Alih-alih mengeluarkan biaya untuk 'sekadar' mengurus legalitas usaha, mereka beranggapan pengeluaran tersebut lebih baik digunakan untuk penambahan modal. Namun, apakah anggapan seperti ini memang benar?

Bagi sebagian orang, legalitas usaha dengan pendirian PT atau CV bukanlah hal penting. Mereka beranggapan, keuntungan serta omzet jauh lebih penting dibandingkan masalah legalitas. Apalagi, dalam proses pengajuan badan usaha, perlu mengeluarkan biaya.

1. Legalitas usaha, berdampak besar pada pengembangan bisnis, lho

workspace

workspace via https://unsplash.com

Kalau Anda hidup di masa lalu, pendapat seperti itu mungkin bisa jadi benar. Namun, kondisi di era modern seperti sekarang sudah jauh berbeda. Legalitas usaha, baik usaha kecil ataupun besar, berdampak besar pada pengembangan bisnis. Oleh karena itu, pemerintah selalu mendorong para pelaku UKM untuk segera memenuhi aspek legalitas usahanya.

Memangnya, apa saja manfaat yang bisa didapatkan ketika pendirian PT atau CV untuk memenuhi aspek legalitas sudah dilakukan?

2. Dengan legalitas, segala hal yang mengancam nantinya akan dilindungi oleh negara

Advertisement

Sejatinya, ada 5 manfaat yang bisa diperoleh ketika Anda memenuhi aspek legalitas usaha, yakni:

  • Perlindungan hukum

Ketika usaha Anda sudah memiliki badan hukum yang jelas, dengan cara pendirian PT atau CV, menjadi bukti kalau usaha tersebut merupakan usaha yang sah dan telah diakui negara. Oleh karena itu, Anda berhak memperoleh perlindungan negara, terutama dari aktivitas yang mengancam kelangsungan bisnis.

3. Selain itu, kamu juga bia mengembangkan bisnismu hingga ke skala internasional

develop business

develop business via https://indonesiago.digital

Advertisement

  • Potensi untuk mengembangkan usaha di tingkat internasional

Pendirian PT atau CV juga bermanfaat bagi pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya jadi lebih besar, terutama menjadi perusahan tingkat internasional. Bagi perusahaan yang terlibat dengan aktivitas ekspor impor, legalitas perusahaan merupakan persyaratan mutlak.

Ketika perusahaan berhasil menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, Anda juga tidak perlu khawatir dengan tingkat keuntungan serta omzet perusahaan. Kalau dijalankan dengan baik, perusahaan bisa memperoleh keuntungan ratusan kali lipat dibandingkan usaha yang tak punya badan hukum.

4. Manfaat yang bisa diperoleh dari legalitas bisnis masih banyak kok

business

business via https://google.id

  • Meningkatkan kredibilitas usaha di mata konsumen

Status badan hukum sebuah perusahaan juga berpengaruh besar pada tingkat kepercayaan dari pelanggan. Perusahaan dengan badan hukum CV akan terlihat lebih kredibel dibandingkan usaha di pinggir jalan. Demikian pula perusahaan berbadan hukum PT, akan terlihat lebih profesional dibandingkan CV.

  • Kemudahan dalam memperoleh tambahan modal

Status badan hukum tidak hanya membuat usaha Anda terlihat lebih kredibel di mata konsumen. Status ini juga memiliki keuntungan kalau Anda mengajukan pinjaman modal kepada bank.

Bahkan, secara khusus jumlah pinjaman yang diberikan juga bisa berbeda, disesuaikan dengan status badan hukum usaha yang Anda miliki. Selanjutnya, dengan modal tersebut, Anda berkesempatan untuk mengembangkan usaha jadi lebih besar.

5. Intinya, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan legalitas pada bisnismu

team work

team work via https://google.id

  • Sadar pajak

Terakhir, memenuhi aspek legalitas usaha merupakan salah satu wujud sikap yang dimiliki oleh warga negara yang baik. Dengan memenuhi persyaratan dalam pendirian PT atau CV, perusahaan Anda juga tercatat sebagai wajib pajak, dalam hal ini adalah wajib pajak badan.

Dengan begitu, usaha yang Anda jalankan memiliki peran aktif dalam memajukan negara. Apalagi, pajak yang diperoleh dari usaha Anda digunakan untuk hal-hal yang positif, seperti pembangunan jalan, fasilitas kesehatan gratis untuk warga miskin, ataupun fasilitas pendidikan berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Itulah 5 manfaat yang bisa Anda peroleh ketika memenuhi aspek legalitas dari sebuah usaha. Perlu diketahui, mengurus legalitas perusahaan tidak rumit. Asalkan usaha yang tengah Anda jalankan bukanlah bisnis ilegal yang melanggar hukum, semua tahapan pengajuan pendirian PT atau CV bisa dilalui dengan mudah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya