Untuk kamu para pecinta novel pasti tahu betul kan seorang Asma Nadia? Ya, ia merupakan slah seorang penuis novel yang paling terbaik saat ini. semua karya karyanya selalu menjadi sesuatu untuk para penikmat novel. Nah untuk kalian yang suka membaca, biasanya akan memiliki impian yang tidak jauh dari lingkungan tersebut, yakni menjadi penulis. karena orang yang suka membaca biasanya akan mudah sekali menulis, namun ternyata saat mencoba menulis sesuatu, itu semua tidak semudah seperti apa yang dibayangkan. Novelis Asma Nadia sendiri sukses tidak instan, ia terlebih dahulu melewati berbagai halangan dan rintangan dalam perjalanan karirnya saat menulis novel, dan untuk menjadi penulis novel seperti sekarang ini, tentu saja ia terus belajar, belajar dan belajar.

Di Artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips menjadi seorang penulis novel dimana tips ini berasal dari Asma Nadia dan beberapa referensi lain, sehingga diharapkan akan memudahkan kalian yang tertarik untuk menjadi penulis bida mendapatkan inspirasi mengenai gaya penulisan dan lain sebagainya. yang terpenting disini adalah seberaa konsisten kalian dalam mewujudkan bakat dan kemampuan atau skill kalian dalam menulis, karena segala sesuatu tentu membutuhkan sebuah proses yang tidak sebentar.

1. Niat Menulis, Penting Sekali Sebagai Mindset utama Penulis

tips menulsi novel, niat! via http://www.fiksipagi.com

Menulis merupakan menuangkan ide dan pikiran dalam bentuk kata-kata atau tulisan, sehingga butuh yang namanya feel atau rasa, dan niat menulis merupakan sesuatu yang wajib bagi semua penulis agar bisa menuangkan semua ide ide dan pikirannya secara sempurna menjadi sebuah tulisan, karena meskipun hanya menulis, justru ini merupakan sesuatu yang lebih sulit dari pada bicara, maka dari itu niat itu penting dan utama sebelum kalian mulai menulis.

2. Berlatihlah Menulis Setiap Hari, Karena Menulis Bukan Sesuatu yang Bisa di Pelajari Secara Singkat

rajin menulis via http://hipwee.com

Jika kalian perhatikan, satu buku dengan buku yang lain baik itu novel dan jenis buku lainnya pasti memiliki suatu perbedaan yang mencolok. Ya, gaya bahasa yang digunakan dalam tulisan tersebut, setiap penulis bisa dipastikan memiliki ciri khas tersendiri dalam menuangkan tulisannya ke dalam buku. Gaya penulisan seperti itu tidak bisa di dapatkan hanya sekali samopai dua kali menulis saja, melainkan harus dilatih sesering mungkin, belajarlah menulis setiap hari, maka kamu akan mendapatkan suatu ilmu yang baru dan ide tulisanmu bakal lebih bagus lagi.

3. Sering Seringlah Kirim Tulisanmu Ke Penerbit

Advertisement

kirimlah tulisanmu via http://google.com

Ini yang paling sering menjadi hambatan bagi mereka yang ingin menjadi penulis, menjadi seorang penulis yang hebat tentu ada karya yang diciptakan bukan? Nah jika karyamu yang sudah susah payah kamu buat tapi tidak diterbitkan dan tidak dibaca orang lain? Lalu buat apa kamu menulis? Cobalah untuk seringkali mengirim tulisanmu ke penerbit penerbit, sudah pasti kamu akan sering mengalami penolakkan dalam hal ini, namun dengan sering mencoba, yaknilah kamu akan sukses dengan karya tulisanmu sendiri suatu saat nanti. Karena sehebat apapun penulis, dulu mereka pasti sering mengalami penolakan dari banyak orang.

4. Tidak Punya Inspirasi? Yuk Traveling dan Temukan Ide Inspirasimu!

inspirasi menulis via http://blog.reservasi.com

Masalah terbesar dari seorang penulis adalah bukan lelahnya menulis, tapi jenuh dan kehilangan ide inspirasinya, tidak heran memang karena secara haqiqi, menulis sendiri merupakan suatu aktivitas dimana kamu harus menuangkan segala ide pikiranmu menjadi tulisan, tentu jika kamu sedang jenuh inspirasi dan ide tersebut tidak akan mengalir ke kepalamu, untuk mengatasi masalah seperti ini, cobalah traveling dan amati hal sekitar, dijamin ampuh untuk mengembalikan dan membuat inspirasi menulismu makin terbuka.

5. Jadikan Menulis Menjadi Sebuah Hobi, Jangan Merasa Terpaksa Menulis

jadikan menulis menjadi hobi via http://google.com

Tips terakhir untuk kalian yang ingin menjadi penulis adalah jadikanlah menulis itu menjadi hobi, hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya yaitu tidak punya inspirasi karena jenuh atau rasa bosan, jika kamu telah menjadikan menulis adalah hobi bahkan bagian dari kehidupanmu, yakin dan percayalah kalau kamu tidak akan kehilangan passion apalagi ide menulis. Bagaimana cara membuat menulis menjadi sebuah hobi? Hanya ada 1 cara, seringlah menulis! Karena segala sesuatu yang kita cintai tentu berawal dari seberapa seringnya kita melakukan hal tersebut, begitu juga dengan menulis.

Itu saja tips menjadi penulis yang saya kutip dari berbagai laman termasuk Asma Nadia dan berbagai sumber lain, semoga dengan adanya tips diatas bisa membantu kalian untuk bisa lebih bersemangat lagi untuk menjadi penulis. Khususnya kamu yang suka membaca.