5 Inspirasi Dekor Ulang Kamar Kosan. Tak Perlu Lagi Bimbang Cari Referensi!

dekor ulang kamar kosan

Siapa yang selama work from home (WFH) atau kuliah dari rumah terjebak di dalam kos? Sebenarnya, kamu bisa aja pulang ke rumah, tapi parno juga, ya, dengan situasi yang seperti sekarang. Setidaknya di kos, kamu bisa isolasi mandiri dan nggak beresiko terkena COVID-19 atau menularkannya ke orang lain. Seharian di kos dan nggak keluar sama sekali memang membosankan banget. Selain kerja atau kuliah online, nonton Netflix, TikTok-an, atau olahraga ringan, kegiatan apalagi, ya, yang bisa dilakukan supaya nggak bosan?

Kamu bisa mendekorasi ulang kamar kos seperti yang lagi ngetren di TikTok. Mungkin dari dulu, kamu ingin sekali mengubah desain interior kos, tapi belum sempat. Nah, sekaranglah waktunya! Yuk, lihat lima inspirasi kamar kos dari Dekoruma yang estetik ini! Selain punya desain interior yang apik, inspirasi-inspirasi ini juga memikirkan fungsionalitas, kenyamanan penghuni kos, dan elemen-elemen dekorasi lain.

Advertisement

1. Barang berceceran di mana-mana? Kamar kos anti kapal pecah dengan rangka tempat tidur multifungsi

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Biasanya, beberapa kamar kos nggak punya furnitur yang memadai buat kamu menyimpan barang-barang. Jadinya, barang-barangmu harus ditaruh di lantai atau  di dalam lemari yang sesak. Kalau berceceran pasti bakal susah, kan, nemuinnya?

Salah satu solusinya adalah dengan memasang rangka tempat tidur yang punya ruang penyimpanan yang banyak. Cari rangka tempat tidur yang punya laci di bagian bawahnya untuk kamu menyimpan barang-barang pribadi. Beberapa desain juga punya rak di headboard-nya yang bisa difungsikan jadi rak sepatu minimalis, rak buku, atau tempat penyimpanan barang-barang yang lebih kecil.

Advertisement

2. Pajang foto, lukisan, tanaman indoor, buku favorit, atau pernak-pernik lainnya di atas ambalan dinding

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Perabot yang satu ini gampang banget dicari dan dipasang. Kamu bisa dengan mudah membelinya melalui e-commerce pilihan dan ikuti tutorial cara memasang yang relatif mudah. Dengan ambalan dinding seperti ini, kamu bisa memajang segala barang-barang yang mau kamu tampilkan.

Misalnya, foto bareng keluarga, pasangan, teman, sertifikat penghargaan, buku-buku yang lagi kamu baca, pot tanaman, atau lilin aromaterapi yang biasanya dinyalakan setiap kamu mau tidur. Tapi sebelumnya, pastikan kosmu boleh memasang ambalan, ya. 

3. Sampai jumpa kamar kos monoton! Kos tampil menarik dan penuh warna dengan wallpaper pilihanmu

Advertisement
Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Dibanding mengecat ulang tembok, yang belum tentu diizinkan juga, kamu bisa mengakalinya dengan memasang wallpaper sesuai dengan warna atau motif yang kamu inginkan. Pilih jenis wallpaper yang mudah dipasang sendiri (biasanya sudah ada perekatnya).

Kalau tidak yakin, kamu mungkin bisa minta tolong teman atau penjaga kosmu supaya hasilnya maksimal dan tidak bergelembung. Saat sudah terpasang, kamarmu akan langsung tampil beda dan punya nuansa baru yang menyenangkan.

4. Kamar sempit bukan halangan. Tetap nyaman dan hemat ruang pakai bean bag untuk mini sitting area di kos

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kalau kamu tipe orang yang tidak suka bersantai di tempat tidur, bean bag bisa jadi pilihan yang masuk akal buat kamar kos yang ukurannya kecil. Jadi, kamu tetap bisa punya sitting area yang nyaman dengan bean bag yang empuk dan mudah disimpan. Tinggal tambahkan karpet dan bantal sofa, kamu bakal betah bersantai di kos.

5. Nuansa dekorasi alami nan hijau. Kamar kos terasa lebih segar dengan berbagai jenis tanaman hias dalam ruangan

Photo by Dekoruma

Photo by Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Bagi kamu yang udah jadi pecinta tanaman sejati atau yang dari dulu pengin mulai mengoleksi tanaman, situasi sekarang tepat banget untuk memulai hobi ini karena lebih banyak waktu luang. Bikin kamar kosmu jadi terasa lebih natural dengan memajang ragam koleksi tanaman hiasmu.

Kamu bisa taruh di atas meja belajar, nakas sebelah tempat tidur, di atas ambalan dinding, atau di lantai dengan pot yang lebih besar. Pastikan jenis tanaman yang kamu pilih cocok untuk tumbuh di dalam ruangan supaya nggak gampang layu atau mati. 

Itu dia beberapa inspirasi buat ide dekorasi ulang kamar kos. Mau seperti apapun desainnya, satu hal yang nggak boleh dilewatkan adalah meminta izin pemilik kos. Jangan sampai kamu malah bermasalah atau harus kehilangan uang deposit karena nggak minta izin sebelumnya. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE