Jika kamu pernah menonton film “Lucy”, sebuah film yang bergenre science-fiction ini, menceritakan bagaimana kemampuan otak manusia akan menjadi luar biasa apabila didorong hingga melampaui 10% penggunaannya.

Otak manusia, sama halnya dengan organ vital tubuh kamu yang lain, memiliki kemampuan beradaptasi dengan aktivitas yang kamu lakukan dengan sehari-harinya. Misalnya, kamu senang beraktivitas dengan kegiatan olahraga atau yang membutuhkan kemampuan fisik lainnya. Lambat laun, meningkatnya stamina dan refleks tubuhmu akan mengikuti.

Sama halnya dengan otak, apabila terus menerus kamu melatih kemampuannya. Ini dapat membantu otak kamu bekerja menjadi lebih cepat dan mencegah kemunduran dari kinerja otakmu, guys.

Berikut adalah hobi-hobi yang bisa bikin kamu nggak mikir terlalu lama lagi, alias loading lama. Berbeda dengan di film Lucy yang dapat membuka kemampuan otaknya di atas 10% karena suatu obat tertentu. Di sini, kamu akan menemukan aktivitas yang disarankan oleh Andy Preisler, seorang penulis marketing dan blogger, untuk bikin otakmu makin tokcer, guys.

1. Membaca Bacaan yang Kamu Sukai

membaca-bacaan-yang-disukai

membaca-bacaan-yang-disukai via https://www.teachingenglish.org.uk

Membaca ternyata sudah terbukti dapat membantu kemampuan otak untuk memperpanjang daya ingat. Membaca tidak harus bacaan berat atau panjang ya, guys. Jika kamu menyukai komik, novel, koran, atau mungkin buku resep masak, ini bisa kamu jadikan alternatif sebagai bahan bacaan sehari-hari.

Advertisement

Membaca membantu pertumbuhan syaraf baru di otak karena seringnya kita mendapat informasi. Kelebihan lain dari hobi membaca ialah membantu makin cepat dalam mengatasi masalah, tata cara berpikir, dan memahami perasaan lawan bicara kita saat ngobrol.

2. Mulai Belajar Bermain Musik

bermain-musik-sangat-baik-untuk-otak

bermain-musik-sangat-baik-untuk-otak via https://ismw.org

Jika kamu tergolong seorang musisi atau hobi memainkan alat-alat musik tertentu, ini bisa menjadi salah keuntunganmu. Sudah banyak penelitian yang dilakukan mengenai kelebihan dari permainan musik khususnya bagi anak-anak. Terutama dalam meningkatkan fungsi berpikir seperti daya ingat, problem-solving, dan kemampuan mengenal bentuk.

Hobi dalam bermain musik, termasuk suara, dipercaya mampu membentuk jaringan neural di antara dua bagian besar otak, kanan dan kiri. Karena hal inilah para peneliti menyarankan pelatihan bermain instrument musik sejak dini akan membantu anak bekerja lebih baik dalam logika dan problem-solving. Selain untuk anak-anak memiliki hobi ini untuk orang dewasa juga berfungsi hal yang sama terhadap otak.

3. Berlatih Secara Rutin

improving-brain-skills

improving-brain-skills via https://www.rd.com

Advertisement

Melatih daya ingat, memperkaya kosakata verbal, dan kegiatan lain yang mengajak otak bekerja secara rutin juga terbukti secara ilmiah membantu performa otak, guys. Hal ini dikarenakan melatih otak bekerja akan memproduksi protein dalam syaraf yang berfungsi meningkatkan daya ingat dan fokus

4. Mengenal Bahasa Baru

belajar-bahasa-asing-baru-itu-keren

belajar-bahasa-asing-baru-itu-keren via https://www.rd.com

Secara umum otak memiliki sejumlah area, total ada empat, yang bekerja ketika berkomunikasi yakni menangkap suara, mengartikan suara, dan memberikan respon. Beberapa penelitian menunjukkan orang yang memiliki kemampuan bilingual (dua bahasa atau lebih) lebih mampu bekerja multitasking dibanding yang hanya mengenal satu bahasa saja, guys. Kemampuan lain yang ikut meningkat termasuk logika, perencanaan, dan daya ingat.

5. Belajar Secara Berkesinambungan

belajar-secara-bertahap-dan-berkesinambungan

belajar-secara-bertahap-dan-berkesinambungan via https://www.rd.com

Pernah ingat tidak waktu di sekolah kita mempelajari suatu materi secara sambung-menyambung alias berkesinambungan. Seperti pelajaran matematika kita belajar pejumlahan dan pengurangan, meningkat belajar perkalian, terus mulai menggunakan rumus dan aljabar. Inilah yang dimaksud dengan belajar secara bersinambung, guys. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas seperti ini banyak memiliki keuntungan di antaranya adalah mempertajam daya ingat, problem-solving, tata cara berpikir, dan kemampuan bahasa. Bahkan kegiatan ini sangat disarankan bagi kalian yang sudah bekerja atau berumah tangga, guys.

6. Melatih Otak dengan Permainan

bermain-games-tidak-melulu-mobile-games

bermain-games-tidak-melulu-mobile-games via https://club31women.com

Maksudnya bukan bermain mobile games saja ya, guys. Otak itu sama halnya dengan komputer yang berbentuk organ tubuh, semakin sering diberikan data atau informasi semakin sering bekerja dan berfungsi. Permainan seperti puzzle, teka-teki silang, atau catur banyak memberikan keuntungan dalam kemampuan berpikir dan menghadapi tantangan. Kalau kalian lebih suka bermain video games sangat disarankan untuk bermain tipe strategic games, guys.

7. Meditasi atau Yoga

coba-meditasi-atau-yoga-setiap-hari

coba-meditasi-atau-yoga-setiap-hari via https://www.diygenius.com

Aktivitas ini memang sudah menjadi rekomendasi dari para peneliti untuk membantu kerja otak. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan beberapa hasil yang menakjubkan dari meditasi dan yoga, guys. Pertama, sangat melatih konsentrasi, berpikir fokus, dan daya ingat. Faktanya, pelajar yang sering melakukan meditasi atau yoga mendapatkan nilai akademik yang tinggi dibandingkan yang tidak. Kedua, aktivitas ini juga berpengaruh memperbaiki sikap atau perilaku dan menekan kecemasan saat bekerja.

Tips di atas tadi cukup mudah dilakukan bukan? Kalau misal memiliki jadwal kegiatan yang padat, sempatkan sekitar 15-30 menit untuk melakukan aktivitas yang membuat otak bekerja secara baik. Karena dari hasil penelitian yang menunjukkan aktivitas diatas sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak, guys

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya