Perkembangan teknologi yang kian pesat tentunya membuat Internet juga ikut berkembang, hamir semua orang sekarang punya akses smartphone yang tentu membutuhkan internet di dalamnya. belum lagi banyaknya sosial media mulai dari Instagram, Facebook, Youtube dan lain sebagainya.

Adanya internet sendiri sebenarnya bermanfaat bagi kita di era yang serba modern seperti sekarang ini. saat ini internet seringkali digunakan untuk mencari informasi, untuk pekerjaan atau sekedar untuk hiburan seperti gaming, streaming dan lainnya. namun ada beberapa dampak negatif penggunaan internet yang mungkin kamu sendiri mengalaminya.

Di bawah ini, ada beberapa hal yang harus kamu hindar saat mengakses internet atau sosial media, yuk mulai manfaatkan internet dengan baik.

1. Terlalu Sering Menggunakan Internet Juga Tidak Baik

overuse internet

overuse internet via https://khususkuota.com

Terutama untuk kamu yang masih muda atau remaja nih, jangan sampai kamu mengalami yang namanya "kecanduan" internet. cukup banyak lho, orang yang mengalami hal seperti ini di mana mereka kecanduan internet, ciri-ciri orang yang kecanduan internet adalah merasa galau atau sepi saat tidak menggunakan internet, parahnya lagi sampai bersabda kalau "tiada hari tanpa internet".

Maka dari itu, usahakan hindari penggunaan internet yang berlebihan apalagi sampai menggunakannya seharian, kalau itu untuk pekerjaan atau mengerjakan tugas sih oke-oke saja, tapi kalau untuk sesuatu yang kurang bermanfaat seperti gaming, streaming dan lainnya? Caranya gampang, ubahlah mindset kamu tentang internet, anggap internet adalah sumber informasi!.

2. Tidak Membatasi Akses Internet Pada Anak Kecil

Tidak Membatasi Akses Internet Pada Anak Kecil

Tidak Membatasi Akses Internet Pada Anak Kecil via http://hipwee.com

Advertisement

Bukan hanya anak remaja, dewasa dan orang tua saja, sekarang hampir semua anak kecil bahkan di bawah 10 Tahun saja sudah sangat akrab dengan yang namanya internet terutama gaming. jika hal ini terjadi terus menerus maka sang anak akan sangat terbiasa dengan internet dan alhasil bisa saja mereka mulai mengakses laman yang tidak semestinya, terutama Youtube nih, sekarang banyak video yang tidak layak di tonton oleh anak kecil, so bagi kamu yang sudah punya anak atau adik, jaga atau awasi akses internet mereka ya.

3. Debat di Sosial Media, Apa Gunanya?

debat on socmed

debat on socmed via http://hipwee.com

Yang ketiga, usahakan hindari yang namanya debat nggak penting di sosial media, biasanya banyak netizen yang selalu berdebat entah di grup, forum dan lain sebagainya.

Lagian, apa untungnya debat apalagi di sosial media? ingat! walau kamu benar sekalipun, sebisa mungkin tinggalkan yang namanya debat, apalagi debat online yang nggak ada gunanya? Buang-buang waktu saja…

4. Mengupload Data Pribadi ke Sosial Media

Mengupload Data Pribadi ke Sosial Media

Mengupload Data Pribadi ke Sosial Media via http://hipwee.com

Advertisement

Sekarang ini marak terjadi penyalahgunaan data dan sejenisnya karena penggunaan internet, bagi kamu yang sering aktif di internet, jangan pernah lagi mengupload data data pribadi ya, mulai dari KTP, Rekening atau lainnya, biasanya secara tidak sengaja misal meng-upload screenshoot transfer dan nomor rekeningnya tercantum? Atau bagaimana, lagian data pribadi kan privasi? Buat apa di share ke sosial media?

5. Asal Share Berita atau Postingan yang Provokatif

Asal Share Berita

Asal Share Berita via http://hipwee.com

Akhir-akhir ini pemerintah terutama kemkominfo sedang gencar gencarnya mencoba untuk memberantas yang namanya hoax, ini sering terjadi memang dimana banyak sekali berita atau postingan di sosial media dan internet yang kebenarannya tidak benar.

Bagi kamu yang suka share postingan viral, jangan lagi asal share, usahakan cari tahu dulu kebenarannya, karena kalau kamu ternyata share berita yang hoax, kamu sama saja penyebar lho!

6. Menghina Seseorang dari Sosial Media atau Internet

ada UU ITE lho!

ada UU ITE lho! via http://hipwee.com

Ini yang terakhir yang paling fatal akibatnya, sekarang ini sudah marak terjadi penghinaan atau sejenisnya yang terjadi di sosial media dan perlu kamu pahami, sekarang tindakan pencemaran nama baik, hinaan dan sejenisnya di sosial media itu bisa di pidana lho karena ada undang undang ITE yang mengatur.

Usahakan hindari yang namanya cek-cok dengan orang lain apalagi sampai melontarkan kata kata kasar, walau itu di sosial media, tetap bisa dilaporkan ke pihak berwajib.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya