Kamu bisa kok membuktikan bahwa kamu bisa sukses walau berada di desa.

Muka boleh desa, tapi rejeki harus kota ya. Bahkan nih, jika dilakukan dengan serius kamu bisa lebih sukses lho daripada mereka yang merantau ke kota. Coba deh simak beberapa usaha bisnis di desa yang bisa kamu jalankan ini

1. Coba budidaya lele, bisa untung jutaan dalam sebulan

Budidaya Lele

Budidaya Lele via https://infobudidaya.com

Di desa kamu tentu akan sangat mudah menemukan lahan yang kosong dan sumber air bersih. Jadi, pas banget jika kamu coba mencoba usaha budidaya ikan lele. Kamu pasti sudah tahu kan, ikan lele adalah salah satu menu favorit orang Indonesia.

Advertisement

Ada banyak warung makan yang membutuhkan lele untuk dijadikan menu makanan. Nah, ini bisa kamu jadikan peluang nih.

2. Usaha budidaya gurame, tak kalah menguntungkannya dengan lele

Ikan Gurame

Ikan Gurame via https://www.pexels.com

Selain lele, kamu bisa coba budidaya ikan gurame juga loh. Gurame juga tak kalah diminatinya oleh masyakarat Indonesia sebagai menu makanan. Kamu bisa banget nih coba usaha budidaya gurame ini, kemudian memasarkannya ke warung—warung makan.

Akan lebih baik kalo kamu cari customer sebanyak-banyaknya dulu sih biar kamu tahu nanti akan dipasarkan kemana saja. Lakukan persiapan yang matang, jangan sampai kamu bingung mau dipasarkan kemana setelah masa panen.

3. Usaha ternak ayam boiler atau ayam petelur, sama-sama untungnya

Ternak Ayam

Ternak Ayam via https://okdogi.com

Advertisement

Desa adalah tempat yang tepat untuk menjalankan usaha ternak karena selain ada banyak lahan kosong yang luas. Didesa juga lebih sejuk dibandingkan di kota.

Pas banget nih kalo coba peruntunganmu dengan coba memulai usaha ternak ayam boiler atau ayam petelur yang sama-sama menguntungkan ini.

Tapi, pastikan lokasi peternakannya jauh dari pemukiman ya karena baunya tentu akan sangat mengganggu.

4. Usaha bisnis pertanian organik sehat menguntungkan

Pertanian

Pertanian via https://unsplash.com

Buat kamu yang berada di desa yang memiliki udara yang lumayan sejuk, usaha bisnis tanaman organik ini sangat pas sekali untuk kamu lakukan. Apalagi jika kamu berada di kawasan yang mudah sekali menemukan sumber air.

Saat ini ada banyak sekali orang yang memerhatikan kesehatannya. Masih jarang sekali orang yang telaten dalam memulai usaha bisnis pertanian organic. Nggak ada salahnya kok kamu coba, terutama buat kamu yang memang memiliki ketertarikan dalam bidang pertanian.

5. Usaha budidaya belut yang bergizi tinggi untung besar

Budidaya Belut

Budidaya Belut via https://pixabay.com

Belut adalah salah satu hewan air yang diketahui memiliki gizi yang sangat tinggi. Nah, kamu bisa banget nih coba mulai usaha budidaya belut. Tak kalah dengan lele dan gurame, belut lebih memiliki banyak peminat sebagai menu makanan loh. Coba aja deh mulai dulu.

Jadi, tertarik untuk coba usaha bisnis di desa yang mana nih? Yang penting coba aja dulu, siapa tahu ini rejekimu kan. Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya