Tanyakan 7 Hal Ini Saat Hidupmu Lagi Diterpa Masalah dan Satu-satunya Pilihan Cuma Menyerah

pertanyaan saat akan menyerah

Seperti waktu-waktu yang lalu, yang kita anggap masih berada cukup jauh dari jaungkauan ternyata hanya berjarak beberapa jengkal. Seperti kemarin, yang kita anggap masih terlalu jauh untuk kita pikirkan ternyata sudah siap dihadapan. Hidup tak cuma dijalani saja, butuh beberapa hal yang membuat hidup lebih bernakna untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain. Hidup bukan hanya untuk tinggal tapi menikmati hal yang terjadi.

Saat hidupmu rasanya hanya ingin menyerah, sesekali tanyakan 7 hal ini. Biar menyerah kelak tak menjadi satu-satunya opsi~

Advertisement

1. Sudah menjadi dirimu sendiri belum?

Photo by Eneida Nieves from Pexels

Photo by Eneida Nieves from Pexels via https://www.pexels.com

Terkadang memang terasa salah, saat ada beberapa orang yang menginginkan kamu menjadi yang mereka inginkan yang justru membuat kamu meragukan dirimu sendiri, meragukan apa yang ada pada dirimu sendiri. Terkadang terasa salah juga, ketika kita malah mengecewakan orang yang kita percaya dengan apa yang kita miliki. Sama-sama menyakitkan. Tapi, tidak ada yang lebih benar dan baik dari pada menjadi diri sendiri, menjadi diri sendiri yang lebih baik tanpa menjadi orang lain yang berbeda denganmu.

2. Menghindari masalah nggak akan menyelesaikannya kan?

Menghindari ranjau tak akan membuatmu terlepas darinya, mungkin saja ada ribuan ranjau didepan dan kamu sama sekali tidak dapat mengetahui cara menanggulanginya tanpa harus kamu terluka karenanya. Seperti sebuah masalah, mungkin akan banyak dan bermacam-macam dimasa depan  nanti.

Advertisement

Kalau kita tau apa yang sebaiknya kita lakukan pada tiap-tiap masalah dengan tenang memutar otak untuk menyelesaikannya dari pada menghindar dan malah mengenai masalah yang lain. Mungkin kita dapat mencegahnya, untuk melindungi diri kita sendiri atau bahkan orang lain.

3. Melakukan semuanya bersamaan? Apa nggak repot?

Photo by bruce mars from Pexels

Photo by bruce mars from Pexels via https://www.pexels.com

Semua hal berkemungkinan dapat dilakukan bersama-sama, di waktu yang bersamaan pula. Tapi, tiap msalah punya waktunya masing-masing, dan nggak semua mampu dikerjakan secara bersamaan. Bukankah akan sangat merepotkan untuk mengerjakan semuanya bersamaan? Bukankan malah akan mengurangi usaha untuk tiap masalah yang ada, karena membebani pikiran dan juga tubuhmu.

4. Dirasa kurang cocok? Cari tahu dan sikapi!

Photo by Nirmal Rajendharkumar from Pexels

Photo by Nirmal Rajendharkumar from Pexels via https://www.pexels.com

Banyak sekali hal yang datang dan pergi kedalam hidup, namun hati punya tempat yang tidak terlalu luas dan ingatan punya tempat penyimpanan yang tak terlalu banyak. Tidak butuh alasan lagi pada hal-hal yang malah membebani, yang malah menganggu, yang malah menjadi toxic pada hidupmu untuk disimpan; cari tau hal apa yang membuatmu merasa tidak cocok dan nyaman, lalu sikapi dengan mengambil keputusan yang menurutmu benar.

Advertisement

5. Seberapa berani kamu? Cobalah hal-hal baru!

Tidak ada salahnya untuk mencoba hal-hal baru, apapun itu. Mencoba hal yang kamu sukai atau bahkan hal yang hanya membuatmu penasaran pada awalnya. Tapi, mencoba hal yang baru adalah sebuah tantangan. Tantangan yang begitu banyak rintangannya, yang mengajarakanmu berani, belajar menyessukaikan diri dengan keadaan yang baru, bertemu dengan orang-orang baru atau bahkan memecahkan permasalahan yang baru dalam hidupmu. Dengan mencoba hal baru, kamu jadi punya banyak pengalaman.

6. Nggak semuanya langsung ada jawabannya kan?

Photo by Japheth Mast from Pexels

Photo by Japheth Mast from Pexels via https://www.pexels.com

Seperti kutipan buku NKCTHI

“Hidup itu lucu, ya
Yang dicari, hilang
Yang dikejar, lari
Yang ditunggu, pergi
Sampai kita lelah dan berserah
Saat itu semesta bekerja
Beberapa hadir dalam rupa sama
Beberapa lebih baik dari rencana”

“Sabar, satu persatu”

Kita punya seribu satu pertanyaan tentang hidup ini, yang entah sebuah pertanyaan atau bahkan hanya sebuah pernyataan yang kita ajukan pada hidup atau pada diri kita sendiri. terkadang saat jawaban hadir kita tidak terlalu peka, dan terkadang kita sama sekali tidak butuh jawaban sama sekali.

7. Kamunggak bisa menyelesaikan masalah? Yakin?

Photo by Moose Photos from Pexels

Photo by Moose Photos from Pexels via https://www.pexels.com

Masalah tidak akan berhenti untuk datang dan mengajarkan, walau rasa putus asa pernah hadir dan meragukan segalanya.  Tapi, percayalah setiap ada kesulitan pasti ada kemudahan. Kemudiahan tidak selalu datang setelahnya, kemudahan tidak selalu dalam cara yang sama seperti yang kita inginkan. Jika kesulitan kemarin kamu dapat melewatinya, maka kali ini kamu juga bisa melewatinya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

This is me, with a random thought!

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE