Tempat-tempat ini yang wajib anda kunjungi bila pergi ke UK!

Siapa yang tidak tahu UK atau London? Yuk kenal lebih jauh!

Negara UK ( United Kingdom ) atau yang dikenal dengan Inggris atau secara umum dikenal sebagai Britania Raya adalah negara yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa. Tidak dapat dipungkiri lagi kalau Inggris merupakan salah satu negara yang terkenal dengan wisatanya. Banyak wisatawan yang merasa terhibur dengan wisata-wisata yang ada di Inggris, terutama di London. Selain memiliki tempat wisata yang menarik, Inggris juga memiliki daya tarik pada nilai sejarahnya.

1. Sungai Thames

Sungai Thames adalah sebuah sungai yang mengalir di selatan Inggris dan menghubungkan kota London dengan laut. Sungai sepanjang 356 kilometer dengan luas perairan mencapai 12,935 km² ini bermuara di laut utara.

Sungai Thames merupakan tempat wisata yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Dengan mengunjungi tempat wisata yang satu ini Anda dapat melakukan sebuah pelayaran untuk melihat pemandangan dan kemegahan kota London dengan menggunakan kapal pesiar.

Advertisement

Yang mana, semua kapal memiliki dek atas terbuka dan saloons rendah yang luas dengan panorama jendela. Kocek yang perlu Anda keluarkan untuk bisa menikmati pelayaran ini ialah sebesar 13,5 euro (sekitar 183 ribu rupiah) dan tempat wisata inipun tidak pernah sepi dengan pengunjung.

2. Westminster Palace

Westminster Palace

Westminster Palace via https://www.isolatedtraveller.com

Westminster Palace juga merupakan tempat wisata yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Westminster Palace merupakan kompleks istana Kerajaan Inggris yang berada di tepi Sungai Thames, di City of Westminster, Central London. Di kompleks inilah Big Ben berada, di mana kompleks istana ini juga dikenal dengan sebutan Houses of Parliament. Hal ini dikarenakan Dewan Parlemen Kerajaan Inggris yang biasanya mengadakan pertemuan di tempat tersebut.

Kompleks istana ini sebenarnya terdiri dari dua bagian, yaitu Old Palace yang dibangun pada abad pertengahan namun pada tahun 1843 mengalami insiden kebakaran dan New Palace yang ada saat ini. Selain itu, kompleks megah ini juga memiliki tiga tower, yaitu Victoria Tower terletak di sebelah selatan, Elizabeth Tower (Big Ben) terletak di sebelah utara, dan Central Tower terletak di bagian tengah. Ditambah lagi beberapa taman yang berada di sekeliling istana, meskipun sebenarnya yang paling menyedot wisatawan adalah Victoria Tower Gardens.

3. Big Ben

Advertisement

Big Ben merupakan tempat wisata ke-3 yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Hampir semua orang di dunia tahu bahwa Big Ben merupakan jam raksasa sekaligus ikon terkenal Negara Inggris yang terletak di ibukota London. Big Ben yang juga dikenal dengan sebutan Great Bell ini berada di sebelah utara Westminster Palace.

Jam raksasa ini berada di atas Elizabeth Tower yang berarsitektur Gothic Revival dengan tinggi 96 meter. Menara ini dibangun pada tahun 1834, di mana bagian jamnya sendiri memiliki diameter sebesar 7 meter dan bel seberat 16 ton. Selain karena merupakan sebuah maskot serta simbol kota London dan Inggris, Big Ben banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena nilai sejarah yang juga menarik.

4. Natural History Museum

Natural History Museum

Natural History Museum via https://medium.com

Natural History Museum merupakan tempat wisata selanjutnya yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Museum ini terkenal dengan koleksinya yang sangat besar dan beragam. Terdapat sekitar 70 juta specimen yang ditampilkan, yang mana koleksi-koleksi tersebut berasal dari barang-barang yang dibawa oleh Charles Darwin dan ahli botani Kapten Cook, Joseph Bank. Selain itu, ada juga berbagai aktraksi khusus yang disiapkan untuk anak-anak, seperti koleksi dinosaurus.

Museum ini memiliki arsitektur bangunan ala Eropa yang terkenal elegan, di mana di dalamnya terdapat berbagai koleksi bersejarah, seperti kerangka hewan paus biru hinggu fosil dinosaurus. Museum ini sendiri terletak di Cromwell Road London SW7 5BD. Selain itu, museum ini juga gratis dan menyediakan WiFi yang bisa Anda nikmati selama jam buka mulai pukul 10.00-17.50 waktu setempat setiap harinya.

5. Buckingham Palace

Buckingham Palance

Buckingham Palance via https://www.royal.uk

Buckingham Palace merupakan tempat wisata favorit juga yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat wisata yang satu ini merupakan kediaman ratu yang sangat terkenal di Inggris. Yang mana, Anda dapat menyaksikan pergantian penjaga istana dengan seragam merah dan topi tingginya yang terbuat dari bulu beruang pada pukul 11.00 setiap hari atau pukul 10.00 pada hari minggu dan hari-hari musim dingin.

Pergantian penjaga ini dilakukan seperti sebuah upacara yang turut pula diiringi oleh musik kerajaan. Selalu saja banyak para pengunjung yang datang memadati depan gerbang istana untuk menyaksikan acara pergantian penjaga ini.

6. Madame Tassauds London

Madame Tussauds London

Madame Tussauds London via http://www.northeastfamilyfun.co.uk

Madame Tussauds London merupakan tempat wisata ke-6 yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat wisata yang satu ini merupakan museum yang memamerkan patung lilin berupa tokoh-tokoh terkenal dari seluruh dunia dan dibuat sangat mirip hingga hamper sama dengan aslinya.

Adapun patung-patung lilin yang merupakan tokoh-tokoh terkenal, meliputi pimpinan dunia, ilmuwan, penulis, seniman, atlet, para aktor dan aktris legendaris, serta tidak ketinggalan pula keluarga kerajaan yang memang menjadi symbol Negara Inggris selaku Negara Kerajaan di dunia. Jadi, apabila Anda ingin mengenal atau mengetahui tokoh-tokoh terkenal dunia, cobalah untuk berkunjung ke Madame Tussauds London ini.

7. London Eye

London Eye merupakan sebuah kincir angina raksasa terbesar kedua yang pernah dibangun di dunia. Kincir raksasa ini terletak di seberang Houses of Parliament, South Bank. Meskipun antrian untuk bisa menaiki wahana ini cukup panjang setiap harinya, namun Anda dijamin tidak akan menyesal apabila ingin mencoba menaikinya apabila datang ke London, Inggris.

Apabila menaiki wahana ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan kota London serta Sungai Thames-nya yang juga sangat terkenal di London, Inggris. Wahana ini dibuka sejak tahun 2000 dan dikenal juga dengan sebutan Millennium Wheel atau Ferris Wheel. Wahana ini memiliki tinggi struktur 135 meter dan dilengkapi dengan 32 kapsul yang siap untuk mengangkut para wisatawan.

8. View From The Shard

The View From The Shard

The View From The Shard via https://www.visitlondon.com

The View from The Shard adalah tempat wisata yang menjadi daya tarik pengunjung premium di puncak gedung tertinggi di Eropa Barat, dan tengara London.Dirancang oleh Master Architect Renzo Piano, Shard mengubah langit London dan telah menjadi simbol dinamis London.

Pada ketinggian hingga 800ft atau 244m, The View from The Shard menawarkan pemandangan spektakuler ke London, yang memungkinkan pengunjung untuk melihat sejauh 40 mil jauhnya. Pengalaman view dari The Shard dua kali lebih bagus dengan Day & Night Experience yang baru. Lihatlah pemandangan menakjubkan siang hari, dan kembali di malam hari untuk melihat London diterangi di malam hari. Harga untuk melihat pemandangan yang menarik ini hanya €25.95 atau sekitar 400ribuan lho!

9. London Dungeon

London Dungeon

London Dungeon via https://www.visitlondon.com

London Dungeon adalah daya tarik unik yang mendebarkan yang akan membawa Anda kembali ke masa lalu yang paling mengerikan. Lihat, dengar, cium dan rasakan cerita-cerita tergelap di London saat mereka hidup kembali di depan matamu.

Seiring waktu Anda kembali, Anda akan berhadapan langsung dengan karakter lucu yang menakutkan, dari penyiksa dan hakim hingga legenda setempat. Sewaktu Anda mendengarkan cerita mereka, Anda akan merasakan diri Anda tertarik ke dunia lain, di mana batas antara realitas dan masa lalu kabur.

Diperingatkan: saat Anda berjalan melewati Dungeon London, kejutan mengintai di kegelapan dan akan membuat indera Anda waspada saat Anda mengantisipasi apa yang menunggu di tikungan berikutnya …

10. Nothing Hill Festival

Nothing Hill

Nothing Hill via https://his-travel.co.id

Salah satu kebudayaan yang ada di London adalah seringnya diadakan berbagai macam festival. Di London sendiri memang sering diadakan festival yang bisa kita kunjungi. Banyak sekali macam festival yang bisa kita hadari seperti misalnya Notting Hill Festival yang merupakan pagelaran budaya yang rutin diadakan setiap tahun pada bulan Agustus, selain itu ada juga berbagai macam festival bir yang unik, dan berbagai macam festival Winter yang bisa kita datangi ketika musim dingin.

Festival-festival itu kebanyakan terbuka untuk umum dan sebaiknya kita datang pada waktu yang tepat. Festival winter biasanya dimulai pada bulan november hinggan januari, dan festival kebudaayaan London bisa kita temui dengan mudah pada bulan Agustus di pusat Kota London.

11. Royal Opera House & Colisium Theater

Royal Opera House

Royal Opera House via https://his-travel.co.id

Kebudayaan di London yang mungkin hanya ada di London dan tak bisa ditemui di negara lain adalah pertunjukan seni klasik musical dan operanya. Di London sendiri banyak sekali kita temui pertunjukan seni seperti musical dan juga Opera. Oleh karena itu jika kita ke London jangan sampai melewatkan pertunjukan ini, karena ada beberapa pertunjukan musical dan Opera yang memang gratis dan terbuka untuuk umum dan juga untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di London sendiri ada dua rumah Opera terkenal yaitu Royal Opera House dan juga Colisium Theater. Disana kita juga bisa menikmati beberapa pertunjukan seni klasik musical dan opera, selain itu kita juga bisa menikmati royal ballet yang ditampilkandi gedung pertunjukan yang pastinya akan membuat kita takjub

12. Budaya Afternoon Tea!

Afternoon Tea

Afternoon Tea via https://his-travel.co.id

Kebiasaan orang Inggris yang masih dilakukan di London sampai sekarang ini adalah tradisi Afternoon Tea. Kebudayaan Inggris yang juga berlaku di London ini sebenarnya sudah berlaku sejak lama ya, keluarga kerajaan Inggris biasanya melakukan ini, Tradisi Afternoon Tea ini adalah acara minum teh bersama yang dilakukan setelah makan siang dan menjelang sore hari.

Kita tidak hanya bisa minum teh saja, namun kita juga akan makan camilan kecil seperti misalnya kue-kue kecil yang rasanya tidak terlalu manis dan tajam. Biasanya jika kita singgah di cafe yang ada di London kita bisa memesan set afternoon tea jika penasaran bagaiaman tradisi itu.

Dan masih tradisional karena makanan kecil yang disajikan bersama teh dalam afternoon tea itu disajikan dalam bentuk rak susun bertumpuk yang di dalamnya ada berbagai jenis makanan seperti kue kecil, sandwich, dan masih banyak lagi. Selain itu yang wajib harus ada juga scone. Secara tradisional scone di London disajikan dengan selai atau krim kental yang teksturnya agak menggumpal. Kalau ke London wajib nih mencoba afternoon tea ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya