6 Ide Bisnis Kekinian dari Rumah. Modalnya Nggak Seberapa, tapi Untungnya Bisa Berlipat Ganda

ide bisnis kekinian

Mempunyai banyak waktu luang di tengah pandemi seperti sekarang ini bukan berarti kita menjadi patah semangat dan bermalas-malasan dong. Justru sebaliknya, kita harus semakin produktif bahkan bisa berpenghasilan di tengah keterbatasan ini.

Nah, untuk membantu kalian menemukan inspirasi berjualan yang berbeda dari yang lain dan mudah dijangkau untuk anak muda, artikel ini akan membahas ide-ide bisnis kekinian. Sekaligus berapa modal yang dikeluarkan.

Yuk intip 6 ide bisnis yang bisa kamu lakukan sendiri dari rumah dan pastinya low budget!

Advertisement

1. Scrunchies

Photo by Home and Fleur & Scrunchie Squad

Photo by Home and Fleur & Scrunchie Squad via https://id.pinterest.com

Hair scrunchie kembali hype lagi di tahun 2020 ini. Tentu kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan membuat scrunchie yang lebih unik dan chic, seperti misalnya oversized scrunchie dengan ukurannya yang besar akan memberi statement pada rambut, ini juga bisa digunakan untuk kalangan wanita berhijab loh.

Selain itu kamu juga bisa memilih material yang berbeda dari biasanya, misalnya dari kain satin, chiffon, bludru sampai kain bermotif untuk menambah kesan chic dan menambah daya guna seperti bisa digunakan sebagai gelang penghias tangan. 

Advertisement

Modal yang kamu butuhkan hanya kain dengan ukuran sekitar 50 cm dengan budget mulai dari Rp. 10.000/meter dan karet elastis saja! Wow! Sangat mudah dijangkau bukan?

2. Lipgloss 

Photo by Anthropologie

Photo by Anthropologie via https://id.pinterest.com

Yang kedua ini mungkin tidak asing buat kamu, yakni lipgloss  Ternyata kamu bisa membuat sendiri lipglossmu dengan bahan-bahan yang kamu inginkan, sehingga kamu tahu apa saja yang ada di dalam lipgloss itu.

Advertisement

Bahan yang kamu butuhkan untuk DIY lipgloss adalah base gel lip gloss yang dibandrol hanya Rp. 50.000 untuk 100 gramnya. Selain itu ada olive oil yang food grade hanya Rp. 14.000 untuk ukuran 20 ml.

Untuk membuat lipgloss bewarna kamu juga bisa menggunakan bubuk lipgloss yang dibandrol dengan harga Rp. 18.000/gram. Dengan modal di bawah Rp. 100.000 kamu sudah bisa menghasilkan banyak lipgloss lho!

3. Tie dye shirt

Photo by Romwe & Leah Behr

Photo by Romwe & Leah Behr via https://id.pinterest.com

Kamu bosan dengan baju polos? Nah mungkin ide satu ini bisa kalian pakai untuk membuat kaos polosmu menjadi terlihat artsy dan memiliki nilai jual!

Barang-barang yang perlu kamu siapkan juga tidak ribet kok, cukup siapkan bahan utama yaitu kaos polos bewarna putih dari bahan katun agar warna dapat melekat dengan baik dan juga pewarna khusus pakaian (tie dye) yang biasa dijual di toko-toko tekstil.

Selain kaos bewarna putih, kamu juga bisa menggunakan kaos bewarna gelap. Cara membuat coraknya adalah dengan menggunakan pemutih baju. Selain itu, bahan-bahan pendukung lainnya ada karet gelang atau tali untuk mengikat kaos saat proses pewarnaan, dan juga botol untuk memudahkan proses penuangan warna. Sedikit tips agar warna pada tie dye shirtmu menjadi tahan lama adalah dengan merendam kaos terlebih dahulu ke dalam air hingga benar-benar basah.

Budget yang dikeluarkan juga tidak banyak lho! Untuk kaos polos putih cotton combed 30s ukuran XL saja kamu hanya perlu mengeluarkan budget sebesar Rp. 25.000. Dan untuk pewarna tie dye cukup mengeluarkan Rp. 7.500/10 ml. Wow peluang bisnis yang sangat menjanjikan bukan?

4. Thrift store

Photo by VSCO

Photo by VSCO via https://id.pinterest.com

Pasti diantara kamu masih asing dengan istilah “thrift”. Jadi thrifting sendiri merupakan aktivitas mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai namun masih dalam kondisi baik kemudian dijual dan bisa bermanfaat bagi pemilik barunya. Semisal di rumah kamu ada baju yang sudah tidak muat, kamu bisa menjualnya dengan mengunggah ke sosial media kamu.

Atau thrifting juga bisa diartikan sebagai aktivitas hunting ke beberapa tempat prelove lalu memilah-milah hingga menemukan beberapa barang yang modelnya cocok, harga terjangkau, ukuran yang cocok, dengan kualitas yang masih layak untuk dipakai.

Jadi, coba mulai sekarang sering-sering cek lemari kamu ya siapa tahu banyak barang-barang yang masih bisa menjadi sumber uang.

5. Resin srt

Photo by L'Atelier d'Artemis & Shalex

Photo by L’Atelier d’Artemis & Shalex via https://id.pinterest.com

Ide bisnis selanjutnya untuk kamu yang suka dengan aksesoris yang unik dan berbeda dengan yang lain kamu bisa coba mulai membuat resin art. Resin sendiri merupakan bahan utama dalam proses ini, resin merupakan getah yang keluar dari berbagai jenis tumbuhan termasuk salah satunya pohon kunjung/konifer. Sifat resin sendiri adalah mudah membeku dalam periode tertentu, sedangkan ada yang namanya catalis yang merupakan bahan aktif untuk mempercepat reaksi pengerasan resin.

Dari resin ini kamu bisa membuat berbagai pernak-pernik seperti gantungan kunci, action figure, sisir, cincin, bahkan bisa untuk phone cases. Bahan yang kamu perlukan yaitu resin, catalis, cetakan silikon, dan bahan lainnya seperti bubuk glitter atau pewarna. Bahkan saat ini banyak marketplaces yang menjualnya dengan harga yang affordable untuk kamu coba. Dengan harga Rp. 55.000 kamu sudah mendapatkan resin bening seberat 500 gram dan catalis 35 ml.

Namun untuk membuat kerajinan dari resin ini, kamu perlu memperhatikan perbandingan dari bahan-bahan tadi ya. Apabila catalis terlalu sedikit akan memperlama waktu pengerasan resin dan apabila terlalu banyak juga bisa menyebabkan resin lama kering dan berakhir lengket.

6. Stationery + stickers

Photo by Angela

Photo by Angela via https://id.pinterest.com

Untuk kamu yang gemar typhography, ini bisa menjadi ide bisnis selanjutnya lho!

Alat tulis merupakan barang yang tak lekang oleh waktu, pasti setiap orang akan membutuhkan yang namanya kertas, bolpoint, pensil, penghapus, dll, nah barang-barang tadi juga bisa kamu kreasikan sendiri dan menjadi sebuah usaha rumahan yang menguntungkan.

Bermodalkan kertas HVS yang bisa kamu custom dengan mendesainnya sendiri kemudian kamu cetak dengan brand kalian dan jadilah sebuah notebook yang berbeda dengan yang dipasaran. Selain itu, kamu juga bisa membuat note paper aesthetic dan sticker sendiri lho!

Caranya hampir sama, yaitu dengan mendesain terlebih dahulu note paper dan stickernya kemudian tambah logo brand milikmu dan cetak. Budget yang dikeluarkan juga tidak banyak, untuk kertas HVS 80 gsm kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp. 46.000/rim untuk ukuran A4 dan kertas sticker glossy sekitar Rp. 30.000/20 sheets untuk ukuran A4.

Atau kalau kamu ingin alat tulis yang lucu-lucu, kamu bisa memulainya dengan mengambil dari supplier lain contohnya dari China atau dari Batam. Budget barang-barang import dari China bermacam-macam, untuk 1 pcs bolpoint dengan karakter yang lucu kamu hanya perlu Rp. 1.000/pcs dan untuk mini note book dibandrol dengan harga Rp. 5.000 saja, dan lain-lain.

Nah, itu dia 6 ide bisnis yang bisa kamu coba untuk menambah pundi-pundi penghasilanmu. Kira-kira mau coba yang mana dulu nih? Semoga artikel ini menginspirasimu ya! Selamat berbisnis!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE