Woa! Gulai, rendang sapi, sop iga, sop kaki sapi, babat, opor ayam, sate, soto! Semua melambai-lambai buat disantap, momen lebaran tiba! Ye! Eh tapi jangan sampe terlena, guys dengan semua godaan itu, bolehlah di hari pertama kamu “pesta lemak dan daging-dagingan” tapi jangan sampe kiloan kamu, kesehatan kamu yang jadi jaminannya!

Berikut ada 5 makanan penyelamat saat Lebaran yang bisa buat kamu say no to eneg, mual, karena kebanyakan makan daging atau kolesterol dan lemak di sekitarmu!

1. Manisan Kolang-Kaling atau Buah Lain

Manis & Segar!

Manis & Segar! via https://hipwee.com

Walaupun Ramadan udah lewat, stok kolang-kaling pasti masih ada, nah khusus di momen Lebaran ini jangan lagi diolah jadi kolak ya, buat jadi lebih seger gitu rasanya! Manisan kolang-kaling bisa bikin kamu lumayan seger lho! Atau kalau kamu lebih suka buah lainnya, bisa kok seperti manisan stroberi, papaya, leci, dan lainnya.

2. Salad Buah

Paduan dahsyat buah dan krim susu

Paduan dahsyat buah dan krim susu via http://warungkita.net

Selain sayuran, buah-buahan punya segudang manfaat dan banyak serat! Yups, setok buah-buahan selama Lebaran daripada bosen diolah jadi jus atau dimakan langsung, kamu bisa olah jadi salad, makanan yang akhir-akhir ini jadi salah satu primadona di kalangan anak muda, cocok kamu buat saat lebaran, dengan variasi buah yang asem-seger seperti jeruk, stroberi, anggur, bisa dicoba!

3. Permen Jahe atau Permen Buah Asam

Kecil-kecil bikin melek!

Kecil-kecil bikin melek! via https://hipwee.com

Advertisement

Sedikit nostalgia, dulu permen buah asam atau jahe banyak banget dijual di warung SD sampai toko-toko besar, rasanya yang bikin merem melek bisa menghilangkan ngantuk dan sangat menyegarkan bisa jadi pilihan kamu untuk setok banyak-banyak menjelang Lebaran ini.

Biasanya, di permukaan luar permen ini udah pada nempel tuh gula pasir, buat mengimbangi rasa pedes jahe dan asemnya buah asam.

4. Es Lilin Buah

Nikmati buah dalam bentuk lain!

Nikmati buah dalam bentuk lain! via https://youtube.com

Selain jadi salad, buah-buahan bisa kamu olah jadi es lilin lho, dengan proses pembuatan yang simple, kamu akan terhindar dari “pusing” mencium aroma makanan berkoleterol selama Lebaran dengan kamu ngemil es lilin buah, selain segar plus menyehatkan, lho!

5. Seblak Kering

Hu-hah! Pedes gemes!

Hu-hah! Pedes gemes! via https://waktuku.com

Advertisement

Orang Bandung atau orang Sunda pasti udah enggak aneh sama cemilan satu ini, kalau kebanyakan youtuber atau food blogger mereview seblak dalam bentuk basah yang biasanya isinya ceker, tulang, kerupuk, dan sebagainya. Nah selama momen lebaran pasti bakal ribet kalau kamu buat seblak basah, makannya coba deh seblak kering, bahannya biasanya dari kerupuk digoreng setengah mateng, dari bakso, sosis atau sejenisnya yang digoreng sampe bener-bener kering dan dikasih rasa pedas, pake cabe rawit giling atau bubuk.

Tapi tetep atur porsi ya, kebanyakan makan pedes juga bahaya buat tubuh kamu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya