Apakah anda seorang penikmat kopi? Apa anda merasa stres atau jengkel tanpa mengkonsumsi segelas kopi dalam sehari?

Kopi sangat erat hubungannya dengan penduduk Indonesia khususnya kaum laki-laki. Pecandu kopi akan merasa ada sesuatu yang kurang lengkap tanpa meminum kopi setidaknya sekali dalam sehari. Kopi memang dapat mengeratkan hubungan dalam pergaulan. Namun, kopi juga dapat membantu manusia untuk mengasi rasa kantuknya karena adanya kandungan kafein.

Kecanduan kopi tidak berbeda jauh dengan kecanduan rokok, bila tidak mengkonsumsinya akan terasa ada yang janggal dan kurang lengkap. Perlu anda ketahui dengan mengkonsumsi kopi secara berlebihan memiliki efek samping, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, gangguan pencernaan, kolestrol, diabetes, ginjal, sakit pinggang dan masih banyak lagi. Untuk itu pertimbangkan kembali untuk berhenti konsumsi kopi!

1. Mengantinya dengan teh hijau

Piliihan pertama yang bisa anda coba yakni dengan mengganti minuman kopi ke teh hijau. Melupakan untuk tidak minum kopi secara tiba-tiba merupakan hal yang sulit, akan tetapi anda tetap bisa menguranginya.

Advertisement

Bila anda mengkonsumsi empat gelas dalam sehari kopi, anda bisa menguranginya menjadi dua atau segelas dengan menggantinya ke teh hijauh. Keuntungan lain yang anda bisa dapatkan dengan minum teh hijau yaitu dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, mengatur tekanan gula darah, menangkal radikal dan manfaat lainnya.

2. Menghitung kafein yang anda minum

Sebenarnya cara ini juga penting sebagai pertimbangan berhenti meminum kopi. Berapa banyak kandungan kafein yang kamu konsumsi setiap harinya dapat berpengaruh, karena kafein sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

3. Mengonsumsi air mineral

Tubuh manusia membutuhkan cairan agar tidak dehidrasi setidaknya 2,2 liter atau setera dengan sembilan gelas untuk orang dewasa. Anda juga dapat menembahkan sedikir rasa ke air tersebut atau air hangat untuk menghilangkan keinginan minum kopi.

Advertisement

Selain itu, kamu juga dapat memerangi kecanduan kopi dengan berolahraga rutin untuk membantu aliran endorfin bebas. Keuntungannya adalah dapat mengatasi sakit kepala yang biasa terjadi karena kecanduan kafein.

4. Menganti dengan susu

Pagi hari merupakan hal yang sering dilakukan untuk minum kopi panas. Cobalah beralih untuk menggantinya dengan coklat panas, teh susu atau vanila panas. Perlu diingat, susu memiliki kandungan gula yang lumayan tinggi. Jadi, anda perlu waspada!

5. Tidur

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa anda lakukan, tidur lebih bermanfaat daripada mengonsumsi kopi. Akan tetapi ide ini bukanlah ide yang bagus bila anda sedang berada di kantor.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya