Berbicara didepan banyak orang merupakan suatu kelebihan yang harus dibanggakan. Karena tidak semua orang memiliki percaya diri untuk berbicara di depan umum. Oleh sebab itu, sekarang ini banyak pelatihan untuk meningkatkan kepercayaan diri atau biasa disebut dengan Public Speaking.

Berikut tips Public Speaking yang bisa kalian coba:

1. Memahami Audience

berbicara didepan auence

berbicara didepan auence via https://www.google.com

Salah satu langkah pertama sebelum kita berbicara di depan audience adalah memahami karakter dan sifat dari audience tersebut, karena dengan memahami karakter mereka, kita akan mudah untuk menyampaikan sebuah materi ataupun informasi. Dengan demikian audience akan merasa tertarik dan berusaha untuk menyimak dan memahami suatu yang kita sampaikan.

2. Yakinlah anda seorang yang pakar

Advertisement

Yang kedua adalah kita harus menimbulkan rasa percaya diri bahwa anda adalah seorang pakar pada materi tersebut. Dengan demikian sifat nervous atau malu akan hilang, dan memudahkan anda percaya diri untuk menyampaikan sebuah kata.

3. Sering berlatih

berbicara di depan kaca

berbicara di depan kaca via https://www.google.com

Tentunya mempunyai sebuah skill harus diiringi dengan latihan, karena public speaking tidak bisa langsung mempraktekkan didepan audience, karena public speaking butuh latihan dan pengalaman yang cukup untuk bisa sukses berbicara di depan audience.

4. Berinteraksi dengan audience Anda

persiapan sebaik mungkin

persiapan sebaik mungkin via https://www.google.com

Penting untuk mendapatkan feedback dari audience supaya komunikasi kita jadi lebih menguasai materi tersebut. Makanya, jangan lupa untuk berinteraksi. Dari feedback audience, kita bisa mengukur level humor yang bisa diterima audience.

5. Senyum, Sapa, Sanjung (S3) kepada Audience

Advertisement

Dari senyum, sapa, sanjung kita dapat menghilangkan keraguan dalam diri kita, karena hal tersebut akan menutupi rasa kegugupan atau tidak percaya diri dalam menyampaikan materi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya