Mungkin sahabat Hipwee akan menganggap sebelah mata kala mendengar jurusan Ilmu Perpustakaan. Mungkin di benak kamu sepintas terbesit, “ngapain ambil jurusan remeh-temeh? Cuma ngurusin buku saja" belajar apa saja?" Universitas yang ada jurusan ilmu perpustakaannya di mana ya?" Prospek kerjanya bagaimana?"

Bagi yang menganggap remeh, yuk disimak dulu.

1. Jurusan Ilmu Perpustakaan, Apa Itu?

Jurusan ilmu perpustakaan adalah satu-satunya program studi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional dalam bidang pengelola perpustakaan yang menjadikan perpustakaan sebagai objek kajiannya, mulai dari kegiatan teknisi perpustakaan, manajemen perpustakaan, bahkan aplikasi teknologi informasi di perpustakaan untuk menyebarluaskan informasi yang optimal.

Advertisement


Meski langka, jurusan ini sebenarnya bukanlah jurusan yang baru. Usianya saja sudah mencapai 60 tahun lebih! Sayangnya, profesor jurusan ini baru ada satu orang yaitu Prof. Sulistyo Basuki yang merupakan salah satu dosen JIP UI.


2. Tujuan Jurusan Ilmu Perpustakaan

ilmu perpustakaan

ilmu perpustakaan via https://www.google.co.id

Tujuan dari Prodi Ilmu Perpustakan menghasilkan lulusan berkemampuan menganalisis fenomena bidang Ilmu Perpustakaan dan informasi dengan mendalam, dan mampu mengelola serta mempreservasi informasi secara profesional dan bertanggung jawab, untuk mendukung terwujudnya masyarakat berbasis informasi dan pengetahuan.

3. Pelajaran Ilmu Peprustakaan

Kita belajar mengelola perpustakaan. Pengelolaan ini mencakup pemilihan koleks, pengelompokan koleksi, penyusunan koleksi buku di rak, pemberian nomor panggil koleksi, membangun database koleksi perpustakaan, membuat katalog online perpustakaan, perawatan koleksi, bagaimana cara memberikan layanan pinjam (sirkulasi).

Advertisement

Memberikan layanan pencarian informasi khusus (layanan rujukan), mengenali ISBN, membuat indeks, hingga pengelolaan SDM perpustakaan, pemasaran atau promosi perpustakaan, gagasan kreatif apa yang digunakan untuk perpustakaan dan yang paling jadi fokus JIP di masa sekarang teknologi perpustakaan.


Bagi para sahabat hipwee yang berkuliah di jurusan ilmu perpustakaan (JIP) sudah tidak asing lagi dengan pelajaran yang saya jabarkan diatas


Selain mengelola perpustakaan, kita diajarkan mengelola arsip, seperti: mencakup alur hidup arsip seperti penciptaan, pemakaian, pemusnahan arsip yang sudah tidak terpakai, perawatan arsip bersejarah (dari mulai pengaturan suhu, pemeliharaan yang diberikan sampai memperbaiki arsip yang terkena bencana alam). Semua itu ada tata caranya.


Bagi sahabat Hipwee selama ini mempunyai arsip di kantor pasti dibuang ke tong sampah, jangan main buang saja ya bahaya!! Bisa -bisa rahasia perusahaan terbongkar, lebih baik kalian hancurkan dengan mesin penghancur kertas.


4. Universitas yang Ada Jurusan Ilmu Perpustakaan

Bagi sahabat Hipwee yang ingin mencoba jurusan ilmu perpustakaan, Di Indonesia, terdapat beberapa Perguruan Tinggi yang menyediakan Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, yaitu:


  1. Universitas Indonesia (UI), akreditasi A

  2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, akreditasi A

  3. Universitas Padjadjaran (Unpad), akreditasi A

  4. Universitas Sumatera Utara (USU), akreditasi A

  5. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Akreditasi A

  6. Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), akreditasi B

  7. Universitas Yarsi

5. Prospek Kerja

Prospek kerja bagi lulusan ilmu perpustakaan selain menjadi tenaga profesional pengelola perpustakaan atau yang biasa disebut Pustakawan, bisa juga menjadi arsiparis karena adanya mata kuliah tentang kearsipan, juragan percetakan karena sudah mempelajari tentang terbitan buku, bisa bekerja sebagai programer, web designer ataupun pengelola database. menjadi PNS, di semua kementrian, lembaga, BUMN, dan BUMD, hampir pasti terdapat penerimaan bagi pustakawan atau arsiparis dan posisi sesuai keahlian lulusan Ilmu Perpustakaan.

Dokumen menjadi urat nadi kehidupan sebuah instansi. Di dalam dokumen terdapat disposisi, surat perintah, surat keputusan, dan beragam hal berkait laju perusahan semuanya terekam pada dokumen.

Dari situ, tentu setiap insntasi atau perusahaan membutuhkan para profesional di bidang manajemen arsip, pendokumentasian, dan teknologi pengelolaan dokumentasi.

Jelas kebutuhan akan hal tersebut meninggi seiring semakin berkembangnya teknologi dokumentasi dan kearsipan.

Dari ilustrasi di atas, kalian pasti mengerti mengapa lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaan begitu dibutuhkan di tiap instansi pemerintah dan swasta!


bagi yang masih beranggapan lulusan ilmu perpustakaan hanya didesain untuk menjadi seorang penjaga perpustakaan dan buku-buku yang di dalamnya dengan raut wajah yang menakutkan, sekarang sudah saatnya Anda membuang jauh-jauh pikiran itu.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya