Untuk anda para pria baik itu yang sudah menikah atau yang belum, ada baiknya mulai dari sekarang menjaga kebersihan tubuh anda salah satunya adalah pada bagian alat reproduksi. Alat kelamin pria memang sangat perlu di perhatikan kalau kamu tak ingin mengalami masalah saat berhubungan dengan calon istri kamu di masa mendatang. Tidak heran kalau di luar sana banyak sekali macam macam obat atau suplemen untuk kebutuhan alat reproduksi pria, karena memang menjaga kesehatan kelamin itu penting.

Nah, ternyata, tanpa disadari, ada beberapa hal yang membuat alat kelamin atau reproduksi pria itu menjadi kurang sehat, hal tersebut seringkali menjadi kebiasaan kita dalam hidup sehari hari lho, penasaran apa saja? Berikut ini Hipwee sudah memberikan daftar beberapa kebiasaan yang tidak bagus untuk organ reproduksi pria.

1. Tidak Menjaga Pola Makan Sehari-hari

pola makan pria

pola makan pria via https://hipwee.com

Bagi mayoritas para pria, makanan sangat sulit sekali untuk diatur, tidak seperti halnya wanita yang sangat memperhatikan konsumsinya, belum lagi wanita itu suka diet, secara tidak langsung mereka sudah menerapkan pola makan yang baik dan benar. Nah bagi kamu para pria yang sekarang ini pola makan sehari hari masih berantakan.

Segera deh, atur pola makan karena hal ini memang sangat penting untuk kesehatan tubuh tak terkecuali produksi sperma atau kesuburan alat kelamin kamu nantinya. Kurangilah makan makanan instan seperti junk food dan lain sebagainya.

2. Jangan Memangku Laptop di Paha!

memangku laptop di paha

memangku laptop di paha via https://www.google.com

Hampir semua orang pengguna laptop pasti seringkali memangku laptop di bagian atas paha, padahal ini sangat dilarang karena panas yang timbul bisa membuatorgan reproduksi menjadi kurang sehat dan juga bisa membuat area genetalia panas dan mengganggu keseburan produksi sperma akibat rusaknya temperatur testikel pada organ reproduksi.

Untuk kamu mahasiswa, anak sekolah dan pekerja yang sering pakai laptop, mulai sekarang stop kebiasaan seperti ini ya!

3. Kurangi Penggunaan Sun Block

sun block pada pria

sun block pada pria via https://detik.com

Untuk yang satu ini mungkin jarang yang tahu ya? Yap! Kurangi penggunaan sun block atau pelindung kulit, untuk kamu yang sering ke pantai pasti sering memakai sun block kan? Nah ternyata penggunaan sun block itu tidak baik khususnya untuk para pria, menurut studi dari Longitudinal Investigasi Fertilitas dan Environtment (LIFE) yang menyatakan bahwa bahan kimia yang digunakan pada sun block itu bisa mengganggu kesehatan kesuburan pria.

Oleh karena itu hindari penggunaan sun block secara berlebihan, ya kalau sekali kali tidak masalah sih, yang penting jangan terlalu over saja.

4. Kurangi Penggunaan Celana Ketat dalam Sehari-Hari

celana ketat

celana ketat via https://hipwee.com

Memakai celana ketat kini menjadi salah satu trend busana masa kini di kalangan para wanita maupun pria. Padahal, penggunaan celana ketat itu tidak baik apalagi untuk organ reproduksi pria karena ini bisa membuat area vital tertekan dan menimbulkan suhu panas yang bisa mengganggu kesehatan produksi sperma.

Bagi anda yang seringkali bepergian menggunakan celana entah itu celana jeans atau celana dalam sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut, kalau perlu hindari saja, toh lebih enak pakai celana yang longgar kan? Kaki menjadi lebih mudah gerak.

5. Jarang Mengganti Celana Dalam

underwear juga berpengaruh

underwear juga berpengaruh via https://google.com

Tahukah kamu? Menggunakan celana dalam terlalu lama dan jarang mengganti dengan yang baru akan membuat alat reproduksi kita menjadi kurang sehat? Hal ini disebabkan karena apabila celana dalam digunakan terus menerus, ini akan membuat alat kelamin menjadi kurang bersih dan menimbulkan bau tak sedap, selain itu juga bisa memicu berkembangnya bakteri yang membuat organ reproduksi kita menjadi kurang sehat, maka dari itu seringlah mengganti pakaian dalam paling tidak sehari 2 kali kalau memang ingin maksimal.

Itulah beberapa tips menjaga organ reproduksi untuk para pria, masih banyak tips yang lain tentunya, semoga bermanfaat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya