7 Ide Menata Ruang Makan Mungil agar Terasa Nyaman. Plus, Acara Makan Jadi Makin Menyenangkan!

ide menata ruang makan mungil

Ruang makan sederhana di sebuah rumah kini berfungsi lebih dari sekadar tempat bersantap dengan keluarga. Sebelum atau sesudah dinner, biasanya kamu akan menghabiskan waktu mengobrol dan bercerita tentang aktivitas harian bersama seluruh anggota keluarga. Sudah sepatutnya ruang makan ditata secara khusus untuk menunjang kenyamanan saat bercengkrama.

Memiliki ruang makan yang nyaman untuk berkumpul, tidak selalu mengharuskanmu menyediakan tempat yang luas. Simak saja beberapa inspirasi dekorasi ruang makan sederhana berikut ini dan nikmati kebersamaan bersama keluarga kecilmu di dalamnya! Menghangatkan!

Advertisement

1. Ruang makan dengan meja bulat

Ruang makan serba putih dengan meja bulat

Ruang makan serba putih dengan meja bulat via http://www.beytk.net

Meja bulat kerap menjadi pilihan orang yang memiliki tempat terbatas untuk ruang makan. Lengkapi meja bulat dengan kursi makan tanpa lengan untuk meningkatkan ruang secara visual. Jauhkan fokus dari ukuran tempat tinggalmu yang sempit, dan tarik perhatian ke detail unik di ruang makan mungil. Gunakan palet manis berwarna pastel untuk membuat tampilannya semakin menarik.

2. Ruang makan sudut

Ruang makan sudut dengan kursi bakso panjang

Ruang makan sudut dengan kursi bakso panjang via https://www.divesanddollar.com

Jika ruang di dalam rumahmu sudah terlalu penuh, cobalah untuk meletakkan dining table di sudut ruangan. Kamu bisa memanfaatkan dua sudut dinding untuk tempat duduk dan dua kursi tambahan lain di sisi lainnya. Berikan beberapa ornamen pemanis seperti vas bunya untuk mempercantik sudut bersantap kamu.

Advertisement

3. Mini kitchen island

Mini kitchen island sekaligus ruang makan

Mini kitchen island sekaligus ruang makan via https://hhomedesign.com

Ide ruang makan mungil yang menghemat ruang selanjutnya menggabungkan ruang makan jadi satu dengan dapur. Agar lebih mudah, kebanyakan orang menggunakan meja kitchen island sekaligus dipergunakan sebagai ruang makan. Gunakan kursi yang bisa dibongkar pasang atau disimpan di bawah meja sehingga aktivitas masak kamu tidak terganggu karenanya.

4. Ruang makan sekaligus ruang keluarga

Ruang makan sekaligus ruang keluarga

Ruang makan sekaligus ruang keluarga via https://i.pinimg.com

Inspirasi ruang makan mungil berikutnya digabungkan menjadi satu dengan ruang keluarga. Agar tidak terlihat bercampur-campur, pasanglah pembatas rak atau pot bunga. Seragamkan konsepnya untuk tampilan yang lebih rapi dan enak dipandang.

5. Ruang makan mungil bergaya Skandinavia

Ruang makan mungil bergata skandinavian

Ruang makan mungil bergata skandinavian via https://cdn.decoist.com

Gaya Skandinavia yang bersih dan bernuansa putih sangat cocok sebagai konsep ruang makan mungil di rumah minimalismu. Agar tak terkesan terlalu sempit, posisikan meja makan dekat dengan jendela, sehingga kamu bisa bersantap sembari menikmati pemandangan di luar rumah. Penerangan cahaya alami pun menunjang kesan lapang di ruang makan.

Advertisement

6. Ruang makan mungil bergaya klasik

Ruang makan mini dengan sentuhan gaya klasik

Ruang makan mini dengan sentuhan gaya klasik via https://www.arsitag.com

Memiliki ruang tamu bergaya klasik tidak selalu menjadi monopoli orang-orang yang memiliki rumah besar. Konsep kuno yang unik bisa kamu terapkan dengan cara memasang meja sesuai dengan bentuk ruang yang tersisa di rumahmu. Jika ada lorong memanjang, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ruang makan dengan desain meja persegi panjang.

Desain klasik akan tampil cantik dengan pemilihan kursi abu-abu dengan lis cokelat gelap. Bentuk setengah lingkaran pada sandaran kursi memberikan tekstur yang elegan. Suasana semakin manis dengan meja credenza dihiasi dekorasi lampu klasik.

7. Ruang makan mungil outdoor

Ruang makan mungil outdoor yang sejuk

Ruang makan mungil outdoor yang sejuk via https://www.hgtv.com

Ruang makan tidak selalu harus berada di dalam ruangan. Selain tidak perlu sibuk memikirkan di mana harus membangun ruang tambahan, outdoor dining room memungkinkan kamu menikmati suasana makan yang segar dengan pemandangan taman indah di sekitar. Jangan lupa, pilih kursi dan meja dari material yang ringan atau tahan karat untuk tempat makan outdoor kamu.

Tidak ada yang lebih membahagiakan selain berbagi cerita bersama keluarga tercinta. Ciptakan ruang makan mungil yang penuh kehangatan agar semua betah berlama-lama. Bila perlu, selalu sedia kursi lipat untuk tempat duduk ekstra apabila ada anggota lain turut bergabung. Serunya lagi, semarakkan suasana dengan board games seperti ular tangga atau ludo.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan

Editor

une femme libre

CLOSE