Siapkan dirimu mulai dari sekarang, tempat-tempat ini akan berkesan seumur hidupmu!

Salah satu tujuan wisata yang paling banyak diminati oleh para traveller adalah wisata alam. Mengunjungi tempat-tempat yang memiliki pemandangan yang indah, suasana yang sejuk dan damai, hingga kehidupan satwa yang natural menjadi kenikmatan sendiri untuk memanjakan mata dan menyegarkan pikiran.

Benua Eropa adalah salah satu benua yang kaya akan wisata alamnya. Mulai dari wisata daerah pantai, sungai, danau, lembah hingga pegunungan semuanya ada di sini. Bahkan keindahan alam yang tersaji semakin terlihat indah ketika alam dipadukan dengan hasil budaya masyarakat setempat seperti bangunan-bangunan kuno. Maka ketika kamu memutuskan untuk berwisata alam ke Eropa, tak salah jika pilihanmu jatuh pada Inggris Raya.

Inggris Raya adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa. Memiliki sejarah yang panjang dan menarik, Inggris Raya adalah salah satu surga bagi para pelancong terutama penikmat bangunan dan arsitektur klasik. Namun, di samping wisata bangunan lama ternyata Inggris Raya juga menyimpan kekayaan alam berupa tempat wisata alam yang sangat indah dan unik.

Penasaran ada apa aja sih, wisata alam di Dataran Inggris? Yuk, simak baik-baik, ya.

1. Lake District

Lake District

Lake District via https://www.rabbies.com

Mengapa disebut Lake District? Ya, karena danau di sekitar sini tidak hanya satu, tapi 19 danau. Terletak di daerah Cumbria, barat daya Inggris, tempat ini memiliki kombinasi pemandangan yang mengesankan. Deretan pegunungan, hutan dan danau-danau besar menjadi gabungan yang unik dan memanjakan mata. Selain itu, udara sejuk dan segar khas pegunungan akan menemanimu selama berada di sana.

Salah satu danau yang terkenal dan terbesar adalah Windermere Lake. Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa mengelilingi danau yang panjang ini dengan menaiki kapal yang tersedia di sana. Dalam perjalanan mengelilingi danau, kapal akan berhenti di dua stasiun yaitu Ambleside dan Bowness-on-Windermere. Di Bowness-on-Windermere pengunjung juga akan disuguhi pemandangan menarik yaitu sekumpulan burung camar, bebek dan angsa yang meminta makanan dari penumpang kapal.

2. Waseley Hill Country Park

Waseley Hill Country Park

Waseley Hill Country Park via https://www.tripadvisor.co.uk

Advertisement

Menikmati kegiatan di alam bebas sembari menghirup segarnya udara di antara pepohonan hijau, itu semua bisa kamu dapatkan di sini. Ya, Waseley Hill Country Park merupakan hutan lindung yang berada di Worchestershire, sebelah tenggara kota Birmingham. Di kawasan ini terdapat pepohonan yang telah berumur ratusan tahun yang berada di daerah perbukitan.

Selain itu juga terdapat aliran sungai yang melewati kawasan ini yaitu sungai Rea, yang kemudian aliran ini bersatu dengan sungai Trent dan Severn. Di sini kamu juga bisa melihat migrasi ikan troat yang biasanya terjadi saat musim semi tiba. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan sarana untuk melakukan kegiatan seperti berkemah, piknik, tempat untuk meeting room, hingga kafe. Sebuah tempat yang asyik untuk berwisata bersama keluarga, bukan?

3. The Dark Hedges

The Dark Hedges

The Dark Hedges via https://www.independent.ie

Buat kamu yang suka membayangkan suasana jalan setapak yang dikelilingi pohon-pohon tua di sisi-sisinya, mungkin tempat ini adalah versi nyata dari khayalanmu. The Dark Hedges adalah sebuah bagian jalan unik yang terletak di Bregagh Road, kawasan Armoy, Irlandia. Jika kamu berada di ujung jalan, maka kamu akan melihat sebuah jalan berbentuk lorong panjang berdinding pohon-pohon Beech, dimana jika ada cahaya matahari maka akan membentuk ruas-ruas cahaya dari sela-sela ranting dan bayangan pepohonan yang indah.

Advertisement

Saat musim gugur tiba, maka daun-daun pohon Beech akan berguguran sehingga yang tersisa adalah ranting-ranting pohon yang kering. Fenomena ini membuat suasana di sekitar jalan semakin misterius seperti di dunia lain. Namun ketika musim salju tiba, suasana akan berubah menjadi sangat indah dengan deretan pepohonan yang tertutup salju putih. Jika kamu memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, maka ini bakal menjadi pengalaman yang tak terlupakan dalam hidupmu.

4. Cheddar Gorge

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata Cheddar Gorge? Jika kamu membayangkan keju, maka kamu justru telah menemukan tempat asal mula nama keju cheddar. Ya, dari daerah inilah nama keju itu berasal. Cheddar Gorge adalah sebuah daerah pegunungan kapur di Mendip Hills, dekat desa Cheddar di Somerset, Inggris.Di daerah ini banyak ditemukan tebing yang tingginya bisa mencapai lebih dari 100 meter. Di sekitar lembah juga terdapat beberapa pedesaan dan gua. Gua yang terbentuk diakibatkan oleh kikisan air sungai yang mengalir melewati bebatuan di daerah perbukitan.

Salah satu gua yang terkenal adalah Gough’s Cave. Gua ini memiliki panjang lebih dari 2 kilometer dan kedalaman sekitar 90 meter. Ada hal yang menarik di dalam gua ini yaitu kita akan menemukan puluhan cheese block yang memang sengaja disimpan di dalam gua. Tujuannya adalah untuk menunggu waktu matang masa fermentasi keju sehingga akan didapatkan rasa keju yang enak dan bisa dijual dengan harga yang lebih mahal. Tentunya kamu akan mendapatkan sensasi luar biasa ketika bisa mencicipi keju cheddar asli langsung dari tempat asalnya. Jadi, tunggu kapan lagi?

5. Fingal Cave

Salah satu keajaiban alam yang terdapat di wilayah Skotlandia ini memiliki arsitektur yang sangat unik. Berada di sebuah pulau tak berpenghuni, gua ini memiliki dinding yang berbentuk pilar-pilar segi enam yang terbuat dari batu basalt. Bentuk dinding yang unik ini terbentuk karena proses alami dari aliran lava yang telah membeku dan mengalami perubahan karena suhu. Desiran ombak yang masuk ke dalam gua dan bentuk gua yang menjorok jauh ke dalam, akan menarik rasa penasaranmu untuk terus menyusuri keunikan wilayah ini.

6. Pistyll Rhaeadr

Namanya mungkin terdengar aneh dan sulit diucapkan, tapi ketika kamu tahu bagaimana pemandangan yang ada di sana dijamin kamu nggak akan peduli lagi dengan pengucapannya. Pistyll Rhaeadr adalah salah satu obyek wisata alam air terjun yang terindah di Inggris Raya. Berlokasi di Wales, air terjun setinggi kurang lebih 80 meter ini akan memanjakanmu dengan eloknya aliran air yang melewati lembah bertingkat. Terdapat 4 kolam dan 4 tingkat, serta sebuah jembatan alami yang sering disebut dengan nama fairy bridge. Jika kamu mendambakan suasana alam dengan kombinasi pemandangan yang menyejukkan mata, inilah tempatnya!

Itulah beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk memanjakan mata dengan keindahan alam di Inggris Raya. Jadi, segera siapkan dirimu untuk berpetualang di sana, #AyoKeUK !

#WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya