Buat kamu yang hobi ngopi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan profesi satu ini. Ya, barista kopi adalah orang yang bekerja membuat dan menyajikan minuman kopi untuk para pelanggan di kedai kopi atau coffee shop.

Bukan hanya racikan kopinya saja yang banyak diminati, saat ini pekerjaan sebagai barista pun cukup digemari. Alasannya pun beragam, mulai dari menyalurkan hobi hingga ingin membuka kedai kopi sendiri.

Nah, apakah kamu tertarik untuk menekuninya juga? Jika iya, alangkah baiknya kamu melakukan hal-hal di bawah ini terlebih dahulu. Apa saja itu?

1. Minat saja tidak cukup, kamu harus memiliki passion yang besar di bidang perkopian

Mungkin banyak di antara kamu yang berminat menjadi barista kopi. Sebelum menggelutinya, cobalah bertanya pada diri sendiri apakah kamu benar-benar memiliki passion di bidang ini?

Advertisement

Hal tersebut penting diketahui karena nantinya kamu akan melakukan pekerjaan tersebut setiap hari. Terlebih jika kamu ingin menjadi seorang barista kopi yang handal. Dibutuhkan seni dan penghayatan yang tinggi agar bisa menghasilkan racikan kopi yang nikmat.

2. Meski kelihatannya hanya membuat kopi, alangkah baiknya kamu mengambil kursus barista

Jika passion sudah ada, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu mengikuti kursus barista kopi. Sekarang banyak sekali kelas-kelas yang bisa kamu ikuti, terlebih bagi yang tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Kamu pun nggak harus mendatangi kursusan itu secara langsung, lihatlah profil dan review-nya di internet terlebih dahulu. Setelah cocok, barulah mendaftar dengan menyesuaikan jadwal yang kamu miliki. 

3. Jangan hanya mengandalkan kelas, kamu harus mengimbanginya dengan banyak latihan

Advertisement

Mengikuti kursus nggak menjadi jaminan kamu bisa menjadi barista yang handal jika tidak didukung dengan banyak latihan.

Selain mempraktikkan materi yang didapatkan di kelas, sebaiknya kamu juga belajar menguasai teknik-teknik membuat kopi lainnya.

Banyak sekali tutorial-tutorial barista kopi di laman YouTube yang bisa kamu ikuti. Resep-resep minuman kopi pun bisa kamu temukan dengan mudah di internet. Bisa juga mengajak temanmu untuk berlatih bersama, lho!

4. Asahlah kemampuan yang kamu miliki dengan mengikuti berbagai kompetisi meracik kopi

Ketika sudah mampu menguasai teknik-teknik tertentu dalam meracik kopi, cobalah untuk mengikuti berbagai kompetisi antar barista, baik itu tingkat nasional maupun internasional. Kemungkinan ajang tersebut akan membuat kemampuanmu semakin meningkat karena mau nggak mau kamu harus berlatih sebelum bertanding.

Nggak perlu terlalu memikirkan akan menang atau kalah. Terpenting kamu harus mempersiapkan kompetisi tersebut secara maksimal. Dengan begitu, semangatmu untuk menjadi barista handal pun akan terus terpacu.

5. Nggak hanya membuat kopi, belajarlah melayani pelanggan dengan baik

Jenis Jenis Kopi

Jenis Jenis Kopi via https://www.google.com

Di sebuah coffee shop, biasanya tugas barista nggak hanya meracik kopi, tetapi juga berinteraksi dengan pelanggan. Ada bermacam-macam tipe konsumen, mulai dari yang baik hati, perfeksionis, hingga yang selalu menguji kesabaran pun mungkin akan kamu jumpai.

Oleh karenanya, belajarlah bagaimana cara berinteraksi dengan customer agar mereka nyaman, syukur-syukur bisa menjadi pelanggan tetap. Perdalam pula ilmumu tentang dunia perkopian agar bisa menjawab pertanyaan para konsumen yang memiliki rasa ingin tahu tinggi tentang kopi dan seluk-beluknya.

Nah, itulah hal-hal yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi seorang barista yang handal. Apakah kamu semakin tertarik untuk menggeluti profesi ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya