Tahu kan kalau artis Maudy Ayunda pernah kuliah di Oxford Inggris? Apa sih menariknya Oxford sehingga artis cantik itu memilih kota ini dan tidak memilih kota lain di Inggris? Beberapa waktu lalu saya mengunjungi Oxford Inggris dan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di benak saya.

Oxford merupakan kota pelajar paling terkenal di Inggris yang berjarak sekitar 200 kilometer dari pusat kota London. Kita bisa naik kereta atau bus untuk menjangkau kota ini. Saya naik kereta dari salah satu stasiun di London dengan membeli tiket di pounding machine. Perlu waktu sekitar 1 jam hingga sampai di kota tua Oxford yang cantik.

Saya memiliki waktu 12 jam untuk berkeliling sebelum kembali ke London sore harinya. Di stasiun Oxford tersedia paket tour yang akan mengantarkan kita keliling kota Oxford, tetapi saya lebih suka berkeliling sendiri. Apa saja yang bisa kita kunjungi dan lakukan di Oxford? Berikut rekomendasi buat kamu yang ingin berkunjung ke Oxford Inggris.

1. JALAN-JALAN KELILING KAMPUS UNIVERSITAS OXFORD

Universitas Oxford

Universitas Oxford via http://seribulangkah.com

Universitas Oxford merupakan perguruan tinggi berbahasa Inggris tertua di dunia. Menurut data, universitas ini sudah didirikan sejak abad ke 11, namun karena kelemahan dokumentasi sejarah, sehingga tidak diketahui kapan tepatnya universitas ini didirikan.

Keluar stasiun saya berjalan kaki mengelilingi areal kampus. Kota ini benar-benar cantik, tenang dan nyaman. Bangunan-bangunan tua bergaya Victoria menjulang di setiap sudut kota dan terawat dengan baik. Berjalan di areal kampus ini, saya seperti memasuki kehidupan berabad-abad yang lalu. Banyak turis baik sendiri maupun berkelompok bersama tour guide hilir mudik mengelilingi kota. Ada 38 college di Oxford dan college yang bisa dikunjungi seperti Exeter College yang didirikan pada tahun 1314 dan Hertford College yang didirikan pada tahun 1282.

Advertisement

Mengelilingi kota Oxford bersama mahasiswa yang jalan kaki maupun bersepeda sangat berkesan. Seolah-olah saya juga kuliah di kampus berbahasa Inggris tertua di dunia ini.

2. MENGUNJUNGI CHRIST CHURCH KATEDRAL

Dinning Hall

Dinning Hall via http://seribulangkah.com

Kesuksesan novel Harry Potter juga diikuti kesuksesan film-film-nya. Para penggemar film Harry Potter pasti tidak asing dengan The Great Hall, tempat Harry Potter dan sahabat-sahabatnya pertama kali menghadapi topi seleksi untuk masuk ke asrama Gryffindor, Slytherin, Ravenclaw atau Hufflepuff. Di hall ini pula, biasanya para siswa sekolah sihir Hogward berkumpul untuk makan malam, menerima paket dari keluarga masing-masing, tempat Dumbledor menyampaikan pengumuman-pengumuman penting dengan menyalakan lilin-lilin terbang di atas langit-langit ruangan. Satu tempat yang menjadi inspirasi The Great Hall adalah Dining Hall yang berada di Chrish Church katedral, Universitas Oxford.

Chrish Church adalah satu-satunya gereja yang tergabung di dalam lingkungan kampus Universitas Oxford. Setelah menjadi lokasi syuting pembuatan film Harry Potter, pengunjung gereja itu meningkat drastis. Tujuan utama mereka adalah The Dining Hall yang menjadi inspirasi The Great Hall yang ada di film Harry Potter.

Advertisement

Pengunjung dari berbagai manca negara ingin melihat secara langsung lokasi pengambilan gambar film Harry Potter. Ketika saya tiba di depan gereja, antrian sudah mengular panjang. Lima belas menit antre, tiba giliran saya membeli tiket dan melewati pemeriksaan security. Saya kemudian dipersilakan masuk ke areal gereja.

Areal Chrish Church sangat luas dan saya memilih untuk langsung ke Dining Hall. Pengunjung tampak terpesona melewati bagian-bagian bangunan kuno Victoria yang megah dan cantik. Setelah menaiki tangga, sampailah saya di depan The Dining Hall. Karena antrean banyak, petugas mengatur jumlah orang yang masuk ke dalam The Dining Hall. Dan tibalah giliran saya memasuki Dining Hall.

Arus pengunjung perlahan memasuki Dining Hall sambil terus memotret setiap sisi Dining Hall. Ruangan ini benar-benar mirip dengan The Great Hall di film Harry Potter. Tata letak meja panjang dan kursi, peralatan makan dan foto-foto yang terpasang di dinding. Bahkan pada bagian depan tempat para guru dan kelapa sekolah Hogward juga memiliki kesamaan. Sambil berjalan memutar, para pengunjung yang kebanyakan penggemar Harry Potter mengabadikan moment kunjungan mereka seolah mereka benar-benar berada dalam situasi malam malam di sekolah sihir Hogward.

Tak hanya The Dining Hall yang menjadi inspirasi film Harry Potter, beberapa tempat di areal Chrish Church juga menjadi lokasi syuting film Harry Potter. Setelah keluar dari The Dining Hall, saya menuju lapangan luas yang menjadi tempat latihan Quidditch Harry Potter dan teman-temannya. Di tempat ini juga pertama kalinya Harry Potter belajar naik sapu terbang dan terbang mengelilingi menara-menara kastil Hogward. Saya membayangkan terbang menggunakan sapu terbang melihat kota Oxford yang cantik dari ketinggian.

3. MENIKMATI MUSIK JALANAN YANG MENARIK

Musik Jalanan

Musik Jalanan via http://seribulangkah.com

Ketika saya sampai di pusat kota tua, tampak jajaran pertokoan, restoran dan kafe-kafe. Banyak orang berkerumun di pinggir jalan menikmati sajian musik yang dimainkan sekelompok anak muda. Permainan musiknya menarik dan terlihat profesional. Banyak orang berhenti dan menikmati sampai selesai sebelum kemudian memberikan uang di kotak wadah alat musik yang terbuka di depan grup musik itu. Banyak band mendunia yang didirikan di Oxford seperti Radiohead dan Thom Yorke.

4. MENIKMATI TEH DAN KUE DI KAFE

Jalan-jalan keliling kota tanpa ojek pasti bikin gempor buat kaki Indonesia. Makanya saya menyempatkan diri mampir ke salah satu kafe untuk minum teh dan kue sambil melihat lalu lalang orang. Ada satu kafe kecil yang menyajikan kue-kue ringan dan minuman hangat dengan harga murah. Kafe itu letaknya sedikit tersembunyi tapi orang lokal menunjukkannya pada kami. Ada banyak kafe cantik di setiap sisi kota Oxford, kamu bisa mencobanya sambil menikmati kecantikan kota tua Oxford.

5. MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN BODLEIAN

Jika kamu penggemar buku, maka tempat ini tak akan kamu lewatkan. Bodleian library merupakan perpustakaan tertua di Eropa dan terbesar kedua di Inggris. Perpustakaan ini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia karena beberapa ruangannya digunakan sebagai tempat pengambilan gambar film Harry Potter. Nah, tertarik berkunjung ke Inggris? Jangan lupa mampir di kota cantik Oxford, saya jamin kamu nggak akan kecewa.

#AyoKeUK #OMGB #WTGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya