8 Ide Desain Ruang Santai Outdoor yang Bikin Betah di Rumah Aja. Ada yang Berkonsep Dry Garden Juga!

ide desain ruang santai outdoor

Kampanye #dirumahaja tengah populer saat ini menyusul penyebaran wabah virus corona. Sebenarnya dalam kondisi normal, #dirumahaja nyatanya kerap kita lakukan seperti ketika liburan. Bahkan, bagi sebagian lainnya, berada di rumah saja sudah merupakan aktivitas rutin karena memang bekerja dari rumah.

Terlepas apapun alasannya, #dirumahaja berpotensi memunculkan kebosanan. Apalagi, jika hanya menghabiskan waktu di dalam ruangan saja. Rasa suntuk akan lebih mudah menghampiri. Lazimnya, hal paling sederhana yang dilakukan untuk mengusir rasa suntuk itu adalah menikmati angin segar di halaman, teras, atau balkon.

Namun nyatanya, ruang di luar rumah pun dapat menjadi membosankan apabila tidak ditata secara maksimal. Apakah kamu tertarik untuk mengubah area outdoor di rumah menjadi ruang santai? Tidak ada salahnya menyediakan ruang santai di halaman rumah untuk suasana berbeda. Cobalah beberapa referensi ide desain ruang santai outdoor biar menciptakan pengalaman #dirumahaja menjadi lebih menyenangkan.

Advertisement

1. Ruang santai di gazebo besar

Desain ruang santai outdoor dengan gazebo karya OG Architects

Desain ruang santai outdoor dengan gazebo karya OG Architects via https://www.arsitag.com

Cuaca Indonesia yang panas dan hujan sepanjang tahun menjadikan aktivitas outdoor di rumah sering terganggu. Salah satu solusinya adalah dengan membuat gazebo atau pendopo di taman. Besar kecilnya gazebo bisa disesuaikan dengan luasan halaman dan banyaknya anggota keluarga. Jika memungkinkan, gazebo besar bisa dibangun agar bisa mengakomodasi banyak kegiatan, termasuk bersantai bersama semua anggota keluarga. Agar lebih nyaman, gazebo bisa diisi dengan sofa sehingga pengalaman bersantai menjadi lebih memuaskan.

2. Bean bag di taman kering

Desain ruang santai outdoor di taman kering karya DFORM

Desain ruang santai outdoor di taman kering karya DFORM via https://www.arsitag.com

Memiliki area outdoor yang tidak begitu luas di rumah bukanlah kendala untuk menjadikannya tempat bersantai. Seperti taman kering karya DFORM di atas. Cukup menambahkan bean bag atau bantal besar, seketika kamu mempunyai ruang santai outdoor yang kece banget. Tampilannya memang sederhana, namun justru terlihat cantik dan Instagrammable dengan latar dua pohon di belakang.

Advertisement

3. Area santai di bawah pohon

Desain ruang santai outdoor di pekarangan rumah karya Midcenturyjo

Desain ruang santai outdoor di pekarangan rumah karya Midcenturyjo via https://www.desiretoinspire.net

Memiliki pohon besar dan rindang di halaman rumah merupakan aset yang patut disyukuri. Inilah saatnya memanfaatkan secara maksimal lahan yang ada di bawah pohon. Agar ruang santai outdoor semakin nyaman, lengkapi bangku taman dengan dudukan empuk yang bisa dimasukkan saat tidak digunakan.

4. Santai dengan hammock

Desain ruang santai outdoor menggunakan hammock, karya Megan Pflug Designs

Desain ruang santai outdoor menggunakan hammock, karya Megan Pflug Designs via http://meganpflugdesigns.com

Tak hanya kursi dan bangku, pasanglah hammock di area outdoor rumah. Bersantai di atas hammock memberikan pengalaman lebih menyenangkan karena tubuh berasa diayun-ayun. Apalagi, hammock sifatnya portabel, sehingga bisa dipindah-pindah sesuai keinginan.

5. Ruang santai outdoor privasi

Desain ruang santai outdoor sangat privat dengan dinding tinggi, karya Kim

Desain ruang santai outdoor sangat privat dengan dinding tinggi, karya Kim via https://www.desiretoinspire.net

Membatasi ruang santai outdoor agar terasa lebih memiliki privasi bukanlah hal mustahil. Hal yang paling umum adalah dengan menggunakan pembatas masif seperti pagar atau dinding. Jika kamu menginginkan desain alami yang tidak kaku, tidak ada salahnya memilih pagar tanaman.

Advertisement

6. Semarak lampu di ruang santai outdoor

Desain ruang santai outdoor dihiasi lampu tumblr, karya Kate Anne Designs

Desain ruang santai outdoor dihiasi lampu tumblr, karya Kate Anne Designs via https://www.lavitafurniture.com.au

Malam hari adalah waktu yang paling difavoritkan orang Indonesia ketika hendak bersantai di area outdoor rumah. Oleh karena itu, pencahayaan menjadi bagian yang penting untuk menemani pengalaman bersantai. Kreasikan penataan lampu-lampu sehingga area outdoor terlihat lebih cantik dan semarak. Dijamin, kamu bakal betah bersantai di pekarangan rumah lebih lama.

7. Ruang santai di bawah pergola

Desain ruang santai outdoor super nyaman dengan pergola tradisional, karya Outdoor Space Design

Desain ruang santai outdoor super nyaman dengan pergola tradisional, karya Outdoor Space Design via https://www.outdoorspacedesign.net

Memanfaatkan pergola di halaman rumah termasuk cara paling mudah untuk menciptakan ruang santai outdoor. Di bawah pergola, kamu bebas menempatkan bangku atau kursi sebagi tempat bersantai dan berkumpul. Biar semakin menarik, hiasi pergola kamu dengan lampu tumblr ataupun tanaman rambat. Cozy banget, kan?!

8. Relaksasi di antara rimbunnya tanaman

Desain ruang santai outdoor berkonsep rimba banyak tanaman, karya Think Outside Gardens

Desain ruang santai outdoor berkonsep rimba banyak tanaman, karya Think Outside Gardens via https://www.thinkoutsidegardens.com.au

Siapa yang tak tertarik untuk bersantai di tengah rimbunnya tanaman? Mengandalkan keunggulan iklim tropis, tak heran jika kebanyakan taman rumah di Indonesia pasti ditanami dengan banyak tanaman. Selain memberi kesegaran, banyaknya tanaman juga memberi tampilan cantik secara visual. Itu artinya, bersantai di antara tanaman adalah bentuk relaksasi yang menyenangkan dan mudah dilakukan.

Jadi, ide ruang santai outdoor mana yang paling menarik perhatianmu? Jika memungkikan, selalu tata ulang tampilan desain outdoor secara berkala agar tidak membosankan. Tidak harus menambah perabotan baru, mendekor ulang saja sudah cukup. Siap-siap semakin betah di rumah!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan

Editor

une femme libre

CLOSE